5 Cara Menambah Memori Kapasitas Penyimpanan iPhone

5 Cara Menambah Memori Kapasitas Penyimpanan iPhone

0

5 Cara Menambah Memori Kapasitas Penyimpanan iPhone

Cara Menambah Memori Kapasitas Penyimpanan iPhoneMemori internal iPhone tinggal sedikit? Kapasitas 16 GB tidak cukup? Butuh tambahan memori internal atau kapasitas penyimpanan lagi? Tenang, kamu bisa menambah memori internal dan kapasitas penyimpanan iPhone secara mudah dan cepat, tanpa Jailbreak.

Sebelumnya kamu harus tahu dulu bahwa yang dimaksud menambah kapasitas memori internal penyimpanan di sini adalah meningkatkan kapasitas memori penyimpanan bebas di iPhone. jadi jika iPhone kamu kapasitas memori internal adalah 16 GB ya bukan berarti akan menjadi 32 GB atau berapa pun yang lebih dari 16 GB. Tetapi jika kapasitas bebasmu hanya 1 GB maka kamu bisa mendapatkan memori kapasitas penyimpanan tambah menjadi lebih dari 1 GB.

Jadi, ini bukan trik mudah jailbreak iPhone untuk menambah memori iPhone ya, tetapi bagaimana cara membersihkan iPhone dari beragam file sampah dan mengoptimalkan penggunaan untuk memperbesar kapasitas kosong dari total memori internal iPhone hehehe.

Kamu juga harus tahu apa saja yang menyebabkan kapasitas memori internal iPhone menjadi penuh. Salah satunya tentu saja karena data pengguna. Kamu terlalu banyak menyimpan data yang tidak penting dan membuat kapasitas memori penyimpanan iPhone penuh. Yang kamu harus lakukan adalah menghapusnya untuk menambah memori kapasitas penyimpanan iPhone.

Bagaimana jika memori internal iPhone sering sekali berkurang tanpa sebab? Bisa jadi karena penumpukan penyimpanan memori cache yang semakin besar. Kamu harus menghapus cache tersebut untuk menambah kapasitas memori internal iPhone. Bagaimana cara menambah memori kapasitas penyimpanan iPhone?

5 Cara Mudah Menambah Kapasitas Kosong Memori Internal iPhone

Beberapa tips ini bisa kamu gunakan untuk menambah kapasitas kosong memori iPhone jika pada suatu saat memori internal habis dan penuh karena suatu sebab yang tidak pasti.

Hapus Data dan Aplikasi

Ini dia cara pertama dan utama untuk menambah kapasitas memori iPhone. Jika kamu hanya memiliki 16 GB saja, tentu saja akan sangat berat untuk bisa menyimpan banyak sekali data seperti foto, video, dan aplikasi di dalam memori kapasitas iPhone. intinya sih kamu harus hemat.

5 Cara Menambah Memori Kapasitas Penyimpanan iPhone

Hapus saja semua foto yang tidak kamu suka. Kamu bisa simpan di penyimpanan awan seperti OneDrive atau Google Drive untuk menyimpan foto sembari menghemat internal memori iPhone.

Begitu pula dengan aplikasi. Banyak sekali aplikasi dan game yang membutuhkan memori besar di iPhone. dengan menghapus semua aplikasi besar yang tidak dibutuhkan, kamu bisa menambah kapasitas kosong memori internal iPhone. menghapus aplikasi juga berarti menghapus semua data cache yang ada di dalamnya.

Matikan iCloud Photo Library

iCloud Photo Gallery memungkinkan kamu untuk menggunakan iCloud sebagai penyimpanan foto dan video. Sekilas sih terdengar hemat. Namun tahukah kamu kalau semua perangkat yang menggunakan iCloud Photo Gallery ini akan saling terhubung dan sinkron?

Misalnya saja saya memotret dengan menggunakan iPad yang punya kapasitas memori internal 64 GB. Memotret ribuan foto dalam satu hari tentu saja bukan masalah. Namun ketika semua foto disimpan ke iCloud, maka iPhone berkapasitas 16 GB juga akan ditransfer ribuan foto tersebut.

Mungkin memang hanya gambar thumbnail saja yang dikirim, tetapi mengirim gambar thumnail juga butuh memori penyimpanan. Anggap saja satu foto thumbnail sekitar 300 KB, dikali 1000 berarti 300000 KB alias 300MB. Lumayan kan? Itu baru thumbnail. Bagaimana jika kamu membuka foto tersebut, maka iPhone akan download foto berukuran penuh ke iPhone.

Informasi iCloud Photo Gallery bisa kamu baca di sini -> Perbedaan iCloud Photo Gallery dan Stream Photo.

Hapus Musik Offline

Jika kamu berlangganan Apple Music, kamu bisa mendengarkan musik secara Online alias streaming musik. Ribet sih karena selalu butuh internet, lebih nyaman jika kamu download musik lalu dimainkan secara offline. Namun tahukan kamu kalau musik di Apple Music itu berukuran sangat besar?

Justru karena besar itulah lebih baik download musik daripada menggunakan internet. Memang benar, tetapi jika tujuannya adalah menghemat memori atau menambah memori internal iPhone yang kosong ya mau tidak mau hapus saja musik offline tersebut dan putar musik secara online untuk menghemat memori penyimpanan.

Informasi tentang Apple Music bisa kamu baca di sini -> Review Menggunakan Apple Music di iPhone.

Hapus Cache dengan Mudah

Mau meningkatkan kapasitas memori iPhone tetapi tidak mau menghapus data dan aplikasi? Kamu bisa mencoba untuk menghapus semua cache dan file sampah alias junk iPhone dengan cara yang sangat mudah. Cukup dengan menggunakan trik berikut ini untuk bisa menghapus semua sampah/ junk atau menghapus cache iPhone untuk bisa menambah kapasitas memori internal iPhone.

Membersihkan cache iPhone secara cepat dan instan sangat bermanfata jika kamu hanya menggunakan iPhone 16 GB. Informasi bagaimana cara membersihkan cache iPhone bisa kamu baca di sini -> Cara Hapus Cache Data iOS 10 Lewat App Store.

Gunakan Aplikasi Pembersih iPhone

Ribet? Mungkin. Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih yang lebih mudah tanpa harus menggunakan trik untuk membersihkan dan menghapus cache iPhone. Salah satu aplikasi yang pernah kita coba adalah Power Clean yang selain bisa menghapus cache dan sampah iPhone, bisa juga membersihkan RAM iPhone.

Informasi bagaimana cara membersihkan cache iPhone dan menambah memori iPhone bisa kamu baca di sini -> Review Power Clean: Aplikasi Pembersih iPhone untuk membersihkan RAM dan menambah memori iPhone.

Nah setelah melakukan trik berikut ini, apakah kamu berhasil menambah kapasitas memori kosong di iPhone?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!