Yuk Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Apple Fusion Drive

Yuk Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Apple Fusion Drive

0

Yuk Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Apple Fusion Drive

Jika kita mendengar penyimpanan paling populer saat ini, kamu pasti akan sudah tidak asing dengan Harddisk atau HDD dan juga SSD. Ya memang, hardisk memang merupakan media penyimpanan paling populer, sedangkan SSD merupakan penyimpanan baru yang menawarkan banyak kelebihan dan fitur baru.

Lalu apa itu Fusion Drive di Mac? Singkatnya, Fusion Drive adalah media penyimpanan baru buatan Apple. Teknologi yang digunakan Apple ini menggabungkan kelebihan antara Hardisk atau HDD dengan SSD. Istilahnya sih, Fusion Drive adalah gabungan dari HDD dan SSD.

 

Apa Itu Fusion Drive?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Fusion Drive adalah teknologi buatan Apple yang menggabungkan fitur dan keunggulan SSD dengan Harddisk. Kelebihan SSD adalah kecepatan transfer yang cepat, sedangkan kelebihan hardisk adalah kapasitas besar dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga:  Tampilan Dark Mode Akan Hadir di iOS 10?

Fusion Drive diperkenalkan pada tahun 2012 lalu. Sudah lama kan? Fusion Drive juga dikenal dengan nama hybrid hard drive alias disk hybrid. Mungkin kamu masih bingung apa maksudnya. Kamu bisa melihat halaman patently Apple ini.

Yuk Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Apple Fusion Drive

Dari gambar di atas, kamu akan melihat bahwa Fusion Drive ini adalah gabungan SSD dengan Hardisk menjadi satu. Dengan menggabungkan harddisk dengan SSD, membuat Fusion Drive ini juga menggabungkan kelebihan SSD dengan Harddisk.

Cara kerja Fusion Drive adalah, semua file sistem dan aplikasi yang sering digunakan akan ditempatkan di flash storage atau SSD, dan file yang jarang digunakan akan disimpan di harddisk HDD.

 

Perbedaan Fusion Drive dengan SSD dan Harddisk HDD?

Perbedaan Fusion Drive dengan harddisk adalah Fusion Drive menawarkan kecepatan yang lebih cepat dari Harddisk karena beragam file penting akan diletakan di flash storage yang jelas memiliki kecepatan akses lebih cepat dari hardisk.

Baca Juga:  Sehebat Apakah Apple Maps di Indonesia?

Sedangkan perbedaan Fusion Drive dari SSD adalah Fusion Drive menempatkan beragam file yang jarang dipakai ke hard drive seperti layaknya harddisk, sehingga Fusion Drive menawarkan total kapasitas yang jauh lebih besar dari SSD dengan harga yang sama.

Jadi, kamu bisa mendapatkan storage yang cepat, lebih cepat dari harddisk namun memiliki harga yang lebih murah dari SSD. Ini merupakan perpaduan antara Harddisk dengan SSD dan menciptakan jalan tengah di antara keduanya.

 

Jadi, Pilih Fusion Drive atau SSD atau HDD?

Fusion Drive sendiri memang cukup sukses saat ini. Tanpa harus menyediakan penyimpanan SSD dengan kapasitas besar yang jelas memiliki harga mahal, Fusion Drive cukup sukses menyeimbangkan kelebihan SSD dengan harddisk.

Baca Juga:  Apple Pensiunkan MacBook Air 11 Inch dan MacBook Pro?

Sayangnya, model Fusion Drive ini hanya bisa kamu pilih secara langsung bersamaan dengan pembelian device. Misalnya beli Mac Mini yang sudah menggunakan Fusion Drive. Dengan Fusion Drive 1TB misalnya, harganya lebih murah dari SSD namun lebih cepat dari harddisk biasa.

Kalau saya pribadi sih lebih suka Mac yang sudah pakai SSD secara langsung karena menawarkan kecepatan yang lebih tinggi. Storage tambahan bisa menggunakan harddisk eksternal yang memiliki harga lebih murah.

Nah bagaimana menurutmu?

Jangan lupa tinggal komentar ya, dan juga jangan lupa follow kita di Twitter.