Inilah Cara Apple Mengatasi Masalah TKDN di Indonesia

Inilah Cara Apple Mengatasi Masalah TKDN di Indonesia

0

Inilah Cara Apple Mengatasi Masalah TKDN di Indonesia

Hai para penggemar produk Apple di Indonesia. Kamu pasti masih menantikan kabar iPhone 7 dan iPhone 7 Plus di Indonesia, atau bahkan iPhone 6S, iPhone 6s Plus dan iPhone SE di Indonesia. Ya, iPhone tersebut masih belum dijual resmi di Indonesia karena masalah TKDN di Indonesia.

TKDN adalah suatu aturan di Indonesia yang mengatur nilai atau tingkat kandungan produksi buatan dalam negeri yang dipakai dalam sebuah produk berbasis 4G LTE. Komponen tersebut bukan cuma soal hardware saja, tapi juga memperhitungkan software hingga tenaga kerja lokal.

Baca juga : 

Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi besarnya defisit perdagangan akibat banyak produk impor yang masuk ke Indonesia. Kasus ini terjadi di era 3G di mana semua produk 3G bebas dijual dan diimpor masuk tanpa filter apapun. Oleh karena itu, Pemerintah menerapkan aturan TKDN ini untuk produk 4G LTE.

Salah satu yang kena imbasnya tentu saja Apple yang menjual semua varian iPhone 6S, iPhone SE, dan iPhone 7 di Indonesia. Apple masih belum memiliki solusi untuk mengatasi masalah TKDN di Indonesia. Jika kamu beli iPhone online, artinya itu bukan produk resmi yang dijual di Indonesia melainkan iPhone impor luar negeri.

Nah, sangat aneh kan jika perusahaan sekelas Apple tidak mampu menyelesaikan masalah TKDN di Indonesia? Apple dikabarkan sudah siap mengikuti aturan Pemerintah Indonesia untuk memenuhi aturan TKDN. Seperti yang dilansir di Berita Satu :

Mereka sudah menyatakan komitmennya untuk membangun Innovation Center. Upaya mereka ini juga ada kaitannya dengan rencana produk Apple masuk ke Indonesia. Jadi nanti ada pengembangan software dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),” kata Airlangga dilansir oleh Berita Satu

Tentu saja ini adalah kabar yang sangat positif bagi kita sebagai konsumen, bagi Pemerintah, dan juga bagi Apple. Pembangunan pusat inovasi Apple ini bisa meningkatkan tingkat komponen lokal dan juga jumlah pengembang aplikasi atau developer Apple. Apple sepertinya sudah menilai Indonesia sebagai salah satu pasar yang sangat penting untuk Apple.

Bagaimana menurutmu?

Sumber: Berita Satu

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!