Tips Membeli iPhone Online Agar Tidak Tertipu dan Menyesal

Tips Membeli iPhone Online Agar Tidak Tertipu dan Menyesal

0

Tips Membeli iPhone Online Agar Tidak Tertipu dan Menyesal

Membeli iPhone secara online akhir-akhir ini mulai meningkat di Indonesia. Apalagi semenjak iPhone 6S, iPhone SE, dan iPhone 7 masih belum dirilis resmi di Indonesia dan belum tersedia di reseller Apple Indonesia seperti iBox dan lain-lain. Namun jika kamu lihat para penjual online, sudah banyak yang menjual iPhone secara online. Bahkan iPhone 6S dan iPhone 7 bisa dibeli secara online.

Buat kamu yang berencana mau beli iPhone online, pastikan kamu untuk jeli agar tidak tertipu dan menyesal beli iPhone online. Memang tidak semua penjual iPhone online adalah penipu, namun tidak ada salahnya tetap waspada agar tidak ada pihak yang dirugikan, khususnya pembeli iPhone untuk lebih jeli lagi terkait produk iPhone yang hendak dibelinya.

Lihat Reputasi Toko Online iPhone

Hal pertama dalam memilih membeli iPhone dari toko online adalah tentang reputasi toko online tersebut. Biasanya kamu bisa dengan mudah menilai reputasi sebuah toko online yang jual iPhone dari nama tokonya saja. Toko iPhone yang terpercaya pastinya sangat terkenal dan sangat mudah mendengar namanya di dunia nyata maupun di dunia maya.

Bagaimana jika ini adalah pertama kali membeli iPhone online dan membeli dari toko yang kamu belum pernah mendengarnya? Bagaimana mencari tahu suatu toko online yang jual iPhone adalah toko yang bagus dan terpercaya? Memang sih tidak semudah kelihatannya. Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan toko online untuk memilih beli iPhone agar tidak tertipu dan menyesal kemudian.

Hal termudah adalah lihat ulasan atau review dari pelanggan toko tersebut. Pelanggan yang baik adalah pelanggan yang memberikan review terhadap sesuatu yang pernah dibeli di toko online. Meskipun review bisa saja menipu, tidak ada salahnya untuk dicoba kan? Lihat juga rata-rata rating dan nilai dari toko online tersebut. Lihat juga jumlah rating yang diberikan. Rating toko online yang “hanya” 4.5 dengan 1000 review / ulasan jelas lebih bagus daripada toko dengan rating 5.0 dari satu ulasan.

Jangan lupa juga untuk mencari informasi terkait pelayanan yang ditawarkan toko tersebut seperti klaim garansi, apa saja yang termasuk garansi, hingga pengembalian iPhone jika iPhone rusak atau cacat. Gali semua informasi yang kamu anggap penting agar tidak tertipu atau menyesal beli iPhone online.

Baca -> Cara Mencari Toko Terbaik untuk Membeli iPhone.

iPhone Baru vs iPhone Bekas

Setelah memutuskan untuk membeli iPhone di suatu toko online, maka selanjutnya adalah memutuskan untuk membeli iPhone baru atau iPhone bekas. Kamu harus jeli dalam melihat informasi yang disediakan oleh penjual online tersebut agar tidak ketipu. Bisa saja kamu membeli iPhone murah dan ternyata iPhone tersebut adalah iPhone bekas.

Memilih iPhone yang akan dibeli juga sangat penting agar tidak menyesal kemudian. iPhone baru jelas harganya lebih mahal dibandingkan dengan iPhone bekas. Buat kamu yang ingin membeli iPhone bekas, sebaiknya beli iPhone dengan cara COD saja alias bertemu langsung dengan penjual iPhone. Karena dengan COD jelas akan lebih jelas kondisi iPhone karena kamu bisa cek iPhone langsung daripada beli iPhone online yang rawan penipuan.

Baca -> Tips Membeli iPhone bekas, iPad dan produk Apple lainnya 

iPhone Refurbish vs iPhone Rekondisi

Meskipun iPhone yang kamu beli adalah iPhone baru, kamu harus tahu juga apakah iPhone yang dijual tersebut adalah iPhone yang memang benar-benar baru atau baru tetapi iPhone refurbish. Bingung? Tidak perlu bingung karena iPhone refurbish sebenarnya adalah iPhone baru yang layak untuk dibeli karena masih sesuai dengan standar kualitas Apple.

Yang harus kamu hindari adalah membeli iPhone rekondisi. Jelas saja, iPhone rekondisi itu berbeda dengan iPhone Refurbished. Bisa dikatakan bahwa iPhone rekondisi adalah iPhone bekas yang dijual lagi setelah diperbaiki dan dirombak oleh orang lain (bukan Apple) layaknya sebuah iPhone baru. Jelas kualitas iPhone rekondisi jauh di bawah standar Apple.

Cukup banyak yang ketipu dan menyesal beli iphone online. Mereka tertipu dengan keterangan iPhone refurbished dengan iPhone rekondisi. Agar kamu tidak ditipu dan mencegah penipuan, tentu saja kamu harus tahu lebih lanjut tentang perbedaan iPhone refurbish dan iPhone rekondisi.

Baca -> Perbedaan iPhone Refurbished dan iPhone Rekondisi dan 5 Fakta iPhone Refurbish.

Garansi Resmi dengan Garansi Distributor

Ini juga tidak boleh diabaikan adalah masalah garansi iPhone. Jika kamu beli iPhone di toko online biasanya kamu akan menemukan foto-foto iPhone dengan kotak dan keterangan yang diberi label seperti iPhone B-Cell, iPhone The One, iPhone Platinum, iPhone Bless, iPhone TAM / SES dan lain-lain. Perlu kamu ketahui bahwa biasanya iPhone tersebut menggunakan garansi distributor.

Sudah biasa jika kamu beli iPhone online dan menemukan ada beragam keterangan yang sangat tidak umum. Akan ada keterangan iPhone B-Cell atau iPhone Platinum, iPhone The One atau iPhone TAM / SES. Padahal jika kamu membeli iPhone di reseller Apple resmi seperti iBox tidak akan pernah ada keterangan seperti itu. Garansi yang diberikan oleh reseller resmi Apple seperti iBox adalah garansi resmi Apple dan bukan garansi distributor atau garansi toko.

Untuk garansi distributor memang setiap orang punya pengalaman yang berbeda-beda. Ada yang pernah beli iPhone B-Cell atau iPhone The One , iPhone TAM dan Platinum atau distributor lain. Kamu bisa mencari beragam informasi pengalaman tersebut di berbagai sumber di Internet.

Siapa tahu kamu akan menemukan iPhone 7 atau iPhone 7 plus yang dijual dengan harga murah dan ternyata garansinya tidak jelas atau bahkan tidak ada. Jangan sampai kamu tertipu dan menyesal dengan keterangan garansinya. Untuk mengetahui perbedaan garansi resmi dengan garansi distributor iPhone bisa kamu baca di sini -> Perbedaan Garansi Resmi Apple dengan Garansi Distributor iPhone.

iPhone Garansi Internasional

Sekali lagi, iPhone tidak pernah ada versi garansi resmi Apple  yang statusnya Internasional. Garansi resmi iPhone hanya berlaku di satu negara saja. Misalnya jika sebuah iPhone yang hanya memang dijual resmi di Indonesia ya klaim garansi hanya bisa di Indonesia. Jika suatu iPhone adalah produk yang memang ditujukan untuk dijual di Singapura ya hanya bisa klaim garansi di Singapura saja.

Salah satu produk Apple yang benar-benar menggunakan garansi resmi adalah MacBook. Artinya jika kamu membeli MacBook di Indonesia maka kamu bisa klaim garansi di negara lain selain Indonesia. Jadi jangan sampai tertipu dengan keterangan “iPhone Garansi Internasional” ya 😀

Baca -> Informasi tentang garansi internasional iPhone Indonesia.

Harga iPhone Murah dan Kualitas Bagus?

Memang tidak mudah untuk mencari iPhone murah namun memiliki kualitas yang bagus. Meskipun begitu kamu masih bisa untuk mencarinya jika beruntung. Kamu bisa memanfaatkan promo, diskon, dan beragam tawaran lain untuk membeli iPhone. Bahkan tidak jarang pembeli online iPhone mendapatkan potongan harga diskon khusus. Jadi kamu harus jeli melihat setiap peluang yang ada.

Misalnya saja iPhone 7 di Indonesia memang belum dirilis namun sudah banyak sekali toko online yang menjual iPhone 7. Kamu bisa baca artikel ini untuk mengetahui spesifikasi dan harga iPhone 7 serta beberapa toko online iPhone 7 -> Spesifikasi & Harga iPhone 7 dan 7 Plus di Indonesia

Baca Juga -> Mendapatkan iPhone dengan harga murah dan berkualitas bagus.

Nah setelah membaca beberapa tips berikut, apakah kamu berniat untuk membeli iPhone dengan cara online? Masih takut penipuan online? Punya pengalaman tertipu membeli iPhone online? Yuk share ke kolom komentar

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!