Parallels Desktop for Mac, Aplikasi Virtualisasi Terbaik di OS X dan macOS

Parallels Desktop for Mac, Aplikasi Virtualisasi Terbaik di OS X dan macOS

0

Cara Install Parallels di Mac dan MacBook

Kamu mungkin pernah mendengar software virtualisasi di Windows yang bernama VirtualBox maupun VMWare. Nah, untuk pengguna Mac masih ada satu opsi lagi software virtualisasi yang bisa kamu pilih. Software tersebut adalah Parallels Desktop for Mac, atau yang lebih dikenal dengan nama “Parallels” saja.

Parallels adalah software virtualisasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat virtual machine atau VM. Kamu bisa install Windows di Mac, install Ubuntu di Mac, dan lain sebagainya di Mac atau MacBook dengan software virtualisasi Parallels ini.

Buat kamu yang belum tahu apa itu software Virtualisasi, singkatnya adalah kamu bisa install banyak sekali sistem operasi dalam satu komputer. Kamu bisa install Windows, Distro Linux seperti Ubuntu, Fedora, Debian, dan lain sebagainya tanpa harus punya banyak komputer atau Mac.

Baca Juga:  Opera for Mac Sekarang Mendukung VPN Gratis

Dibandingkan dengan VMWare Fusion maupun VirtualBox, Parallels memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah Coherence Mode yang mampu menjalankan aplikasi Windows layaknya aplikasi native Mac.

Jika kamu pengguna Mac OS X atau macOS, kamu mungkin mau mencoba untuk install Parallels. Tentu saja kamu bisa coba dan download gratis Parallels ini langsung dari situs web resmi Parallels Desktop for Mac.

Cara Install Parallels di Mac dan MacBook Gratis

Setelah kamu sudah berhasil download Parallels, kamu akan mendapati file .dmg Parallels tersebut. Langsung saja kamu buka file tersebut. Kamu akan menemukan file install.app. Jika ada peringatan seperti ini, klik saja Buka.

Cara Install Parallels di Mac dan MacBook Gratis

Jangan lupa untuk selalu Accept peringatan Software Licence Agreement untuk bisa melanjutkan proses install Parallels Desktop for Mac ke perangkat Mac atau MacBook kamu.

Baca Juga:  Cara Install Notepad++ di Mac dengan CrossOver

Cara Install Parallels di Mac dan MacBook Gratis

Selanjutnya, proses instalasi akan menyalin atau copy semua file yang dibutuhkan. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai semua dan Parallels bisa kamu gunakan.

Cara Install Parallels di Mac dan MacBook Gratis

Proses install Parallels ini bisa memakan beberapa saat. Pastikan kamu memiliki cukup banyak sisa free storage atau kapasitas kosong karena aplikasi Parallels ini membutuhkan sekitar 600MB.

Setelah proses instalasi selesai, kamu sudah bisa langsung menggunakannya. Kamu bisa install beragam sistem operasi seperti Windows dan Distro Linux dengan menggunakan Parallels ini.

Cara Install Parallels di Mac dan MacBook Gratis

Oh iya, aplikasi Parallels ini kompatibel untuk OS X lawas maupun macOS terbaru, jadi kamu tidak akan mengalami masalah dalam hal kompabilitas, dengan catatan kamu download versi terbaru dan juga download atau beli di situs resmi Parallels.

Baca Juga:  Review Printer Canon iP2700 dengan Mac OS X

Bagaimana? Sudah berhasil install Parallels?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀