Home Editorial Apakah Kamu Perlu Menggunakan Assistive Touch di iPhone dan iPad?

Apakah Kamu Perlu Menggunakan Assistive Touch di iPhone dan iPad?

Assistive TouchAssistive touch merupakan salah satu fitur home button virtual yang tersedia di iPhone dan iPad. Dengan mengaktifkan fitur ini kamu tidak perlu menekan tombol home di iPhone lagi (kecuali untuk unlock atau Touch ID). Namun apakah kamu harus sekali mengaktifkan fitur ini?

Contoh dari penggunaan Assistive Touch ini misal saat kamu memakai iPad Pro untuk bekerja. Di layar iPad yang lebar, kamu akan ribet jika harus meraih tombol home yang letaknya jauh dari workspacemu. Nah disinialh assistive touch berguna, karena kamu bisa meletakkan Assistive touch di sisi mana saja.

Baca Juga: Paduan Cara Menggunaakn Assistive Touch

Fitur ini sangat terkenal di pengguna iPhone di Asia. Bahkan di Indonesia, setiap kamu bertemu pengguna iPhone atau iPad, coba lirik layarnya, hampir semua orang menggunakan fitur ini. Namun, tujuan dari Assistive Touch di mata pengguna Asia telah meleset dari tujuan yang sebenarnya. Mereka menggunakan Assistive Touch karena takut home buttonnya cepat rusak.

Benarkah demikian?

Baik, saya akan bercerita. Sebelum berpindah ke iPhone 6, saya telah menggunakan iPhone 4s hampir selama 4 tahun. Selama memakai iPhone 4, saya tidak pernah menggunakan Assistive Touch karena terlalu memenuhi layar (yakali layar iPhone 4s cuma 3,5 inci). Apakah tombol home saya rusak? Tidak. Tapi, ada tapinya, saya memang merasa tombol home-nya tidak se responsif dulu dan sedikit longgar (bisa digeser sedikit ke atas, bawah, kanan, kiri).

Perlu diingat, saya terus menggunakan tombol home selama empat tahun. Penurunan kualitas dari tombol fisik adalah hal yang wajar. Namun sejak iPhone 5s keatas penggunaan tombol home semakin meningkat karena adanya fitur vital disana, yaitu Touch ID. Pihak Apple sendiri sadar akan kekurangan ini, lantas solusinya? Lihat tombol home di iPhone 7. Tombol fisik home digantikan Taptic Engine yang memberikan kesan klik saat menekan tombol home.

Taptic Engine

Nah kembali ke judul, perlukah kamu memakai Assistive Touch?

Bagi saya, sebuah benda ada untuk digunakan. Jadi jika ada tombol home di iPhone, saya merasa sia-sia kalau tidak dipakai. Jika kamu membeli iPhone 5s/6/6s/SE baru, saya rasa Assistive Touch tidak perlu menggunakannya dari awal. Pakai saja setelah dua tiga tahun penggunaan, atau saat kamu merasa tombol homemu mulai bermasalah, tapi kalau kau memang paranoid, tidak ada salahnya memakai sejak awal. Jika kamu memakai iPad, gunakan saja sesuai keperluanmu. Karena seperti namanya, Assistive Touch berfungsi untuk membantumu meraih dan menggunakan tombol home. Namun jika kamu membeli iPhone 7, saya rasa kamu sudah tidak perlu lagi menggunakan Assistive Touch ini.

Semua yang saya tulis adalah sebagai saran, kamu boleh bebas menerima atau menolaknya. Tidak ada paksaan untuk mengikutinya. Karena iPhonemu adalah punyamu, iPadmu adalah milikmu. Bebas mau kamu gunakan seperti apa saja. Nah apakah kamu termasuk #TeamHomeButton atau #TeamAssistiveTouch? Bagikan disini yak! 🙂

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.