Adakah Alternatif Cara Kirim File Dari iPhone ke Android via Bluetooth?

Adakah Alternatif Cara Kirim File Dari iPhone ke Android via Bluetooth?

0

Cara Kirim File dari iPhone ke Android via Bluetooth

iPhone memang dilengkapi dengan fitur Bluetooth. Namun Bluetooth di iPhone tidak bisa untuk transfer file ke perangkat lain. Misalnya saja melakukan transfer foto dari iPhone ke Android atau kirim lagu dari iPhone ke Android melalui Bluetooth. Mengapa perangkat iOS seperti iPhone dan iPad tidak bisa kirim file via Bluetooth?

Memang sudah sejak lama masalah fitur transfer file Bluetooth iPhone ini menimbulkan banyak sekali keluhan dari pengguna. Mereka merasa kesulitan ketika harus melakukan transfer data via Bluetooth ke Android, dan sebaliknya tidak bisa kirim file dari Android ke iPhone. Mengapa Bluetooth iPhone tidak bisa kirim dan transfer file? Bagaimana cara kirim file dari iPhone dengan Bluetooth?

 

Apple Sengaja Membatasi Bluetooth iPhone dan iPad

Sangat mengherankan jika perusahaan sekelas Apple tidak bisa membuat Bluetooth yang bisa melakukan transfer data di iPhone. Sebenarnya Apple bisa saja membuat Bluetooth dengan fitur transfer data, namun Apple memang sengaja merancang Bluetooth iPhone dan iPad ini tidak mendukung transfer data antara perangkat iOS seperti iPad dan iPhone ke Android melalui Bluetooth.

Semua pembatasan tersebut bisa dihilangkan dengan jailbreak iOS di iPhone dan iPad. Dengan melakukan jailbreak iPhone, fitur Bluetooth iPhone bisa kirim file ke Android dan semua perangkat non iOS. Hal ini karena jailbreak memodifikasi fitur Bluetooth dengan menambahkan profil transfer data sehingga iPhone bisa kirim file ke Android dengan Bluetooth iOS yang sudah di-jailbreak.

Salah satu kemungkinan pembatasan fitur Bluetooth adalah alasan keamanan. Seperti yang kamu ketahui, meskipun iOS terkenal aman dari virus, namun tetap saja iOS bisa disusupi virus. Tidak ada produk yang sempurna. Selain itu, alasan mencegah pelanggaran hak cipta juga bisa saja menjadi alasannya. Buktinya, dengan jailbreak iPhone bisa kirim file via Bluetooth ke perangkat lain, bahkan bisa kirim lagu yang memiliki hak cipta.

Baca Juga : 

 

iOS Menggunakan Teknologi AirDrop

Solusi yang diberikan Apple agar iPhone bisa melakukan transfer data via Bluetooth adalah dengan teknologi AirDrop. Kelemahannya adalah teknologi AirDrop ini hanya mendukung transfer Bluetooth sesama perangkat iOS dan macOS atau OS X saja. Kamu tidak bisa menggunakan AirDrop dari iPhone ke Android. Hal ini karena AirDrop membutuhkan Bluetooth, Wi-Fi, dan Apple ID untuk membuat sambungan peer-to-peer.

 

Alternatif Bluetooth, Kirim via Email atau Chat

Solusi paling gampang (atau bagi sebagian orang terkadang juga dipandang sebagai solusi paling ribet) untuk transfer data dari iPhone ke Android tanpa Bluetooth adalah melalui sambungan internet, bisa melalui email atau dari chat aplikasi instant messaging.

Kamu bisa gunakan aplikasi email bawaan atau aplikasi pihak ketiga semisal Outlook atau Gmail. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi chat atau instant messaging seperti LINE, WhatsApp, atau Facebook Messenger.

Cara melalui email adalah yang paling enak karena selain bisa mengirim lebih banyak jenis file, juga mudah karena bisa dibuka di web browser. Kamu juga bisa memanfaatkan share file melalui cloud drive seperti Dropbox, ataupun layanan seperti Uploafiles.io.

Jika kamu punya cara alternatif lainnya, silakan bagikan di kolom komentar.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!