Apa itu Hackintosh, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu Hackintosh, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

0

Kumpulan Informasi Tentang PC dan Laptop Hackintosh

Buat kamu para pengguna Mac atau MacBook, sebagian dari kamu pasti memang berniat menggunakan OS X atau macOS, sebagian lagi memang mengincar kualitas dan form factor dari Mac atau MacBook itu sendiri. Namun apakah ada orang yang membeli PC atau laptop Windows dengan niatan menggunakan OS X atau macOS?

Banyak. Benarkah? Ya benar. Ternyata dengan teknik tertentu, kamu bisa install OS X atau macOS ke PC atau laptop selain buatan Apple. Wah kok bisa? Jadi ceritanya dulu Apple masih menggunakan prosesor Power PC dari IBM. Lalu Apple mulai menggunakan prosesor dari Intel. Semenjak itulah, para hacker mencoba memodifikasi OS X agar bisa diinstall di PC atau laptop Windows.

 

Apa Itu Hackintosh?

Usaha mereka tidak sia-sia. OS X dan macOS bisa diinstall di komputer atau laptop yang bukan keluaran Apple. Karena dengan menggunakan OS tersebut, sebuah komputer atau laptop akan sangat mirip dengan komputer Mac (Macintosh) keluaran Apple. Akhirnya semua komputer atau laptop yang menggunakan OS X atau macOS hasil hacking tersebut lebih populer dengan nama “Hackintosh”.

 

Kelebihan Hackintosh

Kelebihan dari install Hackintosh di komputer atau laptop non Apple tentu saja harganya yang jauh lebih murah. Kamu bisa rakit PC sendiri atau beli laptop murah yang kadang, bahkan kadang penjualnya ada yang memberikan label produk jualannya dengan  “Hackintosh Supported”.

Tips Tutorial Install, Kelebihan dan Kekurangan Hackintosh

Kelebihan lainnya adalah kamu bebas membangun spesifikasi apa saja selama support hackintosh. Misalnya merakit PC yang spesifikasinya jauh lebih bagus dari iMac yang harganya 30 jutaan. Soal kemampuan, jelas PC rakitanmu lebih unggul.

 

Kekurangan, Kelemahan, dan Risiko Hackintosh

Meskipun hackintosh memberikan alternatif terbaik untuk membuat PC atau laptop kamu menjadi sebuah perangkat “Macintosh”, namun ada kekurangan, kelemahan, dan risiko hackintosh  yang harus siap kamu hadapi. Apa saja sih kelemahan dan kekurangan Hackintosh?

Pertama tentu saja dukungan driver. Beragam masalah driver bisa saja menjangkit perangkat Hackintosh. Hal ini tentu saja karena driver yang disediakan bukanlah driver resmi Apple melainkan driver modifikasi dari pihak lain. Sangat wajar jika muncul masalah seperti driver VGA tidak terbaca, keyboard atau trackpad macet, Hackintosh lambat, bahkan bisa saja PC atau laptop mati total.

 

Ada Tutorial Install Hackintosh di PC dan Laptop WIndows?

Ada banyak sekali. Kamu tinggal sedikit googling dan akan menemukan berbagai tutorial hackintosh untuk menginstall OS X atau macOS di PC dan laptop.

Namun tahukah kamu bahwa proses pemasangan sistem operasi OS X atau macOS ke komputer selain komputer Mac keluaran Apple melanggar ketentuan yang ditetapkan Apple? Bahkan tidak jarang ada produsen PC atau laptop yang menolak klaim garansi karena sudah menginstall Hackintosh. Selain itu, tidak banyak pengguna Hackintosh yang merasakan user experience maksimal, khususnya pengguna laptop, karena setiap laptop punya problem masing-masing saat diinstall dengan hackintosh.

 

Cara Terbaik Selain Hackintosh?

Tidak ada cara terbaik untuk Hackintosh. Tentu saja membeli komputer Mac adalah jalan terbaik untuk merasakan pengalaman terbaik dalam menggunakan Mac OS X maupun macOS. Kamu bisa mendapatkan komputer Mac dengan harga yang sangat murah, namun tetap legal dan sesuai dengan aturan Apple. Caranya? Kamu bisa baca beberapa tips dari MacPoin ini -> Ingin Punya Komputer Mac Dengan Harga Murah? Yuk Coba Cara Ini

Bagaimana? Apa kamu punya pengalaman Hackintosh? Bagikan experience kamu disini.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!