Apakah macOS Lebih Aman dan Tidak Bisa Terkena Virus?

Apakah macOS Lebih Aman dan Tidak Bisa Terkena Virus?

0

Mac OS X dan macOS lebih Aman dari Windows dan Tidak Bisa Kena Virus

Mac lebih aman dan tidak bisa kena virus? Benarkah demikian?

Kamu pasti pernah berpikir  bahwa Mac atau MacBook yang menggunakan sistem operasi OS X atau macOS tidak bisa terkena virus dan jauh lebih aman daripada Windows. Apakah benar demikian? Lalu mengapa ada banyak sekali aplikasi antivirus untuk Mac OS X dan macOS?

Artikel ini akan menjelaskan beberapa alasan mengapa OS X atau macOS bisa membuat mitos bahwa Mac tidak bisa kena virus dan mengapa Windows lebih rentan dan mudah kena virus jika dibandingkan dengan komputer Mac.

 

OS X dan macOS Lebih Aman

Secara umum, sistem operasi OS X dan macOS ini memang lebih aman dibandingkan dengan sistem operasi Windows. Apple sudah sangat jelas memberikan detail keamanannya di situs web resminya. Dengan banyaknya fitur keamanan tersebut, wajar jika Mac lebih aman dari virus jika dibandingkan dengan Windows.

Sebaliknya, meskipun Windows 10 sudah dilengkapi dengan Windows Defender dan beragam peningkatan keamanan lain, tetapi banyaknya jumlah pengguna, terlebih di kalangan enterprise, tetap membuatnya tidak bisa lepas sebagai target utama para attacker.

 

Pangsa Pasar Mac Jauh Lebih Sedikit

Dengan pangsa pasar Mac yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan pangsa pasar komputer Windows membuat target untuk virus tersebut juga otomatis semakin kecil. Pembuat virus pasti akan memprioritaskan platform yang bisa memberikan lebih banyak keuntungan daripada harus bekerja keras untuk sesuatu yang kurang menguntungkan.

Sebaliknya, Windows memiliki pangsa pasar yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan pangsa pasar OS X maupun macOS. Terlebih Windows juga menjadi OS populer di berbagai perusahaan, bank, perkantoran, dan kalangan enterprise lainnya. Pembuat virus pasti bisa membuat lebih banyak keuntungan jika targetnya banyak jika dibandingkan dengan platform yang target sasarannya lebih sedikit.

 

Attacker Tidak Membuat Virus untuk Mac

Kedua alasan sebelumnya sudah cukup bagi pembuat virus untuk tidak terlalu fokus pada platform yang kurang menguntungkan dan fokus pada platform yang jauh lebih menguntungkan. Dengan demikian, sangat sedikit virus yang memang didesain dan diciptakan untuk menyerang komputer Mac dan sistem operasi OS X atau macOS.

Meskipun demikian, kamu tetap tidak boleh lengah karena bisa saja sebuah virus kecil menyusup ke Mac kamu dan membuat sistem operasi OS X atau macOS menjadi bermasalah.

 

Ya, Mac Bisa Terkena Virus

Dan ya..Mac bisa terkena virus. In fact, sistem operasi apapun memang bisa terkena virus, tidak terkecuali OS X atau macOS.

Beberapa tahun lalu, Trojan Flashback memanfaatkan celah keamanan Java dan menginfeksi lebih dari 600.000 Mac, sekitar 1 persen dari jumlah pengguna Mac kala itu. Kamu bisa membaca detailnya di halaman Apple. Ini membuktikan tidak ada sistem operasi yang 100% kebal dari serangan virus.

Oleh karenanya, tidak ada salahnya memasang aplikasi atau program antivirus di Mac kamu untuk mencegah Mac terkena virus. (Baca: Antivirus Terbaik untuk Mac OS X dan macOS Sierra)

Plus jangan sembarangan menggunakan aplikasi, terutama dari sumber yang kurang bisa dipercaya keamanannya.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!