Wishlist iOS 11 : Inikah Fitur yang Harus Ada di  iOS 11?

Wishlist iOS 11 : Inikah Fitur yang Harus Ada di  iOS 11?

0

Inikah Kumpulan 5 Fitur iPhone di Update iOS 11 Baru?

Inikah Fitur yang Harus Ada di iPhone iOS 11 – iOS 11 memang masih lama dirilis. IOS 10 saja baru dirilis kemarin. Namun bukan berarti kita tidak boleh bermimpi tentang beragam fitur baru di iOS 11 kan? Apa saja fitur baru iPhone iOS 11? iPhone apa saja yang support iOS 11? Apakah iPhone 5 dapat iOS 11?

iOS 10 Final masih seumur jagung usianya. Meskipun hadir dengan beragam fitur baru, namun nyatanya masih banyak fitur yang belum disematkan ke iPhone atau iPad iOS 10. Jika dibandingkan dengan sistem operasi Android, iOS terbilang cukup lambat dalam hal perkembangan serta inovasi.

Bukan cuma dari segi sistem operasi saja. Dari segi hardware, dalam hal ini adalah iPhone dan iPad, juga masih tertinggal jika dibandingkan dengan smartphone Android kebanyakan yang sudah mengimplementasikan banyak sekali fitur baru.

Melihat perkembangan iOS 10 yang membawa segudang fitur baru nyatanya masih belum bisa mengejar semua ketertinggalan iOS dari Android. Nah paling tidak kita bisa berharap jika update iOS 11 nanti memiliki banyak sekali tambahan fitur baru. Minimal bisa lah semakin menipiskan gap fitur antara iOS dengan Android.

Mengapa perkembangan yang diharapkan adalah dari segi software alias update iOS? Karena kemungkinan besar bisa diimplementasikan ke banyak perangkat iOS. Jika perkembangan dari sisi hardware, maka tentu saja hanya iPhone dan iPad baru yang bisa menggunakannya.

Fitur apa saja yang bisa kamu harapkan untuk muncul di iOS 11 terbaru yang akan datang? Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa kamu harapkan untuk segera hadir di iOS 11.

Kunci Semua Aplikasi iOS 11 dengan Password dan Touch ID

Dari sejak zaman dahulu kala, iOS masih belum menerapkan fitur untuk mengunci aplikasi menggunakan password, passcode, atau bahkan Touch ID. padahal, Android sudah lama memiliki kemampuan untuk bisa memanfaatkan fungsi ini. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan keamanan data kita sekaligus privasi kita.

Baca: Mengunci Aplikasi iOS dengan Touch ID dan Passcode/ Password.

Setiap aplikasi bisa dikunci secara manual sesuai keinginan. Jadi misal ketika kamu mengunci aplikasi message maka setiap membuka aplikasi message atau membuka notifikasi pesan, kamu harus memasukkan password dulu sebelum membuka pesan. Sangat bermanfaat kan buat kamu yang punya banyak “teman” *eh.

Cara Mengunci Aplikasi iPhone dengan Touch ID & Password

Sayangnya, iOS masih belum bisa melakukannya. Meskipun sebenarnya iOS bisa menggunakan fitur ini dari aplikasi tertentu. Tentu saja, butuh proses jailbreak iPhone untuk bisa mengunci aplikasi iPhone secara manual. Namun sayang, jailbreak iOS adalah ilegal dan bisa berpotensi berbahaya untuk kesehatan dan masa depan iPhone atau iPad milikmu.

Baca : Jangan Salah Kaprah Tentang Jailbreak. Ini Dia Fakta Berbahaya Jailbreak iPhone.

Dark Mode di iOS 11

Fitur mode gelap, tampilan gelap atau Dark Mode adalah fitur yang bisa mengubah tampilan iOS menjadi nuansa yang lebih gelap. Hal ini tentu saja lebih bermanfaat buat pengguna yang beraktivitas di malam hari atau ketika cahaya dan kecerahan lingkungan sangat kurang. Mata menjadi tidak mudah lelah.

Tampilan Dark Mode Akan Hadir di iOS 10?

Fitur ini sebenarnya sudah menjadi rumor bakal hadir di iOS 10. Namun nyatanya Apple masih belum memberikan fitur tersebut untuk iOS 10. Meskipun ada kemungkinan di update berikutnya seperti iOS 10.1 atau iOS 10.2 akan hadir, yang pasti di iOS 11 harus sudah hadir fitur ini.

Baca : Dark Mode akan hadir di iOS?

Handoff iTunes dan Apple Music

Fitur Handoff adalah fitur yang memungkinkan suatu produk Apple mampu berbagi melakukan tugas yang sama ketika beralih antara produk yang satu dengan yang lain. Pekerjaan yang berkelanjutan ini sering disebut dengan Continuity. Bukan cuma melakukan sinkronisasi data, tetapi juga sinkronisasi aktivitas yang sedang dikerjakan suatu perangkat ke perangkat lain.

Handoff sudah ada di iOS 8 dan OS X Yosemite. Namun hingga OS X El Capitan dan iOS 10 masih belum bisa semuanya, khususnya fitur bawaan yang berhubungan dengan multimedia. Misalnya saja memutar musik dari Apple Music atau memutar film dari iTunes. Pasti sangat keren sekali.

IOS 11 App Thinning

Masih ingat dengan fitur App Thinning yang dijanjikan Apple di iOS 9? Ternyata karena kesalahan atau bug iCloud  yang masih belum berhasil ditangani, fitur ini akhirnya dibatalkan untuk dirilis di iOS 9. Sekedar informasi, App Thinning memungkinkan kamu hanya download aset aplikasi yang penting saja, sehingga kamu bisa menghemat ukuran dan kapasitas download aplikasi di App Store.

Multi User

iPhone sering dipinjam-pinjam? Kamu suka berbagi iPhone dengan yang lain? Nah ini saatnya untuk menggunakan fitur multi user ke iOS 11. Meskipun iPhone pada dasarnya adalah barang pribadi yang tidak perlu dipinjam-pinjamkan, namun keberadaan multi user ini dinilai sangat penting. Minimal dikasih opsi user guest iOS alias pengguna tamu untuk iOS.

Tampilan Baru

Pengguna iOS semenjak masih iPhone generasi pertama? Kamu pasti melihat bahwa perkembangan iOS dari awal (masih bernama iPhone OS) hingga iOS 10 tidak sepesat perkembangan tampilan Android. IOS hanya dipermak di bagian tampilan ikon, design guideline, dan sebagainya saja. Tidak ada opsi untuk memberikan fitur tampilan tambahan seperti wallpaper animasi, wallpaper video, custom icon, dan lain-lain.

Memang sih iOS didesain agar tetap efektif dalam user interface dan efisien dalam penggunaan baterai. Namun setidaknya diberikan “pilihan” untuk menggunakan tampilan yang beda dari biasanya. Meskipun saya juga tentu saja pengguna iOS, namun saya juga kadang merasa bosan karena tampilannya yang cuma itu-itu saja.

Custom Lock Screen iOS

Ini dia! Lock screen di iOS ini menurut saya bisa dibilang sangat useless alias tidak berguna sama sekali jika dibandingkan dengan Android. Cuma menampilkan layar kosong dengan indikator waktu plus sebagai wadah untuk menempatkan semua pemberitahuan atau notifikasi dari aplikasi pihak ketiga.

IOS 10 Mengubah Slide to Unlock Menjadi Press Home to Unlock

Semoga saja di iOS 11 besok, akan ada fitur baru di lock screen iOS 11. Misalnya saja widget untuk setiap aplikasi  pihak ketiga yang bisa diakses melalui layar lock screen. Dengan demikian, layar lock screen di iOS 11 akan menjadi lebih baik dengan kehadiran lebih banyak fungsi.

iPhone 5 iOS 11 Compatible

Saat ini, dukungan iOS 10 terbaru adalah iPhone minimal model iPhone 5. Dulu di iOS 9, iPhone 4S masih bisa menggunakan update iOS 9 secara resmi. Semoga saja semua fitur iOS 11 bisa digunakan minimal di iPhone 5, dan tentu saja model yang lebih baru. Begitu juga dengan iPad yang bisa digunakan di semua model yang sama dengan iOS 10.

Meskipun demikian, jika punya kemampuan lebih kamu bisa mempertimbangakn untuk membeli iPhone yang lebih tinggi semisal iPhone 5S. Hal ini karena spesifikasi khususnya prosesor sudah jauh di atas iPhone 5 berkat dukungan arsitektur prosesor 64-bit. Kamu bisa baca referensi tentang iPhone 5S di sini :

Nah itu tadi adalah semua daftar keinginan atau wishlist untuk fitur iOS 11 baru yang akan datang. Bagaimana? Sudah siap menyambut iOS 11? #masihLama

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!