Ini 4 Perbedaan Konektor USB-C dengan Thunderbolt 3

Ini 4 Perbedaan Konektor USB-C dengan Thunderbolt 3

0

Ini 4 Perbedaan Konektor USB-C dengan Thunderbolt 3

Ketika New MacBook Pro 2016 diperkenalkan pada tanggal 27 Oktober kemarin, kamu langsung bisa melihat bahwa MacBook Pro baru tersebut benar-benar berbeda. Selain desain yang lebih tipis dan simple, kamu melihat semua port tidak seperti MacBook Pro Retina Display sebelumnya. Hanya ada 4 USB-C di sana. Apakah benar itu port USB-C?

Dalam spesifikasinya, MacBook Pro terbaru ini menyebutkan empat buah port Thunderbolt 3, dan bukan USB-C. Apa bedanya USB-C dengan Thunderbolt 3? Well, sebenarnya ada beberapa poin yang membedakan antara USB-C biasa dengan konektor Thunderbolt 3. Apa saja perbedaan tersebut?

Baca Juga:

 

Spesifikasi dan Teknologi

Mengapa Thunderbolt 3 menggunakan bentuk atau desain yang sama persis dengan USB-C? Ini tidak menunjukkan bahwa USB-C sama dengan Thunderbolt 3. Kedua perangkat tersebut memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaan tersebut ada dalam spesifikasi konektor yang sama. Perbedaannya ada pada teknologi yang digunakan serta beberapa fitur di dalamnya.

USB-C adalah spesifikasi konektor baru yang diperkirakan akan menjadi standar industri baru menggantikan USB biasa di masa depan. USB-C ini memiliki spesifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk desain yang kecil dan reversible. Karena kelebihan inilah, Thunderbolt 3 mengadopsi spesifikasi konektor yang sama dengan USB-C. Sehingga konektor USB-C bisa tersambung ke port Thunderbolt 3 tanpa butuh colokan adapter.

 

Kecepatan Transfer

Salah satu fitur yang menjadi perbedaan USB-C dengan Thunderbolt 3 adalah kecepatan transfer data. USB-C juga disebut dengan USB Type C atau USB 3.1 memiliki kecepatan transfer data hingga 10 Gbps, lebih cepat dari USB 3 yang hanya mampu mencapai sekitar 5 Gbps. Bagaimana dengan kecepatan transfer Thunderbolt 3?

Thunderbolt 3 bisa dikatakan merupakan konektor dengan kecepatan transfer data tertinggi saat ini. Dengan teknologi terbaru, Thunderbolt 3 mampu memberikan kecepatan transfer data hingga 40 Gbps. Sangat cepat dan jauh lebih cepat dari USB-C.

Meskipun demikian, masih ada beberapa fitur lain yang membedakan antara USB-C dengan Thunderbolt 3. Misalnya port Thunderbolt 3 sudah pasti mendukung konektor USB-C dan semua perangkat USB-C lainnya, sedangkan port USB-C tidak support penuh semua konektor yang memang secara khusus dibuat untuk teknologi Thunderbolt 3.

 

Cara Membedakan USB-C dengan Thunderbolt 3

Sangat sulit membedakan USB-C dengan Thunderbolt, benarkah? Sekilas jelas hampir tidak mungkin bisa dibedakan karena Thunderbolt 3 mengadopsi standar konektor yang sama dengan USB-C. Namun kamu bisa lihat perbedaannya jika sang produsen memberikan logo pada port atau konektor tersebut.

Ini 4 Perbedaan Konektor USB-C dengan Thunderbolt 3

Meskipun semua konektor USB-C mungkin bisa masuk ke semua port USB-C, terlihat di sini bahwa tidak semua port USB-C bisa memberikan fitur yang sama, khususnya dalam hal kecepatan transfer data. tentu saja Thunderbolt 3 memberikan kecepatan transfer data terbaik di antara semua konektor USB-C lainnya.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!