Beli Film di iTunes, Pilih Kualitas HD atau SD?

Beli Film di iTunes, Pilih Kualitas HD atau SD?

0

Perbedaan Konten dan Kualitas Film HD dan SD di iTunes

Selain sebagai tempat untuk membeli musik, iTunes juga merupakan salah satu tempat untuk membeli movie atau film. Semakin banyak jenis dan judul movie atau film yang dijual di iTunes membuat kelebihan iTunes ini menjadi salah satu tempat populer untuk membeli dan mendapatkan beragam film favorit.

Selain karena banyaknya judul movie atau film di iTunes dan juga distribusi yang mudah, kualitas movie di iTunes juga terbilang sangat bagus. Kamu bahkan bisa membeli sebuah movie HD (High Definition) dengan kualitas terbaik. Kamu juga bisa membeli kualitas SD (Standard Definition).

Apa perbedaan kualitas HD dan SD di iTunes? Apakah kamu harus pilih film HD atau SD?

Berikut ini adalah beberapa perbedaan Movie HD dan SD di iTunes beserta kelebihan dan kekurangan yang bisa membantu kamu menentukan pilihan mana yang lebih baik untuk kamu beli.

Baca Juga:  Cara Memasukkan File PDF dan eBook ke iPhone dan iPad

 

Perbedaan Resolusi Video

Perbedaan paling terasa antara kualitas HD dan SD adalah dari sisi resolusi video. Sebuah movie HD biasanya memiliki kelebihan resolusi video yang sangat tinggi, paling kecil minimal 720p. Beberapa movie juga menyediakan resolusi 1080p yang tentu saja memiliki kualitas lebih baik.

Sementara kualitas SD memiliki resolusi maksimal 480p saja. Resolusi yang jelas lebih rendah daripada resolusi HD. Meskipun demikian, resolusi 480p memiliki kualitas yang masih layak dan nyaman di mata meskipun diputar di layar Retina Display resolusi tinggi.

 

Size Video

Sebuah movie HD di iTunes bisa memiliki ukuran lebih dari 4GB. Hal ini sangat wajar mengingat kualitas film yang lebih tinggi juga membutuhkan memori penyimpanan yang besar juga. Resolusi HD kurang cocok untuk mereka yang memiliki storage kecil atau yang sudah hampir habis.

Baca Juga:  Inilah Alasan Mengapa MacBook Adalah Laptop Masa Depan

Sementara resolusi SD membutuhkan ruang memori penyimpanan yang jauh lebih kecil. Sebuah movie SD iTunes jarang sekali yang membutuhkan memori penyimpanan hingga 1.5GB. Resolusi SD lebih cocok untuk mereka yang memiliki storage kecil.

 

iTunes Extras

Salah satu yang cukup menarik dari membeli film HD di iTunes adalah fitur tambahan yang berupa iTunes Extras. Selain mendapatkan konten berupa film itu sendiri, kamu juga akan mendapatkan beragam konten tambahan dan eksklusif yang tidak akan kamu dapatkan di versi tanpa iTunes Extras.

Sementara movie resolusi SD sepertinya tidak ada yang memuat iTunes Extras. Jadi jika kamu membeli movie SD, kamu hanya akan mendapatkan video saja, tanpa ada konten tambahan dan konten eksklusif lainnya.

Baca Juga:  Cara Mencegah Terbukanya iTunes Ketika iPhone Dihubungkan ke PC / Mac

 

Harga

Dengan beragam kelebihan fitur yang ada dalam movie HD membuat harga movie HD lebih mahal daripada movie SD di iTunes. Apalagi fitur iTunes Extras jelas merupakan gimmick tambahan yang akan menarik untuk para pecinta berat beberapa judul film tertentu.

Resolusi SD meskipun memiliki kualitas video resolusi lebih rendah serta tidak ada dukungan tambahan iTunes Extras membuat harga movie SD lebih murah. Tentu saja ini bisa menjadi alternatif terbaik dalam membeli movie di iTunes.

Nah itu dia beberapa perbedaan kualitas movie HD dan SD di iTunes. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jadi bagaimana?

Kamu pilih kualitas movie HD atau SD?