Mitos Gamer: Apakah Mac dan MacBook Tidak Cocok Untuk Bermain Game?

Mitos Gamer: Apakah Mac dan MacBook Tidak Cocok Untuk Bermain Game?

0

Mac Macbook OS X macOS tidak bisa main game dan tidak cocok untuk gamer

Game atau gaming adalah salah satu media hiburan yang bisa kita nikmati di komputer dan beragam perangkat mobile. Muncul banyak sekali judul game yang bisa kita download dan mainkan. Mulai dari game kecil hingga beragam game terkenal dan punya kualitas grafis berkualitas tinggi.

Muncul mitos yang mengatakan bahwa Mac atau MacBook sangat tidak cocok untuk bermain game jika dibandingkan dengan komputer atau laptop Windows. Mitos tersebut seakan langsung dibenarkan oleh banyak gamer yang bahkan belum pernah menggunakan Mac sama sekali. Namun apakah benar Mac tidak cocok untuk gamer untuk bermain gaming?

 

Mac Tidak Bagus Untuk Bermain Game?

Jika kita lihat dari spesifikasi Mac dan MacBook rata-rata, sebenarnya tidak pernah ada masalah yang berarti untuk menjalankan game. Rata-rata komputer Mac dan MacBook sudah dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5 dan memori RAM 4GB dan itu sebenarnya sudah cukup untuk menjalankan beragam game dengan kualitas medium seperti PES Pro Evolution Soccer, FIFA, dan lain-lain.

Namun sayangnya, Mac dan MacBook banyak sekali yang masih dibekali dengan Intel HD Graphic yang sudah terlanjur mendapatkan cap dan gelar dari para gamer sebagai kartu grafis yang tidak cocok untuk bermain game. Namun apakah benar? Apakah komputer Mac dan MacBook dengan Intel HD tidak cocok untuk bermain game?

Mac Macbook OS X macOS tidak bisa main game dan tidak cocok untuk gamer

Memang secara teori, Intel HD tidak cocok untuk bermain game dengan kualitas gaming terbaik, meskipun kartu grafis GPU Intel menggunakan nama HD. Kualitas Intel HD jelas kalah dengan dedicated GPU seperti NVidia atau Radeon. GPU Dedicated jelas jauh lebih baik untuk bermain game.

Jika kamu memang berniat untuk bermain game, maka gamer harus membeli komputer Mac atau MacBook yang sudah mendukung dedicated graphic seperti MacBook Pro Retina 15” yang mendukung GPU AMD Radeon. Jika terlalu mahal, minimal kamu harus menggunakan MacBook Pro Retina yang sudah menggunakan intel Iris Graphic karena kualitasnya jauh lebih baik dari Intel HD untuk aktivitas gaming.

Baca Juga:

 

Bagaimana Kualitas Intel Iris Graphic untuk Gaming?

Intel Iris Graphic adalah salah satu dari 3 model onboard Graphic dari Intel. GPU Intel Iris Graphic ini kualitasnya lebih bagus dari Intel HD namun masih di bawah Intel Iris Pro Graphic dan dedicated graphic lainnya. Pertanyaan sederhana, apakah Intel Iris Graphic ini cocok untuk bermain game?

Sekali lagi, kartu grafis onboard dari Intel Ini masih kalah jika dibandingkan dengan dedicated graphic seperti NVidia atau AMD Radeon. Namun untuk kualitas Intel Iris Graphic ini, kamu masih bisa cukup berharap.

Mac Macbook OS X macOS tidak bisa main game dan tidak cocok untuk gamer

Beberapa game bisa dimainkan dengan cukup baik dengan menggunakan Intel Iris Graphic ini. Sebut saja game kelas berat seperti Tomb Raider, X-Plane 10, Batman: Arkham City GOTY, COD Black Ops, dan lain-lain. Beberapa game juga bisa gamer dapatkan di App Store dan kamu bisa lihat sendiri apakah game tersebut kompatibel dan bisa dimainkan di Mac / MacBook atau tidak.

 

Game OS X / macOS Sedikit dan Game Windows Lebih Banyak?

Salah satu mitos yang masih saja menghantui calon pengguna Mac (dan haters Mac) adalah jumlah game yang ada di Mac OS X atau macOS Sierra sangat sedikit jika dibandingkan dengan game Windows. Mac tetap punya game yang bisa kamu beli langsung dari Mac App Store. Beberapa judul game terkenal seperti Call of Duty: Black Ops bisa kamu beli langsung di Mac App Store.

Mac Macbook OS X macOS tidak bisa main game dan tidak cocok untuk gamer

Masih kurang? Gamer bisa mendapatkan game dari luar Mac App Store misalnya saja dari Steam. Banyak sekali judul game yang sudah mempunyai versi OS X atau macOS sehingga bisa dimainkan di komputer Mac atau MacBook kamu. Memang, game yang ada di OS X atau macOS masih sangat sedikit jika dibandingkan di Windows. Namun apakah kamu tahu satu hal?

Mac dan MacBook bisa install Windows. Jadi ketika kamu tidak mendapati versi game OS X atau macOS, kamu bisa download versi Windows dan install game Windows ke Mac atau MacBook kamu. Kamu bisa install PES Pro Evolution Soccer atau FIFA 2017 di Mac atau MacBook. Punya OS X atau macOS dan Windows dalam satu Mac, mantap kan bisa gaming di sistem operasi mana saja?

 

Mac Tidak Cocok Untuk Gamer Hanyalah Mitos

Setelah membaca artikel ini, kamu pasti sudah tahu bahwa kamu tetap bisa menikmati game di Mac atau MacBook. Jika ada judul game yang Windows Only, kamu bisa install di Mac atau MacBook dengan dual boot Windows, sedangkan jika ada game macOS atau OS X Only, kamu bisa install di Mac dan MacBook kamu secara langsung.

Hanya saja, hardware Mac atau MacBook kebanyakan masih belum mendukung dedicated graphic sehingga hardware Mac pasti kalah jika dibandingkan dengan PC atau laptop Windows yang sudah menggunakan dedicated graphic. Namun jika tujuan kamu hanyan untuk bermain game tanpa harus mengejar sisi kualitas grafis yang tinggi, Intel Iris Graphic rasanya sudah cukup, apalagi kalau hanya untuk sekedar main PES 2016 di Mac atau MacBook. Hehehe.

Bagaimana? Apa kamu masih galau dengan kualitas gaming Mac dan MacBook dalam bermain game?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!