4 Cara Install Aplikasi OS X dan macOS di Mac dan MacBook

4 Cara Install Aplikasi OS X dan macOS di Mac dan MacBook

0

Cara Membeli Aplikasi dan Permainan di Mac App Store

4 Cara Install Aplikasi OS X dan macOS di Mac dan MacBook – Kamu baru saja membeli Mac atau MacBook? Selamat menempuh hidup baru ya πŸ˜€ Kehidupan baru biasanya juga butuh adaptasi dan pembiasaan baru. Begitu juga dengan pengguna OS X atau macOS Sierra di Mac dan MacBook. User Interface (UI) dan User Experience (UX) dari OS X atau macOS Sierra sangat berbeda dengan sistem operasi lainnya.

Salah satu perbedaan yang pasti akan kamu rasakan adalah cara install aplikasi OS X atau aplikasi macOS di Mac atau MacBook. mengingat aplikasi di OS X dan macOS ini jelas berbeda dengan Windows yang memiliki format master installer .exe, aplikasi Mac ini jauh lebih beragam.

Bagaimana sih cara install aplikasi OS X atau macOS Sierra di Mac atau MacBook? Buat kamu yang baru beli atau baru berencana untuk membeli Mac atau MacBook, tidak ada salahnya membaca artikel ini biar tahu seperti apa sih proses install aplikasi di Mac atau MacBook.

Baca Juga :

Sebelumnya perlu kamu ketahui dulu bahwa aplikasi di Mac ini bisa kamu download dan install dari berbagai sumber. Nah format aplikasi Mac saat kamu download bisa saja berbeda-beda. Ada aplikasi .app, aplikasi .dmg, dan aplikasi .pkg. Apa bedanya? Yuk lanjut saja baca artikle cara install aplikasi Mac OS X atau macOS di Mac dan MacBook ini πŸ˜€

Install Aplikasi dari Mac App Store

Cara install aplikasi dari Mac dari Mac App Store ini jelas merupakan cara install aplikasi Mac dan Macbook yang paling mudah. Cukup masuk ke Mac App Store dan cari aplikasi atau game favoritmu di kolom search app atau pencarian. Jika kamu mau beli aplikasi atau game berbayar, juga sangat nyaman jika beli di Mac App Store karena sekali beli, kamu bisa download gratis lagi di Mac atau MacBook lain selama memiliki akun Apple ID yang sama.

Cara Install Aplikasi OS X dan macOS di Mac dan MacBook

Kelemahannya, tidak semua aplikasi dan game Mac tersedia di Mac App Store. Ini karena Mac App Store memberlakukan kebijakan sandboxing kepada semua aplikasi yang akan di-upload ke Mac App Store. Itulah sebabnya kamu tidak akan menemukan aplikasi kompleks untuk Mac atau MacBook seperti Microsoft Office di Mac App Store. Solusinya? Tentu saja download dari situs web resmi milik developer atau dari sumber lain di internet.

Install Aplikasi Mac .app

Ini dia format aplikasi Mac OS X atau macOS Sierra yang sudah tinggal langsung buka. Format .app ini sangat mirip seperti aplikasi portabel di Windows. Jika kamu download aplikasi Mac OS X atau macOS Sierra dan ternyata punya format file aplikasi .app, maka kamu cukup double klik saja seperti kamu mau membuka file. Aplikasi akan langsung terbuka di Mac atau MacBook tanpa harus melewati proses instalasi ala Windows, yang banyak sekali proses Next- Next –Next πŸ˜€

Cara Install Aplikasi OS X dan macOS di Mac dan MacBook

Tinggal buka ya? Jadi bisa langsung muncul di Launchpad (daftar aplikasi yang sudah terinstal)? Tidak. Kamu harus memindahkan file aplikasi .app tersebut ke folder Aplikasi. cari saja folder Aplikasi di Finder.

Install Aplikasi Mac .dmg

Selain aplikasi Mac OS X .app , ada juga aplikasi Mac OS X atau macOS Sierra dengan format .dmg ini. Untuk membuka format .dmg dan install aplikasi .dmg ke Mac atau MacBook, tentu saja kamu harus membuka dengan cara double klik file .dmg ini. Bedanya, format .dmg jika dibuka akan membuka Disk Image Aplikasi.

Cara Install Aplikasi OS X dan macOS di Mac dan MacBook

Hah? Maksudnya? Jangan panik dulu hehehe. Ketika kamu buka, maka Disk Image langsung terbuka. Ya ini mirip seperti file ISO di Windows. Jadi nanti kamu bisa lihat di Finder atau di desktop Mac atau MacBook ada ikon Disk Image. Ketika kamu klik biasanya ada 2 ikon, yaitu ikon aplikasi dengan format .app dan juga folder Aplikasi. Kadang ada juga file tambahan seperti changelog, readme, dan lain sebagainya.

Cara Install Aplikasi OS X dan macOS di Mac dan MacBook

Terus bagaimana cara membuka aplikasinya? Kamu bisa langsung double klik file .app yang ada di dalam Disk Image, tetapi lebih baik jika kamu langsung saja drag file .app tersebut ke ikon folder Aplikasi. Jadi ketika sudah di-drag ke folder aplikasi, maka aplikasi Mac akan muncul di Launchpad.

Install Aplikasi Mac .pkg

Ini dia ini aplikasi Mac Β OS X yang berformat .pkg . Biasanya sih aplikasi yang hadir dengan format file .pkg ini adalah aplikasi kompleks. Sebut saja aplikasi Microsoft Office. Cara install aplikasi Mac .pkg ini sangat mirip dengan yang ada di Windows, yaitu harus melewati proses Next – Next – Next. Namun jangan salah, proses install aplikasi biasanya hanya melalui 6 langkah saja, dan prosesnya selalu cepat.

Cara Install Aplikasi OS X dan macOS di Mac dan MacBook

Selama ini proses install aplikasi di Mac atau MacBook belum pernah corrupt atau failed seperti saat saya menggunakan Windows yang kadang cukup sering terjadi error saat install program, dan juga proses instalasi yang lama.

Nah itu dia adalah 4 cara install aplikasi OS X atau aplikasi macOS Sierra di Mac dan MacBook. Bagaimana? Mudah kan?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!