Apakah Bahaya Mengisi Baterai atau Charge Baterai iPhone Semalaman?

Apakah Bahaya Mengisi Baterai atau Charge Baterai iPhone Semalaman?

0

Bahaya Charge Mengisi Baterai iPhone Hingga Penuh

Bahaya Mengisi Baterai atau Charge Baterai iPhone Semalaman – Sering mengisi baterai iPhone sampai penuh memang sangat menyenangkan. Apalagi ketika malam hari. Tinggal colok iPhone dan charge baterai sampai penuh hingga pagi. Apakah baterai iPhone tidak rusak jika baterai diisi terus meskipun sudah penuh, bahkan hingga semalaman (overcharging) ? Apakah ada efe samping atau bahaya mengisi baterai iPhone semalaman?

Sebenarnya kita boleh mengisi baterai iPhone hingga penuh. Baterai tidak akan meledak cuma karena mengisi baterai hingga penuh. Mengisi baterai iPhone hingga penuh berarti akan menghasilkan masa pakai baterai yang lebih tahan lama dibandingkan jika belum diisi sampai penuh. Namun alangkah baiknya jika sudah penuh langsung saja dicabut.

Mungkin kamu sudah sering mendengar jika proses charge baterai akan terputus ketika baterai sudah dalam kondisi penuh. Padahal yang sebenarnya adalah listrik tidak benar-benar terputus. Mau bukti? Gampang. Ketika kamu charge baterai iPhone apakah baterai iPhone akan bisa kurang dari 100%? Tentu saja tidak.

Dalam situs Apple yang membahas tentang baterai, proses pengisian baterai iPhone akan berjalan normal atau cepat (fast charge) ketika baterai terisi kurang dari 80%. Proses kedua adalah pengisian lambat (trickle charge) dengan jalan melambatkan arus listrik ketika pengisian lebih dari 80%.

Bahaya Charge Mengisi Baterai iPhone Hingga Penuh semalaman

Proses pengisian baterai akan semakin lambat hingga akhirnya mencapai 100%. Tidak pernah ada tulisan atau keterangan bahwa arus listrik akan terputus ketika proses charging sudah terisi 100% penuh. Mengapa?

Baca Juga :

Karena memang arus listrik tidak terputus secara penuh. Charger iPhone akan terus mengalirkan arus listrik meskipun arusnya sudah diperlambat atau bahkan sangat lambat. Jika memang benar arus terputus sepenuhnya, maka baterai akan berkurang menjadi kurang dari 100% meskipun dalam keadaan menancap dengan charger.

Jika pertanyaannya adalah, apakah baterai rusak jika charge baterai semalaman? Jawabannya adalah tidak terlalu merusak. Mengapa? Karena arus listrik dalam proses pengisian baterai iPhone sudah diperlambat sedemikian rupa sehingga tidak akan terlalu membebani sel-sel baterai karena terus diisi dengan menggunakan arus yang normal (fast charging).

Jadi sebenarnya tidak masalah jika mengisi baterai iPhone semalaman. Apalagi sampai membuat baterai iPhone meledak. Tetapi arus listrik tidak akan terputus sepenuhnya. Arus listrik tetap masuk namun ketika sudah terisi 100% akan menjadi sangat lambat. Namun overcharging juga bisa merusak baterai jika sering sekali dilakukan.

Jadi biasakan untuk selalu mencabut baterai jika memang sudah penuh. Jangan dipaksa terus diteruskan proses charge baterai karena selain membuang energi percuma, juga bisa menimbulkan panas, yang merupakan masalah penyebab baterai lebih cepat rusak.

Bahaya Charge Mengisi Baterai iPhone Hingga Penuh semalaman

Oh iya asumsi yang dijelaskan dalam artikel ini adalah kamu menggunakan charger iPhone bawaan dari paket penjualan ya. Dalam artian adapter dan kabel Lightning adalah asli bawaan dari paket penjualan iPhone kamu. Bukan menggunakan charger merek lain yang mungkin memiliki fitur pemutus arus listrik otomatis ketika baterai sudah penuh atau fitur canggih lainnya hehehe.

Apakah kamu sering mengisi baterai iPhone hingga semalam penuh?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!