Meningkatkan Kinerja Mac yang Lambat Setelah Upgrade macOS Sierra

Meningkatkan Kinerja Mac yang Lambat Setelah Upgrade macOS Sierra

0

Meningkatkan Kinerja Mac yang Lambat Setelah Upgrade macOS Sierra

Bagaimana cara meningkatkan kinerja Mac setelah upgrade macOS Sierra?

Mac atau MacBook kamu terasa lambat? Ingin meningkatkan kinerja Mac setelah upgrade macOS Sierra? Yup, kamu bisa meningkatkan kinerja Mac yang lambat setelah upgrade macOS. Dengan demikian, Mac akan kembali memiliki kinerja yang cepat dan lancar.

Beberapa tips berikut ini bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kinerja Mac dan MacBook kamu yang lambat dan lemot setelah upgrade macOS Sierra. Sehingga kamu bisa menggunakan dan merasakan Mac atau MacBook kamu semakin cepat dan mulus dalam menjalankan sistem operasi macOS Sierra.

 

Update Aplikasi dan Software

Ketika macOS Sierra sudah terinstal di Mac dan MacBook milikmu, itu artinya semua aplikasi dan software yang berjalan juga harus bisa kompatibel dengan sistem operasi macOS Sierra. Jika ada aplikasi dan software yang tidak kompatibel penuh namun dipaksa berjalan di macOS Sierra, maka bisa saja aplikasi tersebut mempengaruhi kinerja sistem operasi macOS Sierra secara keseluruhan dan membuat macOS Sierra lambat.

Jika aplikasi yang didownload dari App Store maka kamu bisa dengan sangat mudah melakukan update aplikasi karena cukup buka Mac App Store lalu unduh saja aplikasi yang diperbarui tersebut. Semua aplikasi dan software yang butuh update bisa ditemui di bagian tab Update.

Untuk aplikasi yang tidak didownload dari Mac App Store, ada beberapa cara untuk melakukan download update. Jika aplikasi memiliki fitur update dari aplikasi maka kamu bisa langsung update tanpa harus download manual dari website developer.

 

Hapus Aplikasi yang Bermasalah

Terkadang kamu harus menunggu sebuah update dari aplikasi karena aplikasi tersebut tidak bisa digunakan di macOS Sierra. Muncul banyak sekali pesan error atau bahkan aplikasi tidak dapat dibuka di macOS Sierra sama sekali. Jika masih belum ada update dari developer, maka mau tidak mau kamu harus menghapus aplikasi tersebut atau mencari aplikasi alternatif lain yang bisa bekerja dengan baik dan tidak melambat di macOS Sierra.

 

Bersihkan Cache

Banyak sekali sampah yang sudah tidak terpakai di dalam sistem hanya akan membuat memori penyimpanan kamu habis dan memperlambat kinerja macOS Sierra. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk menghapus semua cache jika setelah upgrade macOS Sierra dari OS X El Capitan malah membuat Mac atau MacBook kamu lambat dan lemot.  Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang bisa menghapus beragam sampah dan cache seperti CleanMyMac. Baca-> Review CleanMyMac aplikasi pembersih Mac terbaik.

 

Upgrade RAM Mac dan SSD

Jika Mac kamu mengalami penurunan kinerja atau menjadi sangat lambat di macOS Sierra, coba pertimbangkan untuk membeli RAM tambahan yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kinerja Mac. RAM 8 GB sangat disarankan untuk menjalankan macOS Sierra agar kinerjanya menjadi lebih baik. RAM 4 GB sebenarnya sudah cukup baik namun akan lebih baik lagi jika upgrade RAM hingga 8 GB.

Untuk pengguna Mac atau MacBook yang masih menggunakan harddisk drive alias HDD, sangat disarankan untuk melakukan upgrade ke SSD. Hal ini tentu saja tidak wajib apalagi jika budget kamu terbatas. Hal ini karena upgrade ke SSD biayanya jauh lebih mahal dibandingkan jika harus upgrade RAM. Meskipun demikian, upgrade SSD menawarkan peningkatan kinerja yang juga sangat signifikan.

 

Downgrade macOS ke OS X El Capitan

Jika kamu merasa OS X El Capitan dulu kinerja Mac masih cukup cepat, kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan downgrade macOS Sierra ke OS X El Capitan. Hal ini tentu saj cukup logis jika kamu masih mengandalkan Mac untuk bekerja yang membutuhkan performa tinggi, dan juga bekerja dengan banyak aplikasi sedangkan aplikasi yang kamu gunakan belum optimal di macOS Sierra. (Baca: Cara Downgrade macOS Sierra ke OS X El Capitan)

Itu tadi adalah beberapa tips untuk meningkatkan kinerja Mac yang lambat setelah upgrade macOS Sierra. Bagaimana? Ada saran lainnya?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!