Review Swift Playground: Belajar Pemrograman Swift iOS Mudah dan Menyenangkan

Review Swift Playground: Belajar Pemrograman Swift iOS Mudah dan Menyenangkan

0

Belajar Pemrograman Swift iOS Mudah dan Menyenangkan

Pada acara WWDC 2016, Apple memperkenalkan aplikasi Swift Playground. Apa itu Swift Playground? Aplikasi Swift Playground adalah aplikasi iPad yang ditujukan untuk anak-anak atau orang yang baru belajar pemrograman. Dengan belajar pertama kali melalui game akan membuat proses belajar menjadi menarik dan menyenangkan.

Cara menggunakan Swift Playground ini sangat mudah. Ketika pertama kali kamu membuka aplikasi Swift Playground, kamu akan dihadapkan pada tampilan awal. Tampilan ini menampilkan beragam misi dan tantangan yang bisa kamu mainkan. Kamu bisa memilih tantangan mana saja yang kamu mau.

Baca Juga:

Belajar Pemrograman Swift iOS Mudah dan Menyenangkan

Setelah memilih tantangan yang kamu mau, kamu tidak bisa langsung memainkannya. Kamu harus download dulu file tambahan untuk memainkan permainan tersebut. Tenang, file download tidak terlalu besar sehingga kamu bisa download tanpa khawatir kuota paket data kamu habis dengan cepat.

Belajar Pemrograman Swift iOS Mudah dan Menyenangkan

Ketika sudah selesai proses download file nya, kamu bisa langsung memainkannya. Setiap permainan tentu saja menyajikan sesuatu yang berbeda. Saya mencoba untuk memainkan tantangan Fundamental of Swift terlebih dahulu. Sebelum mulai akan ada sedikit penjelasan tentang game dan challenge ini.

Belajar Pemrograman Swift iOS Mudah dan Menyenangkan

Dalam game Swift Playground ini kamu ditantang untuk menyelesaikan beberapa permasalahan. Tenang, karena game ini ditujukan untuk anak-anak atau pemula yang baru belajar pemrograman, permasalahan yang harus kamu selesaikan sangat mudah kok. Hanya saja kamu harus menyelesaikan permasalahan tersebut dengan Command atau perintah dengan bahasa pemrograman Swift.

Belajar Pemrograman Swift iOS Mudah dan Menyenangkan

Setiap kali kamu berhasil menyelesaikan satu level, kamu akan naik ke level berikutnya dengan permasalahan yang semakin lebih kompleks. Ya, masalah tersebut memang sebenarnya mudah diselesaikan namun kamu ditantang untuk memberikan solusi terbaik dari penyelesaian setiap masalah yang ada dengan pemrograman Swift.

Beberapa perintah seperti moveForward(), turnLeft(), dan lain-lain yang tentu saja cukup mudah untuk dipahami oleh yang masih awam dengan pemrograman, khususnya pemrograman Swift. Buat kamu yang benar-benar masih awam pemrograman dan ingin mempelajari pemrograman harus mencoba Swift Playground ini.

Kamu bisa download aplikasi Swift Playground ini gratis di App Store. Hanya saja, aplikasi Swift Playground ini hanya tersedia di iPad saja sehingga kamu tidak bisa download aplikasi Swift Playground ini di iPhone.

Sekedar informasi, sekarang ini semakin banyak perusahaan dan startup yang membutuhkan orang yang ahli dalam pemrograman. Entah itu seorang programmer, web developer, mobile app developer, dan lain-lain. Jadi tidak ada salahnya belajar pemrograman meskipun kamu bukan seorang mahasiswa IT, komputer, atau informatika.

Bagaimana? Tertarik mencobanya? Yuk mainkan Swift Playground dan mulai langkah menjadi programmer terbaik di dunia.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!