Yuk Cek Suhu Mac dan MacBook Kamu dengan iStat Menus

Yuk Cek Suhu Mac dan MacBook Kamu dengan iStat Menus

0

Cara Mengetahui Suhu Temperatur Mac dan MacBook

Salah satu musuh besar PC dan Laptop, termasuk juga komputer Mac dan MacBook adalah panas. Suhu dan temperatur yang tinggi bisa membuat beberapa komponen di dalam mesin Mac atau MacBook menjadi rusak.

Mungkin kita bisa merasakan panas Mac secara langsung dengan cara menyentuh bagian luar Mac atau MacBook tersebut. Namun bagaimana cara mengetahui suhu Mac yang sebenarnya? Apakah kamu bisa cek suhu Mac secara pasti atau hanya perkiraan saja?

Mac dan MacBook memiliki beberapa sensor yang berfungsi untuk mengetahui kondisi internal dalam Mac dan MacBook tersebut. Salah satunya adalah masalah suhu atau temperatur yang tinggi.

Mungkin pada awalnya kamu tidak terlalu merasakan panas ketika kamu menyentuh bagian luar Mac atau MacBook kamu, namun siapa tahu suhu dan temperatur mesin Mac sangat panas di dalam. Salah satu adaptasi yang dilakukan oleh mesin adalah dengan menyalakan fan atau kipas untuk mengeluarkan panas dan mendinginkan mesin Mac.

Baca Juga:  Apple Akan Membuat Inovasi iMac Mirip Surface Studio?

Kembali ke masalah awal. Apakah kita bisa cek suhu Mac secara pasti? Misal ketika suhu menyentuh angka X derajat Celcius akan ditampilkan X derajat Celcius? Ya tentu saja kamu bisa melihat dan mengetahui suhu Mac dan MacBook kamu.

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan. Namun saya lebih suka menggunakan iStat Menus. Aplikasi iStat Menus ini memang berbayar, namun kamu bisa download aplikasi iStat Menus ini gratis dari layanan Setapp. Baca: Download iStat Menus Gratis dari Layanan Setapp.

Aplikasi ini kompatibel untuk Mac OS X lawas dan juga macOS terbaru, Setelah kamu download dan install iStat Menus, maka kamu akan melihat iStat Menus di Menu Extras atau menulets di bagian kanan menubar Mac.

Baca Juga:  Mengontrol Akses Aplikasi ke iCloud di iOS 10 dan macOS Sierra

Kamu bisa melihat tampilan ringkas dari suhu Mac dan MacBook kamu sudah muncul di Menubar. Suhu yang ditampilkan tersebut adalah suhu rata-rata Mac dan MacBook kamu.

Cara Mengetahui Suhu Temperatur Mac dan MacBook

Untuk melihat dan mengetahui suhu Mac atau MacBook kamu secara lebih detail dan rinci, klik suhu tersebut dan kamu akan melihat semua informasi mengenai suhu Mac dan MacBook kamu dengan sangat lengkap.

Cara Mengetahui Suhu Temperatur Mac dan MacBook

Meskipun angka yang ditampilkan tersebut menunjukkan suatu bilangan derajat, namun saya masih belum tahu tingkat keakuratan tersebut. Sensor panas di Mac dan MacBook memang bisa mendeteksi perubahan panas, namun mungkin saja tidak cukup akurat untuk mengukur besar suhu secara akurat dan presisi.

Baca Juga:  Inilah 4 Fungsi Bluetooth pada iDevice

Tapi kamu tidak perlu khawatir. Meskipun Mac atau MacBook menjadi panas, fan atau kipas akan segera beraksi untuk mendinginkan mesin Mac.

Inilah fungsi sebenarnya dari sensor panas di mesin Mac, untuk mendeteksi jika suhu dan temperatur sudah melebihi ambang batas maka akan menyalakan kipas atau fan untuk mengeluarkan panas dan mendinginkan Mac.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu cara cek suhu Mac OS X dan macOS terbaru?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀