Cara Menghemat Baterai MacBook untuk Pengguna Google Chrome

Cara Menghemat Baterai MacBook untuk Pengguna Google Chrome

0

Menghemat Baterai Laptop Windows dan MacBook Google Chrome

Siapa sih yang tidak kenal Google Chrome? Chrome sering digadang – gadang sebagai browser terbaik dan ada di Windows dan juga Mac. Meskipun demikian, Google Chrome memang terkenal sebagai browser yang cukup membuat boros baterai laptop termasuk juga baterai MacBook. Oleh karena itu tidak heran jika Google Chrome sering di-bully dengan sebutan browser boros baterai.

Karena beragam kemampuannya itulah, membuat banyak orang menjadi susah untuk beralih ke browser lain selain Google Chrome. Buat kamu yang merupakan pengguna setia Google Chrome atau bahkan fanboy Google Chrome, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini untuk bisa menghemat baterai laptop agar baterai laptop tidak boros.

Baca Juga : 

Update Google Chrome

Versi terbaru Google Chrome biasanya selalu memberikan perbaikan dan penambahan fitur baru. Update Google Chrome terbaru diklaim bisa membuat baterai laptop lebih hemat dan tidak boros baterai, termasuk juga menghemat baterai MacBook. Selain kemampuan terbaru dalam hal menghemat baterai laptop, penambahan fitur jelas menjadi keistimewaan tersendiri bagi kamu yang memang suka dengan peningkatan fitur baru. So, update terus Google Chrome secara berkala ya.

Matikan Ekstensi yang Tidak Diperlukan

Google Chrome mendukung penggunaan ekstensi yang memungkinkan kita bisa menambah kemampuan dan fitur baru Google Chrome. Misalnya saja AdBlock untuk memblokir semua iklan dan juga Data Saver untuk menghemat penggunaan data di Google Chrome. Namun tidak semua ekstensi itu tidak kamu gunakan setiap saat. Oleh karena itu, matikan saja ekstensi yang tidak kamu gunakan agar baterai tidak boros. Hapus juga ekstensi yang memang tidak pernah kamu gunakan dan tidak penting. Menghapus ekstensi Google Chrome bisa menghemat baterai laptop dan juga MacBook.

Jangan Buka Terlalu Banyak Tab

Membuka banyak sekali tab juga bisa membuat baterai boros. Ini disebabkan karena laptop atau MacBook tentu saja membutuhkan kinerja yang lebih untuk menangani semua aktivitas seperti memuat dan memproses halaman web dalam satu waktu. Selain membuat baterai laptop boros, juga bisa membuat kinerja laptop menurun. Oleh karena itu, jangan pernah terlalu banyak membuka halaman web dengan banyak membuka tab sekaligus.

Tutup Semua Aplikasi

Menggunakan Google Chrome juga membutuhkan prosesor dan memori untuk bekerja. Butuh kinerja lebih artinya butuh daya baterai lebih besar. Dengan menutup semua aplikasi yang tidak kamu gunakan, maka kamu sudah menghemat penggunaan prosesor dan memori RAM. Jika penggunaan prosesor dan memori RAM lebih efisien, maka kinerja laptop atau kinerja MacBook juga lebih cepat. Ini secara tidak langsung juga akan menghemat penggunaan baterai laptop dan Macbook.

Upgrade Prosesor atau Tambah RAM

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menggunakan Google Chrome membutuhkan kinerja prosesor dan memori RAM. Jika penggunaan Google Chrome membuat kinerja laptop atau kinerja MacBook lambat, maka secara tidak langsung juga kana membuat penggunaan baterai menjadi semakin boros. Jika sudah melakukan beberapa tips sebelumnya dan kinerja laptop masih lambat, maka mau tidak mau kamu harus upgrade prosesor dan memori RAM kamu.

Perlu kamu ketahui juga bahwa tidak semua MacBook bisa upgrade prosesor atau ditambah RAM. Kamu harus pastikan dengan cara menghubungi langsung ke service center laptop kamu. Misalnya saja MacBook. Spesifikasi MacBook Pro non Retina masih bisa di-upgrade dengan jalan menambah RAM secara manual. Namun di model MacBook Air dan Pro Retina sudah tidak memungkinkan penambahan RAM oleh pengguna.

Nah itu tadi adalah beberapa cara untuk menghemat baterai laptop MacBook dari penggunaan Google Chrome. Apa kamu punya tips lain untuk menghemat baterai Google Chrome?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!