Apa MacBook Air RAM 4GB 128GB Cukup Untuk Kerja Berat?

Apa MacBook Air RAM 4GB 128GB Cukup Untuk Kerja Berat?

0

MacBook Air RAM 4GB SSD 128GB Cukup Cepat Tidak Lambat Lemot

Apakah MacBook Air RAM 4GB 128GB Cukup Untuk Kerja Berat?

MacBook Air bisa menjadi pilihan hemat dan murah buat kamu yang ingin membeli laptop atau komputer Mac dengan uang dan budget terbatas. Seri paling murah MacBook saat ini adalah MacBook Air dengan model RAM 4GB dan penyimpanan SSD 128GB. Apakah MacBook Air paling murah ini cukup bagus untuk membuka aplikasi buat pekerjaan berat dan kegiatan sehari-hari?

Sebenarnya tidak pernah ada masalah kinerja yang serius untuk sebuah produk komputer atau laptop dengan RAM 4GB. Standar RAM minimal saat ini memang serba 4 GB. Tidak heran jika banyak orang langsung upgrade RAM 4GB ke 8GB agar kinerjanya tidak lambat dan berat karena menjalankan banyak aplikasi. Sayangnya, MacBook Air tidak bisa upgrade RAM. Artinya, RAM di MacBook Air tidak bisa ditambah.

Hal inilah yang semakin membuat banyak orang menjadi galau untuk beli MacBook Air RAM 4GB. Akankah RAM 4GB kinerjanya lambat dan lemot? Apakah RAM 4GB cukup cepat dalam menangani semua aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari hingga melakukan kerja dan pekerjaan berat? Apakah RAM 4GB kurang? Artikel ini paling tidak akan memberikan sedikit pencerahan untuk kamu yang galau membeli MacBook Air yang hanya punya memori RAM 4 GB.

Baca Juga : 

 

MacBook RAM 4GB Cukup Bagus?

Dukungan RAM 4GB saat ini merupakan standar minimal untuk bisa menjalankan beragam fungsi dan aplikasi agar bisa bekerja dengan nyaman dan tidak lambat. Mungkin ketika masih OS X Yosemite atau bahkan seri OS X yang lebih tua seperti Maverick , RAM 4GB masih dianggap lebih dari cukup. Dengan hadirnya beragam fitur baru di OS X El Capitan hingga macOS Sierra, kebutuhan akan memori RAM semakin besar.

MacBook Air RAM 4GB SSD 128GB Cukup Cepat Tidak Lambat Lemot

Tidak heran jika model MacBook 12” atau yang lebih dikenal dengan nama New MacBook pada akhirnya diberi dukungan RAM 8GB. Hal ini tentu saja untuk mengimbangi beragam fungsi, aplikasi, dan fitur baru seperti layar Retina dan lain-lain agar kinerjanya tidak lambat. Beberapa waktu berikutnya, MacBook Air juga diupdate ke RAM 8GB untuk model terbaru tahun 2015 meskipun tidak ada perubahan hardware berarti lainnya.

MacBook Air kinerjanya cukup cepat dan tidak ada masalah untuk membuka banyak program. Aplikasi Mail, Safari, Microsoft Office, dan banyak aplikasi bisa dibuka dengan lancar tanpa ada masalah kinerja yang berat dan lemot. Jadi kamu tidak perlu meragukan kapasitas memori RAM di MacBook Air.

Sejauh ini, MacBook dengan RAM 4GB kinerjanya juga tidak terlalu berbeda dengan laptop atau komputer PC Windows yang punya RAM 4 GB. Tentu karena kualitas hardware dan software MacBook berbeda dengan PC, kualitas kinerjanya juga sedikit berbeda. MacBook RAM 4GB cenderung lebih stabil dan tahan dengan pekerjaan berat seperti kegiatan editing video dan rendering, development Android Studio plus Emulator dan Xcode plus Simulator iOS.

MacBook Air juga sama dengan MacBook lainnya, yaitu bisa install Windows dan dual boot dengan Windows bersamaan dengan macOS atau OS X. Kinerja Windows di MacBook Air RAM 4GB juga tidak terlalu berbeda dengan laptop dengan RAM 4 GB lainnya. Hanya saja kualitas hardware dan driver Apple yang rajin mendapat update membuat MacBook Air bahkan bisa menjalankan Windows lebih baik daripada laptop atau PC Windows.

Meskipun demikian, jangan bandingkan dengan MacBook Pro Retina yang memiliki RAM 8GB dan prosesor yang lebih kencang. Setidaknya MacBook Air RAM 4GB kinerjanya lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan laptop atau komputer PC Windows dengan spesifikasi yang sama dalam menjalankan banyak aplikasi. Ditambah lagi dengan dukungan SSD yang membuat segala read and write data dan file menjadi lebih cepat dan stabil.

 

MacBook Storage 128GB Cukup Banyak?

Untuk masalah kualitas storage di MacBook Air 128GB ini bisa dibilang sangat bagus, apalagi dengan teknologi flash storage alias SSD ini membuat segala transfer data bisa menjadi lebih cepat, lebih efisien, dan lebih hemat energi baterai. Nah buat kamu yang berencana untuk membeli MacBook dengan kapasitas 128GB, mungkin akan berpikir apakah 128GB cukup untuk menyimpan semua file? Penyimpanan SSD 128GB kurang banyak?

Untuk masalah ini, hanya kamu yang bisa menjawabnya. Hal ini karena tidak semua orang mempunyai kebiasaan dan kebutuhan yang sama. Buat kamu yang suka menyimpan film atau movie dan file multimedia lainnya dalam jumlah besar, tentu saja 128GB kurang cukup. Jika hanya untuk kebutuhan development aplikasi seperti Android Studio dan Xcode ya sudah cukup untuk install Android Studio dan Xcode lengkap dengan simulator, dokumentasi dan API Reference.

Kamu bisa baca artikel selengkapnya tentang MacBook SSD 128GB di sini -> Apakah Memori SSD MacBook 128GB Sudah Cukup Untuk Kamu atau Masih Kurang?

Bagaimana? Ada lagi hal yang membuat kamu galau MacBook Air RAM 4GB 128GB? Tanyakan saja ke komentar atau follow dan tanya ke kami via Twitter ya 😀

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!