Review Perbandingan Game Steam Mac vs PC Windows

Review Perbandingan Game Steam Mac vs PC Windows

0

Review Perbandingan Game Steam Mac vs PC Windows

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang perbedaan Game Steam vs Mac App Store vs Windows Store, saya jadi tertarik untuk mengulas sedikit tentang perbandingan Steam di Mac dan PC. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini memang Steam sudah sangat populer sebagai jalur distribusi game karena beragam kelebihan yang dimilikinya.

Salah satu kelebihan Steam adalah multiplatform. Kamu bisa beli satu judul game dan memainkannya di platform lain tanpa harus membayar lagi. Sangat menarik kan? Bukan cuma itu saja, fitur yang ditawarkan juga lebih lengkap dari game yang dijual di toko aplikasi semisal Mac App Store atau Windows Store di PC.

Baca Juga: 

Berhubung saya sudah pernah menggunakan layanan Steam di Mac OS X (sekarang macOS) dan juga PC Windows, saya jadi ingin sedikit bercerita tentang kedua platform ini dalam hal kepuasan penggunanya dalam bermain game.

Nah bagaimanakah perbandingan game Steam Mac vs PC? Berikut ini ulasan lengkapnya

 

Aplikasi Steam Mac

Untuk bisa menggunakan layanan Steam, selain butuh akun Steam juga butuh aplikasi Steam yang harus kamu install di komputer kamu. Begitu juga dengan Steam for Mac ini. Kamu harus download dulu aplikasi Steam ini dari situs resmi Steam dan install di komputer Mac atau PC kamu. Setelah install, maka kamu harus login dengan akun Steam yang kamu miliki.

Review Perbandingan Game Steam Mac vs PC Windows

Untuk tampilan aplikasi Steam ini tidak jauh berbeda dengan software Steam versi Windows.  Sebagai sebuah aplikasi Mac, beberapa elemen dan tampilan di aplikasi Steam ini masih mengadopsi model lawas. Yang paling terlihat jelas adalah tiga tombol kontrol jendela aplikasi masih mirip dengan OS X Maverick atau yang lebih lawas.

 

Ketersediaan Game Steam Mac

Ini dia yang mungkin akan membuat kamu galau membeli komputer Mac atau MacBook. Meskipun satu kali beli judul game Steam berarti kamu membeli semua versi game di semua platform yang tersedia, bukan berarti setiap game bisa kamu mainkan di semua platform. Ya, ada game yang bisa dimainkan di Mac namun ada yang hanya bisa dimainkan di PC Windows.

Review Perbandingan Game Steam Mac vs PC Windows

Contoh yang paling mudah ya GTA V. Game GTA V ini sejauh ini hanya support PC Windows dan belum ada versi di Mac maupun platform lain. Sedangkan GTA lain semisal GTA San Andreas sudah support Windows dan Mac. Kamu bisa lihat logo Apple di sana yang artinya tersedia versi Mac.

 

Kualitas Game Steam Mac vs PC

Untuk kualitas game Steam Mac vs Steam Windows menurut saya tidak terlalu banyak perbedaan. Mencoba menjajal judul game di laptop yang sama (Saya menggunakan MacBook Pro Retina Display 2015), namun dengan sistem operasi yang berbeda (OS X El Capitan dan Windows 10 Pro 64-bit) tidak begitu terasa perbedaannya. Meskipun demikian untuk ketersediaan dan jumlah game Steam jelas Windows punya lebih banyak judul game yang keren.

Review Perbandingan Game Steam Mac vs PC Windows

Sebagai perbandingan saya memainkan game DiRT 3 Complete Edition yang saya post di MacPoin kemarin (Baca: HOT: Download Gratis Game Steam DiRT 3 Complete Edition (Giveaway)). Saat memainkannya baik di macOS dan versi Windows di MacBook yang sama hasilnya tidak ada bedanya.

 

Kesimpulan

Satu-satunya perbedaan yang paling terasa dari game Steam Mac vs Steam PC Windows hanya ketersediaan judul game saja, dimana beberapa game hanya tersedia untuk Windows saja. Tidak sabar menunggu versi Mac-nya keluar? Kamu bisa menginstall Windows di Mac menggunakan Boot Camp. (Baca: Beginilah Cara Install Windows Di Mac OS X Dengan Boot Camp).

Nah itulah dia perbedaan yang saya rasakan di Steam Mac vs Steam Windows. Ada yang mau menambahkan..? Silakan ditambahkan di kolom komentar.

Download – Steam

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!