Inilah Bahaya Mengisi / Charge Baterai MacBook Hingga Penuh Seharian

Inilah Bahaya Mengisi / Charge Baterai MacBook Hingga Penuh Seharian

1

Bahaya Overcharge Mengisi Baterai MacBook Sampai Penuh Seharian

Bahaya Mengisi Baterai MacBook Sampai Penuh Seharian – Punya kebiasaan membiarkan MacBook terus mengisi baterai padahal baterai sudah penuh? Sering charge baterai MacBook hingga overcharge bahkan overcharge seharian? Terserah apa kata orang tentang kemampuan MacBook yang bisa memutus listrik ketika baterai sudah penuh. Saya sarankan kamu jangan pernah melakukan overcharge baterai MacBook, apalagi sering dilakukan dengan sengaja.

Ketika baterai MacBook sudah terisi penuh, indikator MagSafe akan menunjukkan warna hijau. Jadi ketika warna MagSafe sudah hijau dan baterai sudah terisi penuh, apakah arus listrik akan terputus? Jawaban singkatnya adalah TIDAK. Arus listrik tidak terputus meskipun baterai MacBook sudah penuh dan indikator MagSafe warna hijau.

Apa yang sebenarnya terjadi ketika baterai MacBook sudah penuh? Apakah aman terus mengisi baterai MacBook seharian hingga baterai MacBook overcharge? Haruskah selalu melepaskan charger MagSafe ketika baterai sudah penuh?

Bahaya Overcharge Mengisi Baterai MacBook Sampai Penuh Seharian

Baca Juga:

Daripada saya jawab dengan opini saya, lebih baik kamu pertimbangkan saja beberapa poin ini berdasarkan pengalaman kamu agar kamu bisa menentukan apakah overcharge baterai MacBook itu sebenarnya membuat baterai MacBook cepat rusak atau tidak 😀

Panas Penyebab Baterai Rusak

Bukan cuma baterai MacBook atau baterai produk Apple lain, tetapi juga hampir semua baterai laptop jika sedang dicharge pasti akan lebih banyak menghasilkan panas. Sebagian energi listrik yang masuk akibat charge baterai atau mengisi baterai akan berubah menjadi energi panas. Itu fakta, bukan opini.

Satu fakta lagi adalah musuh terbesar baterai adalah PANAS. Entah itu baterai MacBook, baterai iPhone, baterai iPad, atau baterai laptop dan gadget apapun. Panas mampu merusak sel-sel baterai dan membuat umur baterai semakin pendek. Apalagi jika melakukan overcharge secara sering. Jadi, apakah menurutmu overcharge baterai MacBook seharian itu baik untuk kesehatan baterai MacBook?

Boros Energi Saat Overcharge Seharian

Baterai sudah terisi penuh tetapi masih saja diisi baterainya. Menurutmu apakah ini tidak membuang-buang energi secara sia-sia? Daya baterai MacBook juga cukup besar, sekitar 45W untuk MacBook Air dan 60W untuk MacBook Pro Retina 13”. MacBook Pro Retina 15” lebih besar lagi, yaitu 80W. Overcharge baterai MacBook hanya menghasilkan panas dan buang-buang energi percuma.

Tidak Ada Manfaatnya

Yup tepat sekali. Saya tidak habis pikir dengan orang-orang yang terus membiarkan charger terus menancap dan mengisi MacBook atau laptop lainnya. Alasannya sederhana, overcharging seharian tidak akan merusak baterai karena listrik akan terputus ketika baterai sudah penuh.

Kalau buat saya sih tidak ada salahnya ya jika baterai laptop sudah rusak atau sudah tidak kuat bertahan lama dalam mengerjakan beragam kegiatan hanya mengandalkan sumber daya baterai. Tetapi jika baterai masih sehat ya jangan lakukan overcharge. Lagipula ini MacBook bro, MacBook Air 13” bisa bertahan 12 jam secara teori, dan bisa 14 jam untuk penggunaan ringan seperti Microsoft Word dan browsing.

Cara Mengisi Baterai MacBook yang Benar?

Saran tentang cara terbaik mengisi baterai MacBook adalah hanya charge baterai MacBook ketika memang baterai sudah lemah dan kamu membutuhkan daya baterai untuk melanjutkan pekerjaanmu. Jangan overcharge baterai MacBook, apalagi overcharge MacBook seharian. Mengerjakan pekerjaan sambil charge MacBook? Tidak masalah selama tidak menghasilkan panas yang berlebihan dan tidak dalam jangka waktu yang lama.

Ketika sudah terisi penuh atau merasa sudah cukup baterai, segera lepas charger dari MacBook untuk benar-benar memutuskan listrik yang masuk ke MacBook untuk mencegah overcharge. Selain mencegah panas yang bisa merusak baterai MacBook, kamu juga akan lebih menghemat penggunaan energi listrik. BTW, rata-rata MacBook juga bisa menyala sekitar 10 jam dengan penggunaan standar. Mengapa memaksakan untuk sekedar mengikuti tren tidak bermanfaat yang beredar di tengah masyarakat?

Bagaimana kalau kamu?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!