Cara Install Semua Aplikasi “Anywhere” di macOS Sierra

Cara Install Semua Aplikasi “Anywhere” di macOS Sierra

0

Cara Install Semua Aplikasi Anywhere di macOS Sierra

Cara Install Semua Aplikasi Anywhere di macOS Sierra – Saat kamu masih menggunakan OS X, kamu bisa install semua jenis aplikasi. Mulai dari aplikasi dari App Store, dari Pengembang yang dikenali, bahkan aplikasi lain yang berasal dari antah berantah. Sekarang, kamu tidak bisa menginstall aplikasi dari mana saja / anywhere di macOS Sierra.

Dengan melakukan pengaturan ke Anywhere, semua jenis aplikasi yang berasal dari pengembang yang tidak dikenal bisa kamu install. Sebelumnya, kamu bisa melakukan install aplikasi Mac yang bahkan dari semua jenis aplikasi. Di macOS Sierra, sudah tidak bisa lagi. Hal ini karena pengaturan default Gatekeeper macOS Sierra sudah berubah.

Gatekeeper adalah fitur di Mac OS X maupun macOS Sierra yang berfungsi untuk proteksi perlindungan Mac terhadap aplikasi dan program jahat. Aplikasi yang berasal dari tempat yang tidak jelas tidak akan bisa diinstall secara default bahkan dari Mac OS X sekalipun.

Baca juga :

Yang harus kamu lakukan adalah dengan mengubah pengaturan gatekeeper kamu ke anywhere agar dari mana saja aplikasi berasal, kamu bisa install ke Mac atau MacBook milikmu. Secara default, kamu hanya bisa install aplikasi Mac dari Mac App Store dan aplikasi dari developer terpercaya saja.

Cara Install Semua Aplikasi Anywhere Mac dan MacBook di macOS Sierra

Nah di macOS Sierra, secara default kamu hanya punya dua pilihan untuk menginstall aplikasi. Dari Mac App Store dan satunya lagi dari Pengembang terpercaya. Kalau misal kamu menemukan aplikasi dari sumber yang “tidak dianggap” oleh macOS Sierra, maka jangan harap bisa diinstall di Mac atau MacBook.

Cara Install Semua Aplikasi Anywhere Mac dan MacBook di macOS Sierra

Untungnya, kita masih bisa mengembalikan fungsi gatekeeper anywhere macOS Sierra. Cara juga sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Terminal. Kamu bisa cari aplikasi Terminal di launchpad atau dari Dock jika kamu meletakan aplikasi Terminal di Dock.

Setelah Terminal sudah terbuka, kamu cukup masukkan perintah yang “sederhana” ini ke dalam Terminal di macOS Sierra.

sudo spctl –master-disable

Masukkan perintahnya langsung di aplikasi Terminal di Mac atau MacBook yang sudah menggunakan macOS Sierra.

Cara Install Semua Aplikasi Anywhere Mac dan MacBook di macOS Sierra

Setelah kamu masukkan perintah tersebut ke dalam Terminal, langsung saja tekan Return (Enter).  Sekarang masuk ke Preferensi Sistem – Keamanan & Privasi di macOS Sierra dan kamu sudah melihat pengaturan Anywhere (Mana saja) di sana. Kamu sekarang sudah bisa menginstall aplikasi dari mana saja sama seperti OS X.

Cara Install Semua Aplikasi Anywhere Mac dan MacBook di macOS Sierra

Seandainya kamu ingin mematikan pengaturan gatekeeper anywhere macOS Sierra seperti semula maka masukkan perintah berikut ini di Terminal.

sudo spctl –master-enable

Sama, masukkan juga perintahnya langsung di aplikasi Terminal di Mac atau MacBook yang sudah menggunakan macOS Sierra jika ingin kembali mematikan pilihan anywhere gatekeeper macOS Sierra.

Cara Install Semua Aplikasi Anywhere Mac dan MacBook di macOS Sierra

Perlu kamu perhatikan bahwa sebaiknya kamu tidak menginstall aplikasi dari sumber yang kurang terpercaya untuk mencegah macOS Sierra terinfeksi program jahat yang sebenarnya bisa dihindari. Bagaimana? Kamu sudah coba?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!