Apakah Jumlah Port di New 2016 MacBook Pro Cukup?

Apakah Jumlah Port di New 2016 MacBook Pro Cukup?

0

Apakah Jumlah Port di New 2016 MacBook Pro Cukup

Apple memperkenalkan New 2016 MacBook Pro dengan fitur baru seperti port USB-C dengan teknologi Thunderbolt 3, Touch Bar, Touch ID, dan lain-lain. Namun yang paling membuat ragu beli New 2016 MacBook Pro adalah hanya menggunakan 4 Thunderbolt 3 tanpa adanya port lain. Meskipun jumlah port Thunderbolt 3 ini ada 4 buah, apakah jumlah itu cukup banyak atau masih kurang?

Ya, keputusan Apple untuk mengganti semua port dengan Thunderbolt 3 agar support konektor USB-C dan Thunderbolt 3 terbaru ini cukup disayangkan. Pasalnya Apple juga menghilangkan semua port yang ada di MacBook Pro 2015 lalu seperti USB Type A alias USB Biasa, Thunderbolt 2, HDMI, Card Reader, dan MagSafe. MacBook Pro hanya mendukung empat buah konektor USB-C dan Thunderbolt 3.

Baca Juga:

Untuk saya pribadi sebenarnya bukan masalah jumlah port cukup atau kurang, tetapi masalah kompabilitas. Apple memang memberikan pilihan yang sangat radikal dengan menghilangkan semua port penting dan mengganti dengan port yang lebih penting di masa depan yaitu Thunderbolt 3 yang support konektor USB-C, namun masih belum terlalu populer seakrang ini.

Apakah Jumlah Port di New 2016 MacBook Pro Cukup

Perubahan radikal juga Apple berikan di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang menghilangkan port headphone Jack 3.5mm dan mengganti dengan headset atau headphone dengan sambungan ke port Lightning. Beruntung bagi pembeli iPhone 7 dan iPhone 7 Plus karena Apple memberikan adapter dalam paket penjualan.

Tidak seperti MacBook Pro ini yang sama sekali tidak memberikan adapter apapun untuk mengubah penggunaan port seperti USB biasa ke USB-C. Dengan demikian, pengguna dipaksa untuk membeli adapter port baru yang tentu saja harganya tidak murah dan hanya membuat harga beli semakin mahal.

Jadi meskipun port yang diberikan tidak kurang dari sepuluh namun jika semuanya menggunakan port USB-C atau Thunderbolt 3 semua maka tidak cukup dan tidak akan ada gunanya sekarang ini. Apple harusnya memberikan sedikit kemudahan dengan minimal memberikan adapter secara gratis dalam paket penjualan MacBook Pro 2016 ini untuk mendorong pengguna beralih secara perlahan ke port dan konektor baru hingga pasar sudah siap sepenuhnya.

Bagaimana menurutmu? Apakah port Thunderbolt 3 atau port USB-C tanpa adapter sudah cukup atau masih kurang?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!