Apakah Mac dan MacBook Bisa Tambah dan Upgrade RAM?

Apakah Mac dan MacBook Bisa Tambah dan Upgrade RAM?

0

MacBook Air RAM 4GB SSD 128GB Cukup Cepat Tidak Lambat Lemot

Mac dan MacBook seperti iMac, MacBook Pro dan MacBook Air sudah dilengkapi dengan sistem operasi macOS atau OS X yang terkenal cukup bagus dalam melakukan manajemen RAM. Sehingga penggunaan memori RAM di Mac dan MacBook bisa dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Namun suatu saat, kamu pasti membutuhkan upgrade RAM tambahan untuk melakukan pekerjaan yang lebih berat seperti bermain game.

Upgrade RAM Mac dan MacBook sangat dibutuhkan untuk menambah kapasitas memori RAM. Seperti yang kita ketahui, memori RAM sangat dibutuhkan agar sistem bisa menjalankan beragam fungsi. Jika memori RAM kurang atau sudah penuh, perlu ditambah atau upgrade untuk menyediakan lebih banyak memori RAM.

Baca Juga :

Apakah RAM di Mac dan MacBook bisa ditambah? Artikel ini akan menjelaskan kepada kamu beberapa hal terkait tentang upgrade RAM di Mac dan MacBook.

 

Cek Versi Mac dan MacBook. Tidak Semua Bisa Upgrade RAM

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu, bahwa tidak semua Mac dan MacBook bisa upgrade RAM. Hanya beberapa model saja yang bisa (dan boleh) ditambah RAM oleh pengguna langsung. Untuk model MacBook saat ini, hanya MacBook Pro Non-Retina Display yang bisa upgrade RAM. MacBook Pro Retina Display tidak bisa.

Begitu juga dengan MacBook Air tidak bisa upgrade RAM juga. Jadi jika kamu punya MacBook Air dan MacBook Pro Retina, kamu akan terus menggunakan RAM yang sama selamanya.  Sedangkan model komputer Mac seperti iMac, Mac Mini, dan Mac Pro banyak yang bisa untuk upgrade RAM.

 

Solusi Upgrade RAM MacBook Air dan MacBook Pro dari Apple

Jadi beberapa model MacBook seperti MacBook Air tidak bisa upgrade RAM? Tenang, kamu masih bisa memesan versi custom langsung dari Apple. Bahkan bukan cuma upgrade RAM saja, namun juga bisa upgrade SSD hingga 512GB untuk model MacBook tertentu juga bisa. Caranya yaitu langsung datang ke Apple Store dan memesannya langsung.

Panduan Cara Mudah Upgrade RAM Mac dan MacBook Air

Begitu pula dengan MacBook Pro Retina yang RAM 8GB bisa pesan versi custom dengan RAM 16GB. Sayangnya pembelian MacBook custom ini masih belum tersedia di Indonesia. Namun model Macbook terbaru saat ini termasuk MacBook Air sudah mendukung RAM 8GB dan itu sudah cukup untuk kebutuhan komputasi saat ini yang standar minimal RAM menuju 8GB.

 

Panduan Cara Upgrade RAM di Mac

Beberapa informasi seperti model Mac yang bisa upgrade RAM hingga panduan lengkap upgrade RAM MacBook dan beberapa model Mac seperti iMac, Mac Mini, dan Mac Pro bisa kamu baca di beragam link dari Apple Support berikut ini.

Cara menambah RAM di Mac desktop alias iMac cukup mudah, kamu bisa baca di sini -> Panduan Upgrade RAM Mac Desktop (iMac)

Hanya beberapa model MacBook saja yang bisa ditambah RAM secara manual langsung oleh pengguna. Kamu bisa baca panduan lengkap di situs Apple -> Panduan Upgrade RAM MacBook

Lalu untuk produk Mac lain seperti Mac Mini dan Mac Pro juga bisa upgrade RAM. Baca langsung disini dan disini

Apa kamu masih butuh informasi lain mengenai cara upgrade RAM di Mac? Silakan tanyakan di kolom komentar

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!