Mau Sewa Film di iTunes? Ini Yang Harus Kamu Ketahui

Mau Sewa Film di iTunes? Ini Yang Harus Kamu Ketahui

0

Mau Sewa Film di iTunes? Ini Yang Harus Kamu Ketahui

Harga menyewa film atau movie di iTunes jelas lebih murah dari membeli film dengan harga penuh. Salah satu alasan lain yang sering dipertimbangkan adalah tidak semua orang suka menonton film yang sama terus-menerus.

Mereka lebih suka menonton satu film dan ketika selesai menonton film yang lainnya. Tidak heran dulu rental DVD atau CD film begitu populer sebelum era internet mulai booming, khususnya di Indonesia ini.

Sekedar informasi, pengaruh perkembangan internet ternyata juga mempengaruhi industri jual beli film. Selain mempermudah proses distribusi film dari penjual ke pembeli, juga menciptakan masalah baru. Apa lagi kalau bukan semakin parah aktivitas bajak membajak film bajakan.

Dulu, iTunes hadir dan menjadi solusi bagi para musisi untuk menjual karya mereka. iTunes telah menjadi tempat nomor satu dalam hal jual beli musik. Sekarang, iTunes sudah menjual berbagai macam konten digital, termasuk film atau movie.

Bukan cuma tempat beli saja, namun juga berkembang menjadi tempat sewa film atau movie. Tentu saja harga sewa jelas lebih murah daripada harga beli film secara penuh. Sama seperti kamu menyewa keping DVD film jelas lebih murah daripada membeli film tersebut.

Baca Juga:  Ini Yang Saya Sukai Dari OS X

Masalahnya, masih banyak yang belum tahu seperti apakah proses sewa film di iTunes. Buat kamu yang masih bingung, kamu datang di artikel yang tepat.

 

Perbedaan Beli Film dan Sewa Film di iTunes

Sebenarnya sudah sangat jelas, bahwa membeli itu berbeda dengan menyewa. Membeli film artinya kamu membayar sejumlah uang terhadap suatu judul film, untuk selanjutnya kamu akan mendapatkan hak milik penuh atas film yang sudah kamu bayar tersebut.

Mau Sewa Film di iTunes? Ini Yang Harus Kamu Ketahui

Sedangkan menyewa film di iTunes adalah kamu membayar sejumlah uang terhadap judul film tertentu namun kamu hanya memiliki akses untuk menonton dalam waktu dan kondisi tertentu tanpa memiliki hak milik film tersebut, sama sekali.

Mau Sewa Film di iTunes? Ini Yang Harus Kamu Ketahui

Sama seperti membeli DVD film di mana kamu bayar dan kamu bisa memiliki DVD film tersebut. Jika menyewa, kamu boleh menonton DVD film yang kamu sewa namun pada akhirnya kamu harus mengembalikannya.

 

Perbedaan Harga

Membeli film di iTunes jelas memiliki harga yang lebih mahal daripada menyewa film. Sebuah film HD bisa memiliki harga Rp 169.000 sedangkan sebuah film HD yang sama hanya memiliki harga Rp 29.000 saja untuk satu kali sewa. Jelas lebih murah kan?

Baca Juga:  Memasukkan Musik Dari iTunes ke iPhone

Mau Sewa Film di iTunes? Ini Yang Harus Kamu Ketahui

Namun kamu harus ingat, kamu tidak memiliki film tersebut, melainkan hanya memiliki akses untuk bisa menonton film tersebut untuk waktu yang terbatas saja. selanjutnya, kamu tidak bisa nonton lagi karena masa sewa sudah habis.

 

Perbedaan Fitur

Meskipun memiliki harga beli dan harga sewa yang berbeda ternyata ada perbedaan fitur antara membeli film dengan menyewa film. Membeli film di iTunes kamu juga akan bisa memiliki akses ke iTunes Extras.

Mau Sewa Film di iTunes? Ini Yang Harus Kamu Ketahui

Kamu tidak akan memiliki akses ke iTunes Extras dengan hanya menyewa film. Jadi yang kamu dapatkan ya hanya video movie itu sendiri tanpa iTunes Extras.

 

Syarat dan Ketentuan Menyewa Film di iTunes

Menyewa film berarti suatu saat kamu harus mengembalikan film tersebut. Jika kamu menyewa film dari rental, kamu harus mengembalikan DVD film tersebut ke tempat rental film. Bagaimana dengan iTunes? Apakah kamu harus pergi ke tempat rental film iTunes?

Tidak. Dengan menyewa, maka kamu akan mendapatkan akses ke film tersebut selama waktu tertentu saja. Jika waktu yang ditentukan sudah habis, film akan otomatis menghilang atau terhapus dan jika kamu mau menontonnya lagi, kamu harus menyewa lagi atau membeli film tersebut.

Baca Juga:  Cara Mencegah Terbukanya iTunes Ketika iPhone Dihubungkan ke PC / Mac

Untuk syarat dan ketentuan menyewa film di iTunes, kamu memiliki waktu maksimal 30 hari untuk segera menonton film tersebut. Jadi misal hari ini kamu membayar harga sewa film, kamu memiliki waktu 30 hari untuk MULAI menontonnya. Jika dalam 30 hari belum kamu tonton, maka film akan terhapus otomatis.

Mau Sewa Film di iTunes? Ini Yang Harus Kamu Ketahui

Setelah kamu membuka film tersebut, kamu otomatis akan dianggap sudah menonton film meskipun belum selesai nonton semua filmnya. Setelah kamu buka, kamu punya waktu MAKSIMAL 48 jam untuk menonton film tersebut. Kamu bisa menonton film puluhan kali sampai puas, dan akan terhapus otomatis dalam 48 jam ke depan.

Jadi saran saya, setelah kamu membayar harga sewa film, kamu jangan buka dulu filmnya. Kamu download saja filmnya dulu hingga selesai baru nonton. Karena ketika kamu membuka film tersebut, entah itu sudah kamu download atau masih streaming, kamu dianggap sudah mulai menonton dan waktu kamu tersisa 48 jam.

Bagaimana? Sudah paham?

Ada yang berencana menyewa film untuk liburan panjang ini? 😀