Home Mac Ketahuilah 5 Kekurangan MacBook Air Ini Sebelum Beli

Ketahuilah 5 Kekurangan MacBook Air Ini Sebelum Beli

Ketahuilah 5 Kekurangan MacBook Air Ini Sebelum Beli

Mau beli MacBook baru? Kamu pasti terpincut karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Namun kamu pasti juga tahu bahwa tidak ada yang sempurna. Ya, MacBook Air tentu punya kekurangan dan kelemahan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli MacBook Air ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa kekurangan MacBook Air berikut ini untuk mencegah kamu menyesal setelah membelinya.

 

Layar Belum Retina Display

Kekurangan pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah layar MacBook Air. Dibandingkan dengan layar MacBook 12 Inch dan MacBook Pro, layar MacBook Air masih belum mendukung Retina Display.

Ketahuilah 5 Kekurangan MacBook Air Ini Sebelum Beli

Seperti yang kamu ketahui, kualitas layar Retina Display memang menjadi nilai jual tersendiri di lini MacBook dan MacBook Pro. Namun hingga tahun 2017 saja, MacBook Air masih belum hadir dengan Retina Display.

Namun sebenarnya tidak perlu khawatir, karena layar MacBook Air ini memiliki resolusi 1440 x 900 dengan bentang 13.3 Inch, masih lebih baik dibandingkan rata-rata laptop di pasaran yang kadang cuma 1366 x 768 dengan bentang 14 Inch.

 

Tidak Ada Force Trackpad

Kamu pengguna MacBook Pro pasti sudah merasakan seperti apa Force Touch Trackpad. Hal ini karena trackpad di MacBook Pro memiliki hardware khusus untuk bisa menjalankan fitur tersebut. MacBook 12 inch juga memiliki fitur Force Touch Trackpad.

Namun bagaimana dengan MacBook Air? Hingga sekarang ini Apple masih belum ada rencana untuk menambahkan Force Trackpad ke lini MacBook Air. Namun kamu bisa mengakalinya dengan membeli Magic Trackpad terpisah untuk bisa merasakan fitur ini.

 

Jumlah Port Sedikit

Jumlah port MacBook Air memang lebih banyak dari MacBook 12 inch yang hanya 1 port saja, namun untuk kamu yang berencana akan menyambungkan beragam konektor ke MacBook Air, bersiaplah membeli dongle atau adapter tambahan.

Ketahuilah 5 Kekurangan MacBook Air Ini Sebelum Beli

Macbook Air hanya menyediakan dua USB, satu Thunderbolt 2, Card Reader, jack 3.5mm, dan MagSafe untuk keperluan charging saja. Tidak ada HDMI, Ethernet, VGA, dan lain sebagainya.

 

Masih Pakai Intel HD Graphic

MacBook memang kurang cocok untuk bermain game. Selain sistem operasi Mac OS X atau macOS yang kurang mendapatkan perhatian developer game, spesifikasi grafis Mac dan MacBook biasanya kurang bagus.

Untuk laptop sekelas MacBook Air saja masih menggunakan intel HD Graphic. Kamu bisa mengira sendiri kualitas Intel HD untuk bermain game kan. Tentu saja banyak game kelas tinggi yang kurang bisa dinikmati secara maksimal.

Namun Intel HD yang dipakai masih bisa dikatakan bagus di kelasnya saat ini, jadi masalah menjalankan software pengolah grafis dan multimedia seperti Photoshop, Lightroom, Premiere, Final Cut Pro, dan lain sebagainya masih bisa diandalkan.

 

Spesifikasi Mulai Usang

Apple memang memberikan update MacBook Air 2017 dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Namun apakah kamu tahu apa saja yang berubah? Ternyata cuma clock prosesornya saja yang berubah, selebihnya adalah sama saja.

Itu artinya, jika kamu membeli MacBook Air 2017 bisa dikatakan kamu membeli MacBook Air dengan teknologi yang sama persis dengan di tahun 2015, hanya dengan tambahan clock prosesor saja. Teknologi Intel generasi ke-6 dan ke-7 masih belum hadir ke MacBook Air.

Tetapi tentu saja jika memang pekerjaan dan aktivitas kamu tidak terlalu bermasalah dengan beberapa kekurangan diatas, maka MacBook Air tetap menjadi pilihan tepat bagi kamu para blogger, pelajar, atau siapapun yang menginginkan MacBook murah, ringan, dan berdaya tahan baterai awet.

Nah bagaimana, tertarik membeli MacBook Air di 2017?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, follow juga MacPoin di Twitter 😀

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode