Tips Cara Menghemat Baterai MacBook setelah Upgrade macOS Sierra

Tips Cara Menghemat Baterai MacBook setelah Upgrade macOS Sierra

0

Cara Hemat Baterai Boros MacBook macOS Sierra

Baterai MacBook kamu boros setelah update macOS Sierra?

Banyak sekali kabar yang menyebutkan bahwa setelah update OS X ke macOS Sierra, baterai MacBook menjadi boros. Padahal saat masih OS X El Capitan baterai MacBook masih bagus dan sangat hemat baterai. Apakah benar macOS Sierra itu menyebabkan boros baterai di MacBook?

Sebenarnya hal ini masih tergolong wajar untuk sebuah OS baru yang juga baru diinstall di mesin MacBook. Beberapa proses diperlukan untuk menyelesaikan upgrade. Beberapa proses tersebut bisa dilakukan di latar belakang alias background process. Tentu saja proses ini membutuhkan energi baterai yang sangat besar yang membuat baterai MacBook macOS menjadi boros.

Ada beberapa pilihan yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah baterai boros di macOS Sierra. Dengan beberapa cara berikut, kamu bisa membuat baterai macOS Sierra MacBook menjadi lebih hemat.

 

Tunggu Beberapa Saat

Terdengar aneh? Memang sih. Namun terkadang kamu tidak perlu melakukan apa-apa untuk memperbaiki masalah baterai MacBook di macOS Sierra. Yang perlu kamu lakukan adalah menunggu hingga semua proses upgrade macOS Sierra selesai. Bisa jadi ketika macOS Sierra sudah terinstal, masih ada background process update yang berlangsung. Jadi tunggu saja beberapa saat hingga kondisi MacBook sudah stabil dan baterai yang boros menjadi hemat seperti normal kembali.

 

Pantau Aplikasi yang Boros Baterai

Ada beberapa aplikasi yang belum dioptimalkan untuk macOS Sierra. Jika aplikasi tersebut mengganggu kinerja MacBook bahkan hingga membuat baterai menjadi semakin boros, kamu bisa menghapus aplikasi tersebut untuk membuat baterai MacBook lebih hemat.

Cara Hemat Baterai Boros MacBook macOS Sierra

Untuk melakukan cek aplikasi yang menghabiskan daya baterai sangat besar, kamu bisa melihatnya dengan cara klik ikon baterai di Menulets. Jika ada aplikasi yang tidak kamu gunakan tetapi muncul sebagai aplikasi yang menggunakan daya baterai paling besar, maka hapus saja aplikasi tersebut.

 

Low Power Mode macOS Sierra

Jika kamu masih merasa baterai MacBook boros setelah upgrade OS X ke macOS Sierra, kamu bisa gunakan fitur Low Power Mode di macOS Sierra. Apakah macOS hadir dengan fitur Low Power Mode seperti di iOS 9 dan iOS 10? Tidak. Kamu memerlukan aplikasi tambahan untuk menggunakan Low Power Mode macOS Sierra. Aplikasi yang bisa kamu coba bernama Endurance.

Informasi lebih lanjut tentang Low Power Mode macOS Sierra bisa kamu lihat di sini -> Endurance, aplikasi Low Power Mode di macOS Sierra.

 

Restart MacBook

Sudah coba beberapa tips cara hemat baterai MacBook setelah upgrade OS X ke macOS Sierra namun masih saja baterai MacBook boros? Mungkin kamu bisa coba untuk restart MacBook kamu. Tidak ada salahnya melakukan restart untuk membuat sistem operasi macOS Sierra menjadi segar kembali. Namun jika setelah restart macOS Sierra masih belum bisa membuat baterai MacBook lebih hemat, kamu bisa coba install ulang MacBook kamu.

 

Install Ulang MacBook

Ini adalah salah satu cara yang cukup direkomendasikan untuk membuat baterai MacBook yang boros menjadi hemat. Selain membuat sistem operasi kembali menjadi seperti baru, install ulang juga akan membuat semua masalah dan bug macOS Sierra menjadi hilang semua. Sama seperti PC atau laptop Windows yang setelah selesai install ulang langsung terasa seperti baru lagi, termasuk juga baterai akan menjadi lebih hemat.

Untuk informasi lengkap mengenai bagaimana cara install ulang MacBook dengan macOS Sierra kamu bisa buka artikel berikut ini -> Cara Install Ulang MacBook macOS Sierra.

 

Downgrade macOS Sierra ke OS X El Capitan

Masalah macOS Sierra boros baterai masih belum selesai? Tenang, kamu masih bisa mencoba opsi terakhir, yaitu downgrade dari macOS Sierra ke OS X El Capitan lagi. Cara termudah dan tidak butuh internet ya tentu saja downgrade macOS dari Time Machine. Dengan melakukan downgrade, ada kemungkinan kamu bisa membuat baterai MacBook menjadi lebih hemat

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara downgrade macOS Sierra ke OS X El Capitan bisa kamu baca di sini -> Cara downgrade macOS Sierra ke OS X El Capitan.

 

Hubungi Apple.

Jika sudah mencoba beragam cara untuk menghemat baterai Macbook tetapi baterai MacBook masih tetap saja boros, kamu mungkin harus memikirkan opsi untuk memeriksakannya ke Service Center resmi Apple. Di Indonesia cukup banyak Apple Premium Reseller yang menyediakan perbaikan produk Apple. Service center ini resmi karena memang bekerja sama dengan Apple.

Untuk informasi mengenai tempat perbaikan dan tempat reparasi resmi MacBook terpercaya di Indonesia bisa kamu lihat di sini -> Mencari service center resmi untuk perbaiki dan reparasi MacBook.

 

Bagaimana? Apa kamu punya tambahan tips lain untuk menghemat baterai MacBook setelah upgrade macOS Sierra? Jika ada silahkan bagikan di kolom komentar.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!