Cara Install Ulang Mac dan MacBook dengan Flashdisk

Cara Install Ulang Mac dan MacBook dengan Flashdisk

0

Cara Install Ulang Mac dan MacBook dengan Flashdisk

Cara Install Ulang Mac dan MacBook dengan Flashdisk – OS X error atau macOS error? Mau install ulang Mac atau MacBook? Bingung bagaimana cara install ulang Mac atau install ulang MacBook? Dalam artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana cara install ulang Mac atau install ulang MacBook dengan mudah.

Tidak seperti Windows yang bisa download file ISO dari internet, kamu tidak akan bisa download ISO OS X maupun download ISO macOS dari internet. Bagaimana cara download ISO OS X atau ISO macOS Sierra? Ya bukan download ISO dari internet, tapi download file installer dari App Store.

Lalu bagaimana sih cara masuk ke BIOS di Mac atau BIOS MacBook? Tenang, kamu tidak perlu masuk ke pengaturan rumit seperti BIOS untuk install ulang Mac atau install ulang MacBook. Oke sekarang lanjut ke tutorial install ulang Mac atau install ulang MacBook dengan flashdisk.

Persiapan Install Ulang Mac atau Install Ulang MacBook

Sebelum install ulang Mac atau install ulang MacBook, pastikan kamu sudah melakukan berbagai langkah-langkah dan tutorial persiapan install ulang berikut ini.

  1. Backup semua data Mac atau MacBook dengan Time Machine. Informasi tentang cara backup Mac dengan Time Machine bisa kamu baca di sini -> Cara Backup Mac dan MacBook dengan Time Machine.
  2. Siapkan flashdisk kosong berukuran minimal size 8 GB. Flashdisk harus dalam keadaan kosong dan terformat ke dalam format OS X Extended (Journaled). Info lengkap bagaimana cara melakukan format flashdisk di Mac OS X bisa kamu lakukan di sini -> Cara Format Hard Drive di Mac OS X.
  3. Download OS X atau macOS dari App Store. Buka saja Mac App Store lalu cari OS X atau macOS. Download OS X atau macOS tersebut.

Proses Pembuatan Bootable Flashdisk Install Ulang Mac

Setelah kamu melakukan ketiga hal tentang persiapan install ulang Mac atau MacBook, sekarang adalah proses pembuatan bootable flashdisk OS X atau macOS.

  1. Colokkan Flashdisk ke Mac atau MacBook.
  2. Buka aplikasi Terminal. Cari saja di Launchpad lalu ketik “Terminal”.
  3. Jika kamu membuat bootable macOS Sierra yang terbaru, masukkan perintah seperti ini
    sudo /Applications/Install\ macOS\ Sierra.app/Contents/Resources/createinstallmedia –volume /Volumes/sierra –applicationpath /Applications/Install\ macOS\ Sierra.app –nointeraction
  4. Tekan return / enter. Tunggu prosesnya selesai.
    Cara Install Ulang Mac dan MacBook dengan Flashdisk

Cara Install Ulang Mac Menggunakan Flashdisk

Untuk memulai proses install ulang Mac atau install ulang MacBook, cukup jalankan saja drive flashdisk bootable tadi. Caranya adalah sebagai berikut ini

  1. Tancapkan bootable flashdisk ke Mac atau MacBook.
  2. Restart Mac atau MacBook dengan flashdisk dalam keadaan tertancap.
  3. Ketika tampilan sudah mati dan terdengar suara booting, langsung tekan Option di keyboard.
  4. Kamu akan melihat drive bootable Flashdisk kamu di sana. Cukup pilih saja dan lanjutkan dengan proses install ulang.
    Cara Install Ulang Mac dan MacBook dengan Flashdisk

Bagaimana? Cukup mudah kan cara install ulang Mac atau MacBook? Dengan demikian kamu bisa menghemat beberapa GB kuota internet jika kamu menggunakan kuota terbatas.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!