Install Program Windows di Mac dengan CrossOver

Install Program Windows di Mac dengan CrossOver

0

Install Program Windows di Mac dengan CrossOver

Setiap pengguna dan developer selalu punya pilihan. Pengguna bisa memilih untuk menggunakan platform tertentu, begitu juga dengan developer punya pilihan untuk merilis aplikasi atau program untuk platform tertentu saja. Sehingga setiap platform tidak memiliki jumlah program dan aplikasi yang sama.

Platform komputer yang paling populer saat ini adalah Windows dan Mac (OS X atau macOS). Tentu saja karena berbeda platform, keduanya memiliki jumlah program dan aplikasi yang berbeda. Ada program yang hanya ada di platform Windows, ada juga aplikasi yang hanya ada di platform OS X atau macOS.

Namun untuk pengguna Mac, ada satu solusi untuk mengatasi masalah gap aplikasi ini. Ya, dengan bantuan aplikasi yang bernama CrossOver, kamu bisa install program Windows ke Mac dengan sistem operasi OS X atau macOS.

Apa Itu CrossOver?

CrossOver adalah salah satu aplikasi yang memiliki fungsi untuk install program Windows. Secara normal, Mac dan MacBook yang memiliki sistem operasi OS X atau macOS tidak bisa membuka file .exe karena merupakan file executable Windows. Kamu jelas tidak bisa install file .exe di Mac.

Dengan aplikasi CrossOver, kamu bisa install program Windows. Kamu tinggal download program Windows dalam bentuk file .exe lalu langsung saja kamu buka file .exe tersebut dengan double click untuk install program Windows tersebut. Kamu tidak perlu install Windows untuk menjalankan program Windows.

Apakah Bisa Install Semua Program Windows di Mac?

Tidak semua program Windows bisa kamu install di Mac. Bahkan setiap program yang sudah kamu coba bisa kamu upload informasinya ke database CrossOver, yang mereka sebut dengan nama installation recipe.

Install Program Windows di Mac dengan CrossOver

Tujuannya adalah untuk memberikan data penggunaan aplikasi tersebut. Setiap program Windows yang berjalan di Mac akan dikelompokkan berdasarkan rating system. Jadi setiap program Windows memiliki kinerja yang tidak sama jika diinstall di Mac. Informasi CrossOver Rating System bisa kamu lihat di sini.

Cara Download dan Install CrossOver

Kamu bisa download gratis CrossOver untukĀ mencoba trial gratis selama 14 hari. CrossOver bisa kamu beli langsung dari situs Codeweaver seharga $20.95. Namun kamu bisa mendapatkan CrossOver dengan harga yang lebih murah di The Black Friday Mac Bundle 2.0 ini. Cukup bayar $19.99 maka kamu akan mendapatkan 9 aplikasi Mac yang total hampir $380.

Bagaimana Cara Menggunakan CrossOver?

Untuk tutorial cara install program Windows di Mac sendiri nantinya akan kita pisah-pisah sesuai program yang akan kita install. Jika kamu punya program Windows favorit dan ingin tahu apakah program Windows yang kamu inginkan bisa berjalan di Mac apa tidak, kamu bisa kirimkan request program Windows ke kolom komentar atau mention ke akun Twitter MacPoin. Jangan lupa follow juga ya šŸ˜€

Dengan adanya CrossOver, tentu saja kamu bisa menghemat lebih banyak space storage kosong karena tidak butuh penyimpanan untuk install Windows. Selain itu, menggunakan semua program di OS X atau macOS secara langsung jelas membuat baterai MacBook lebih hemat.

Buat kamu yang mau coba, kamu bisa download gratis CrossOver dan lakukan trial gratis selama 14 hari. Kamu juga bisa beli CrossOver dengan harga murah diĀ The Black Friday Mac Bundle 2.0.

Bagaimana? Keren kan? Mau request? Kirimkan saja judul program favoritmu di kolom komentar.

Download – CrossOver

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!