Apa Itu Handoff dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Apa Itu Handoff dan Bagaimana Cara Menggunakannya

1

Apa Itu Handoff dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Pernahkah kamu ingin bisa melakukan banyak aktivitas di sebuah perangkat iDevice? Banyak yang bisa dilakukan oleh perangkat iDevice, seperti menulis email, browsing dengan Safari, hingga membuat dokumen dengan menggunakan iWork. Namun, bagaimana caranya mengerjakan semuanya di banyak perangkat yang berbeda?

Handoff adalah fitur yang bisa mengakomodasi semua keperluan tersebut. Dengan handoff, kita bisa mengerjakan banyak hal dan bisa dilanjutkan di perangkat yang berbeda. Misalnya kita membuat email di iPad, namun kita ingin melanjutkannya di iPhone, kita cukup memanfaatkan fitur Handoff untuk melanjutkannya di iPhone. Atau membuat sebuah dokumen di iPhone lalu melanjutkannya di komputer Mac? Bisa.

Mengaktifkan Handoff

Untuk mengaktifkan handoff, kita masuk dulu ke Setting lalu masuk ke General. Pilih pilihan Handoff lalu aktifkan handoff. Dengan demikian, fitur handoff sudah aktif. Agar kita bisa memanfaatkan handoff ke perangkat lain, kita juga harus mengaktifkan handoff tersebut di perangkat itu. Semua perangkat iOS dan OS X mendukung Handoff

Baca Juga:  Review: Apple Maps vs Google Maps, Siapa yang Lebih Baik?

Apa Itu Handoff dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Karena Handoff membutuhkan koneksi peer-to-peer ke perangkat Apple lainnya layaknya AirDrop, maka kita harus login di akun iCloud yang sama untuk setiap perangkat. Jangan lupa untuk mengaktifkan sambungan nirkabel seperti bluetooth dan Wifi di semua perangkat yang diinginkan.

Menggunakan Handoff

Belum banyak aplikasi yang sudah mendukung fitur handoff ini. Aplikasi yang sejauh ini sudah pernah saya pakai hanyalah Mail, Pesan, Safari, dan iWork (Pages, Numbers, Keynotes).

Apa Itu Handoff dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Untuk menggunakannya pun cukup sederhana. Misalnya saja kita membuat email di iPhone dengan aplikasi Mail biasa, kita tinggal buka iPad, lalu pada bagian kiri bawah terdapat logo aplikasi yang siap digunakan untuk handoff. Tinggal tap logo tersebut dan geser ke atas, maka semua data yang ada di iPhone akan dipindah ke iPad. Begitu juga dengan aplikasi Safari, iWorks, dan lain-lain.

Baca Juga:  3 Aplikasi Wajib untuk Merawat dan Membersihkan Mac

Bagaimana? Cukup mudah kan? Apakah kamu menggunakan Handoff sebagai sebuah kebutuhan?