Benarkah Jumlah Aplikasi Mac Lebih Sedikit dari Windows?

Benarkah Jumlah Aplikasi Mac Lebih Sedikit dari Windows?

0

Cara Membeli Aplikasi dan Permainan di Mac App Store

Beberapa orang bertanya mengapa jumlah aplikasi Mac macOS atau OS X itu lebih sedikit. Apakah benar? Jika jumlah aplikasi Mac lebih sedikit daripada jumlah program Windows, artinya percuma beli Mac yang mahal. Lebih baik membeli komputer Windows daripada Mac. Apakah benar jika membeli Mac itu adalah suatu hal yang percuma?

Artikel ini khusus membahas beragam jawaban dari pertanyaan tentang apakah pengguna Mac OS X atau macOS selalu kekurangan aplikasi, mengapa aplikasi di Mac App Store sangat sedikit, dan apakah pengguna Mac bisa mendapatkan program Windows. Daripada penasaran, yuk baca artikel ini terlebih dahulu.

 

Mengapa Aplikasi Mac App Store Sedikit

Mac App Store adalah pusat distribusi dari semua aplikasi Mac OS X atau macOS Sierra. Bukan cuma aplikasi buatan Apple saja, namun juga aplikasi pihak ketiga. Bahkan jika kamu adalah seorang developer aplikasi, kamu bisa membuat aplikasi Mac lalu kamu upload dan distribusi aplikasi kamu ke Mac App Store.

Pertanyaannya, mengapa aplikasi di Mac App Store sangat sedikit? Seperti yang pernah sudah dibahas di artikel ini -> Mengapa Kamu Tidak Menemukan Aplikasi Favoritmu di Mac App Store, semua aplikasi Mac yang ingin didistribusikan ke Mac App Store harus mematuhi beragam persyaratan dari Apple. Mulai dari keterbatasan aplikasi dalam menggunakan akses root sistem hingga sistem bagi hasil keuntungan antara Apple dengan developer. Hal yang sama juga sebenarnya terjadi di Windows Store.

Jumlah Aplikasi Mac macOS OS X Lebih Sedikit Daripada Windows

Oleh karena itu, lebih banyak developer aplikasi Mac yang menjual aplikasi Mac dari situs pengembang itu sendiri alias di luar App Store. Proses jual beli dan transaksi juga langsung ditangani oleh sang pengembang tanpa ada pihak yang menjembatani karena ada di luar App Store. Inilah sebabnya kamu tidak akan pernah menemukan aplikasi Microsoft Office, Adobe Photoshop, Lightroom, dan aplikasi keren lainnya di Mac App Store.

Baca Juga:

 

Mengapa Aplikasi Mac Lebih Sedikit Dari Pada Program Windows?

Jika kamu bertanya mengapa ada lebih banyak program Windows jika dibandingkan jumlah aplikasi Mac yang sedikit, hal itu sebenarnya tergantung dari developer alias pengembang aplikasi. Ada pengembang aplikasi yang hanya membuat program Windows saja (Contoh: CorelDRAW) namun juga ada developer yang hanya membuat aplikasi eksklusif Mac macOS atau OS X saja (Contoh: Tweetbot, Final Cut Pro, Screenflow, dsb).

Jumlah Aplikasi Mac macOS OS X Lebih Sedikit Daripada Windows

Jika harus membandingkan jumlah aplikasi atau program secara keseluruhan maka jelas program Windows lebih banyak daripada aplikasi Mac OS X atau macOS. Namun itu hanya perbandingan secara keseluruhan. Jika kamu concern kepada fungsi dan aplikasi populer, maka bisa dibilang jumlah aplikasi Mac OS X atau macOS sudah sangat lengkap untuk memenuhi berbagai keperluan.

 

Mac Bisa Install Program Windows

Jika ada program Windows only yang sangat kamu butuhkan dan tidak tersedia di Mac, maka menggunakan opsi dual boot Windows merupakan solusi terbaik yang paling mungkin. (Baca: Beginilah Cara Install Windows Di Mac OS X Dengan Boot Camp)

Sebenarnya kamu juga bisa menggunakan virtual machine, tetapi tentu akan ada kompensasi performa yang harus kamu dapatkan.

Jumlah Aplikasi Mac macOS OS X Lebih Sedikit Daripada Windows

 

Pengguna Mac Tidak Akan Kekurangan Aplikasi

Kesimpulan dari artikel ini adalah, memang jika dilihat dari jumlah secara keseluruhan, aplikasi OS X atau macOS lebih sedikit dari pada Windows. Ini adalah fakta. Namun bukan berarti pengguna Mac akan kekurangan aplikasi, karena sebenarnya hampir semua kebutuhan sudah tersedia aplikasinya, mulai dari desain, video editing, multimedia, office, dsb.

Bahkan karena disediakan opsi yang mudah untuk menginstall Windows melalui BootCamp, kamu juga bisa menginstall program Windows di Mac, termasuk game seperti PES 2016 dan yang lainnya jika memang sangat membutuhkannya.

Jadi masih percaya mitos bahwa pengguna Mac selalu kekurangan aplikasi? Share pendapatmu di kolom komentar ya.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!