Home Editorial Fitur Terbaik, Pilih iWork atau Microsoft Office?

Fitur Terbaik, Pilih iWork atau Microsoft Office?

Pilih iWork atau Microsoft Office?

Komputer Mac punya banyak sekali kemampuan yang bisa digunakan. Mulai dari mengembangkan aplikasi, pekerjaan multimedia, hingga mengerjakan pekerjaan kantor. Nah, mungkin kamu adalah salah satu yang berniat punya Mac untuk membantu kamu mengerjakan pekerjaanmu sebagai pegawai kantor. Pertanyaannya adalah, program apakah yang akan kamu pilih?

Pengguna Mac umumnya dihadapkan pada dua pilihan, yaitu antara Paket iWork atau Paket Microsoft Office. Karena hanya dua pilihan itu yang paling powerful buat kamu para pekerja kantoran. Secara fitur sih sebenarnya keduanya masih cukup kok kalau cuma buat mengolah data dokumen, sheet, hingga bikin presentasi. Namun secara keseluruhan tentu saja keduanya punya perbedaan. Apa sajakah itu?

Kemampuan

Paket iWork sudah tersedia lengkap di setiap Mac keluaran terbaru. Ada Pages sebagai pengolah dokumen, Numbers sebagai pengolah angka, dan Keynote sebagai pembuat presentasi. Tampilan setiap aplikasi iWork terlihat simpel dan santai. Hanya ada beberapa fitur yang sering kita pakai, misalnya pembuatan halaman, bullet and numbering, format font, dan lain-lain. Meskipun tidak sehebat Microsoft Word, Excel, atau PowerPoint, tapi kalau cuma bikin laporan praktikum, bikin laporan keuangan himpunan, atau presentasi kuliah, tentu saja iWork masih bisa diandalkan.

Pilih iWork atau Microsoft Office?

Microsoft Office tentu memberikan kemampuan super layaknya Office di Windows. Kamu akan menemukan tampilan ribbon yang kaya akan fitur, quick access tool, hingga fitur-fitur super lainnya. Yang sudah terbiasa pakai Office di Windows, tentu tidak akan kaget pakai Office di Mac. Secara fitur, memang ada beberapa fitur yang absen di Office versi Mac jika dibandingkan dengan Office di Windows. Namun secara keseluruhan, Microsoft Office di Mac jauuh lebih baik dibandingkan paket aplikasi iWork.

Pilih iWork atau Microsoft Office?

Harga Lisensi

Jika pertimbangan kamu adalah harga, maka kamu harus pilih Paket iWork Suit. iWork sudah terpasang secara penuh di semua komputer Mac keluaran terbaru dan bisa digunakan secara gratis. Di perangkat iOS seperti iPhone dan iPad juga bisa didownload di App Store secara gratis. Paket tersebut benar-benar gratis dan bisa digunakan di banyak perangkat.

Berbeda dengan Microsoft Office. Microsoft menerapkan dua model lisensi, yaitu model langganan dan model sekali beli. Kita bisa memilih paket sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Harganya untuk pengguna personal juga sebenarnya tidak terlalu mahal bisa melihat keseluruhan kemampuannya.

Kompabilitas

iWork bisa menangani berbagai macam format di Microsoft Office, namun iWork juga punya format tersendiri yang hanya bisa dibaca oleh aplikasi iWork. Misalnya Pages punya format .pages dan bisa diekspor ke format Microsoft Word. Namun, iWork belum tentu bisa membaca file Microsoft Office secara penuh (dan benar). Bisa saja file Microsoft Word itu saat dibuka di Word tampilannya rapi tapi saat dibuka di Pages tampilannya acak-acakan.

Lain halnya dengan Microsoft Office. Office punya banyak sekali kompabilitas. Contoh saja PowerPoint bisa menyimpan file .pptx, .ppt, .pot, .potx, .pps, dan lain-lain. Dan file Office versi Windows bisa dibuka secara penuh di Office versi Mac, begitu pula sebaliknya. Jadi, jika masalah kompabilitas menjadi prioritas, kamu harus pilih Microsoft Office.

Pilih iWork Jika Kamu…

Jika kamu orangnya butuh aplikasi untuk mendukung pekerjaan sekolah/kuliah buat bikin laporan, skripsi, laporan keuangan, hingga bikin presentasi tidak ada salahnya pilih iWork. iWork lebih sederhana dan hanya menonjolkan fitur-fitur yang sering diakses. Selain itu, iWork sudah tersedia di semua komputer Mac secara gratis. Soal kompabilitas, masih bisa kok bekerja sama dengan Microsoft Office.

Pilih Microsoft Office Jika Kamu…

Jika kamu memang butuh aplikasi pengolah dokumen, angka, dan presentasi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan iWork. Apalagi jika kamu sudah sangat terbiasa dengan Office di Windows. Kamu benar-benar tidak bisa lepas daripadanya. Namun ingat, Microsoft Office di Mac, begitu juga di Windows, lisensinya tidak gratis. Jadi kamu harus membayar lisensinya untuk menggunakannya secara legal.

Nah seperti itulah perbandingan iWork dan Microsoft Office. Kamu pilih yang mana? Kalo aku sih pilih Kamu :*

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode