SSD MacBook 128GB Sudah Cukup atau Masih Kurang?

SSD MacBook 128GB Sudah Cukup atau Masih Kurang?

0

MacBook memori SSD 128GB Sudah Cukup atau Masih Kurang dan cocok untuk kamu

Mungkin kamu sedang bertanya-tanya, apakah kapasitas SSD 128GB sudah cukup atau masih kurang untuk penggunaan sehari-hari?

MacBook 128GB bisa menjadi salah satu alternatif paling murah. Misalnya saja MacBook Pro Retina 128GB merupakan MacBook Pro paling murah sekarang. Namun apakah saat ini kapasitas memori SSD 128GB masih cukup untuk menyimpan banyak file atau masih kurang banyak? Apakah SSD 128GB tidak terlalu kecil?

Meskipun membeli MacBook Pro Retina sekalipun, jika hanya dengan 128 GB kamu pasti akan merasa kalau kapasitas memori SSD terlalu sedikit dan sangat kecil. Dalam artikel ini akan memberikan beberapa penjabaran singkat buat kamu yang masih galau membeli MacBook 128GB. Apakah MacBook 128GB cocok buat kamu?

 

Penggemar File Multimedia

Buat yang suka banget menyimpan file video film atau movie, jelas 128GB tidak cukup untuk memenuhi kebutuhanmu. Satu file film atau movie bisa berukuran 1GB untuk ukuran standar dan bisa 4GB untuk ukuran HD. 4GB bukanlah ukuran yang sangat kecil. Jika kamu menyimpan semua video film atau movie di dalam memori SSD 128 GB, kira-kira kamu hanya bisa menyimpan maksimal 32 movie saja.

Ini hanya perkiraan saja. Faktanya hanya sekitar 120GB yang bisa kamu gunakan. Setiap movie juga bisa berukuran lebih dari 4GB. Jadi ya kalau mau dikira-kira, hanya 20 movie saja yang bisa kamu simpan, dalam artian kamu tidak install beragam aplikasi dan program seperti Microsoft Office dan beragam aplikasi penting lainnya.

Baca Juga :

 

Editing Video

Jika kamu sangat suka sekali melakukan edit video dengan MacBook, kamu bisa melakukannya dengan sangat nyaman. Berbekal spesifikasi yang bagus dan SSD yang super cepat, kinerja MacBook dalam editing video secara teori bisa dibilang cukup bagus, dan lebih bagus jika dibandingkan dengan kebanyakan komputer PC atau laptop rata-rata.

Namun kemudahan dan kehebatan MacBook dalam urusan editing video bisa saja terganggu jika kamu hanya mempunyai 128 GB saja. MacBook 128GB jelas bukanlah pilihan terbaik jika kamu sering sekali melakukan kegiatan editing video yang jelas sekali membutuhkan storage besar.

Belum lagi ukuran beragam software editing video yang ukurannya sangat besar hingga bisa puluhan GB. Tentu saja kapasitas SSD 128GB sangat kurang dan tidak akan cukup memenuhi kebutuhan kamu. Jelas MacBook 128GB terlalu kecil dan tidak cocok buat kamu.

 

Dual Boot Windows di MacBook 128GB

Mau install Windows 10 Dual Boot di MacBook 128GB dengan Boot Camp? Kamu perlu kapasitas MacBook yang lebih besar daripada 128GB. Meskipun Windows 10 membutuhkan sekitar 20GB untuk proses install, pengaturan Boot Camp memberikan persyaratan minimal 50GB untuk membuat partisi Windows.

MacBook memori SSD 128GB Sudah Cukup atau Masih Kurang dan cocok untuk kamu

Jika kamu memiliki MacBook 128GB dan ingin melakukan dual boot Windows dengan OS X atau macOS Sierra, kamu akan mendapatkan sekitar 50GB untuk Windows dan 70GB untuk OS X atau macOS. Untuk saya sih ini termasuk sangat kurang.

 

Developer Web dan Aplikasi

Apakah MacBook SSD sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu sebagai Web dan App Developer? Sebagai acuan saja, saya menginstall beragam tool dan IDE seperti Android Studio, Xcode, NetBeans, Visual Studio Code, dan beragam tool lainnya.

MacBook memori SSD 128GB Sudah Cukup atau Masih Kurang dan cocok untuk kamu

Kamu bisa lihat bagaimana besarnya kapasitas masing-masing aplikasi tersebut, yang tentu saja 128GB akan terasa kurang.

 

Tips Menghemat SSD 128GB

Buat kamu yang berencana membeli MacBook 128GB, kamu bisa memaksimalkan penggunaan SSD 128 GB tersebut agar senantiasa bisa cukup. Salah satunya yang paling jelas adalah membeli penyimpanan eksternal seperti Harddisk Eksternal yang berkapasitas besar. Kamu bisa simpan semua file yang tidak terlalu penting di harddisk eksternal tersebut, sedangkan file penting dan aplikasi disimpan saja ke SSD MacBook.

Kamu tentu saja bisa membeli SSD Eksternal yang jauh lebih baik daripada Harddisk karena menawarkan kecepatan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan harddisk. Namun harganya yang jauh lebih mahal dari harddisk membuat SSD tidak terlalu disarankan jika prioritasmu adalah sebagai media penyimpanan.

Baca Juga :

Kamu juga bisa memanfaatkan tweak untuk menambah kapasitas kosong SSD MacBook kamu agar punya cukup ruang kosong dengan beberapa cara berikut -> SSD Mulai Penuh? Ini Cara Menambah SSD Free Storage MacBook di macOS Sierra.

 

Bagaimana? Kamu berniat membeli MacBook dengan SSD 128GB? Galau dengan MacBook 128GB yang punya kapasitas SSD terlalu kecil? Ceritakan keluh kesah dan kegalauan kamu di kolom komentar ya atau follow kita di Twitter di bawah ini 😀

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!