Alasan Mengapa Maksimal RAM MacBook Pro Hanya 16GB

Alasan Mengapa Maksimal RAM MacBook Pro Hanya 16GB

0

Alasan Mengapa Maksimal RAM MacBook Pro Hanya 16GB

Terlepas dari masalah efisiensi daya terbaru dari Intel Skylake di New 2016 MacBook Pro, SSD yang lebih cepat, GPU yang lebih baik, dan lain sebagainya ternyata MacBook Pro terbaru masih menggunakan memori RAM yang tidak lebih dari 16GB di model 15 inch. Banyak yang berharap Apple memberikan update atau upgrade dan menambah RAM 16GB menjadi RAM 32GB di MacBook Pro.

Seperti yang kita ketahui, semakin hari standar memori RAM semakin meningkat. Ketika dulu masih sangat nyaman hanya dengan RAM 4GB, standar minimal zaman sekarang adalah RAM 8GB. Begitu pula di masa depan, suatu saat standar memori RAM minimal bisa saja menjadi 16GB dan akan ada masa di mana memori RAM 8GB tidak cukup lagi untuk beragam kebutuhan berat.

Dilansir dari MacRumors, salah satu MacRumors reader David mengirimkan pesan email kepada Apple dan bertanya mengenai maksimal RAM di MacBook Pro terbaru ini dan mendapatkan penjelasan langsung dari Phil Schiller, Apple Chief Marketing. Menurut Schiller, memori RAM 16GB ke atas akan membuat lebih banyak menghabiskan daya baterai.

Question from David: The lack of a 32GB BTO option for the new MBPs raised some eyebrows and caused some concerns (me included). Does ~3GBps bandwidth to the SSD make this a moot issue? I.e. memory paging on a 16GB system is so fast that 32GB is not a significant improvement?

Schiller’s answer: Thank you for the email. It is a good question. To put more than maksimum 16GB of fast RAM into a notebook design at this time would require a memory system that consumes much more power and wouldn’t be efficient enough for a notebook. I hope you check out this new generation MacBook Pro, it really is an incredible system.

Meskipun sebagian pengguna MacBook Pro mungkin tidak akan membutuhkan maksimal memori RAM hingga 32GB, MacBook Pro adalah komputer portabel Apple yang ditujukan untuk para profesional sehingga kebutuhan komputasi jelas jauh lebih besar dari kebanyakan pengguna biasa lainnya.

Untuk profesional yang bekerja di bidang yang membutuhkan kemampuan besar seperti membuat film tentu saja RAM 32GB akan sangat bermanfaat. Sebaliknya jika kamu hanya seorang mahasiswa Ilmu Komputer jelas RAM 8GB itu sudah cukup.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu membutuhkan tambahan memori RAM lebih besar?

Source: MacRumors

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!