Cara Install Aplikasi Mac dengan Layanan Setapp

Cara Install Aplikasi Mac dengan Layanan Setapp

0

Cara Install Aplikasi Mac dengan Layanan Setapp

Beberapa waktu yang lalu, undangan untuk mencoba layanan Setapp di Mac OS X dan macOS secara gratis sudah mulai diberikan. Namun baru beberapa hari ini saya menggunakan layanan Setapp tersebut secara penuh. Ternyata menggunakan Setapp sangat mudah lho.

Buat kamu yang belum tahu, Setapp adalah layanan yang memungkinkan kamu berlangganan aplikasi Mac. Sistemnya mirip dengan Spotify, JOOX, dan Apple Music di mana kamu harus berlangganan dengan biaya per bulan dan kamu bisa mengakses semua musik yang ada di koleksi seluruh layanan tersebut.

Untuk software atau aplikasi, mungkin konsep ini mirip dengan layanan Adobe Creative Cloud atau Adobe CC yang mana kamu harus bayar biaya bulanan dengan harga tertentu dan pastinya kamu bisa akses semua software dan program Adobe seperti Photoshop, Premiere, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Cara Mencegah Terbukanya iTunes Ketika iPhone Dihubungkan ke PC / Mac

Mungkin kamu masih bingung bagaimana cara kerja Setapp atau bagaimana cara install aplikasi Mac dengan menggunakan layanan Setapp.

Untuk menginstall aplikasi Mac dengan menggunakan layanan Setapp, kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Download aplikasi Setapp di situs Setapp. Jika kamu sekarang masih belum bisa download Setapp, itu berarti statusnya masih invite only beta. Tunggu saja hingga final release.
  2. Setelah download, langsung saja buka file .dmg Lakukan drag and drop aplikasi Setapp.app ke folder Aplikasi. Tunggu hingga muncul di launchpad.
    Cara Install Aplikasi Mac dengan Layanan Setapp
  3. Sebelum kamu buka aplikasi Setapp, pastikan kamu memiliki kuota internet yang cukup besar karena setelah ini akan terjadi proses download semua aplikasi Setapp yang mungkin tidak akan kamu sangka sebelumnya.
  4. Buka aplikasi Setapp dari launchpad. Lakukan login dengan username dan password milikmu. Kamu akan melihat tampilan preparing. Tunggu saja hingga kamu melihat ikon Setapp di menulets atau menu extra dalam menubar.
    Cara Install Aplikasi Mac dengan Layanan Setapp
  5. Coba lihat Launchpad kamu. Kamu akan melihat banyak sekali aplikasi Mac dari layanan Setapp bermunculan ke launchpad Mac kamu.
    Cara Install Aplikasi Mac dengan Layanan Setapp
  6. Ketika sudah seperti ini, jangan lakukan apapun. Jangan kamu restart atau shut down Mac kamu. Biarkan saja hingga beberapa menit hingga aplikasi yang ada di layanan Setapp selesai terinstal di Mac.
  7. Kamu bisa coba buka aplikasi apa saja. sebelum terbuka, kamu harus melewati proses preparing for first launch. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil terbuka.
    Cara Install Aplikasi Mac dengan Layanan Setapp
Baca Juga:  Ini Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Produk Refurbish

Setelah aplikasi berhasil terbuka, itu artinya proses instalasi aplikasi Mac sudah selesai. Kamu tinggal membuka dan menggunakan aplikasi Mac tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu.

Semua aplikasi Mac tersebut bisa kamu akses melalui launchpad. Kamu juga bisa mencari aplikasi tersebut di folder Setapp yang ada di Finder atau yang berada di Dock. Shortcut juga tersedia di menulets atau menu extras Setapp di menubar Mac.

Jika kamu memiliki kapasitas storage yang lebih besar, kamu bisa saja kok install aplikasi dari semua layanan Setapp. Semua aplikasi ini aman diinstall dan tidak akan membuat Mac atau MacBook kamu menjadi lemot dan lambat.

Semua aplikasi kompatibel dengan OS X El Capitan dan macOS Sierra.

Baca Juga:  OS X El Capitan 10.11.4 Beta 3, iOS 9.3 Beta 3, dan watchOS 2.2 Beta 3 Dirilis ke Developer

Bagaimana? Sudah coba?