Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Baik dan Benar

Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Baik dan Benar

0

Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Baik dan Benar

Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Baik dan Benar – Baterai iPhone memiliki masa pakai yang terbatas. Beberapa perangkat iOS seperti iPhone bisa melakukan kalibrasi baterai. Dengan melakukan kalibrasi baterai iPhone, maka baterai iPhone akan menjadi segar kembali.

Apa itu kalibrasi baterai? Kalibrasi baterai iPhone adalah mengatur ulang agar baterai memiliki kinerja yang sama seperti pertama kali digunakan. Masih bingung? Begini, misal level asli baterai iPhone tersisa adalah 60% tetapi di indikator baterai hanya tampil 50% atau bahkan 80%. Tentu saja ini tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Oleh karena itulah, kalibrasi baterai iPhone sangat diperlukan. Dengan melakukan kalibrasi baterai, maka kinerja baterai akan maksimal. Daya tahan baterai menjadi lebih maksimal dan tentu saja baterai menjadi lebih “jujur”. Ketika kapasitasnya masih tersisa 50% ya tampil 50% dan sebagainya.

Namun perlu kamu ketahui bahwa kalibrasi baterai iPhone tidak akan membuat baterai iPhone kamu menjadi lebih awet. Kalibrasi hanya akan membuat kinerja baterai menjadi seperti apa adanya dan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Baca Juga :

Melakukan Kalibrasi Baterai iPhone

Melakukan kalibrasi baterai iPhone sebenarnya sangat mudah sekali. Kamu bisa ikuti beberapa tips melakukan kalibrasi baterai iPhone dengan mudah dari tutorial kalibrasi baterai iPhone berikut ini.

  1. Kosongkan baterai iPhone hingga benar-benar kosong. Pastikan iPhone kamu mati karena kehabisan baterai. Pastikan juga ketika sudah kehabisan baterai, iPhone sudah tidak bisa dinyalakan lagi.
  2. Biarkan iPhone kamu selama beberapa jam. Ini untuk memastikan bahwa baterai iPhone sudah habis. Ketika iPhone dicoba untuk dinyalakan maka hanya menampilkan ikon baterai lemah berwarna merah.
  3. Cari colokkan listrik yang stabil dan pastikan tidak terjadi mati listrik. Bila perlu pakai sumber listrik dari Power Supply untuk menyediakan listrik yang stabil dan lancar.
  4. Colokkan adapter charger ke stopkontak terlebih dahulu. INGAT. Jangan terbalik. Hal ini untuk mencegah adanya tegangan kejut dari adapter yang bisa merusak baterai iPhone.
  5. Setelah adapter sudah tercolok ke stopkontak, colokkan kabel lightning ke iPhone.
  6. ISI BATERAI HINGGA PENUH DALAM SEKALI CHARGE. JANGAN SAMPAI PROSES PENGISIAN DAYA BATERAI IPHONE TERPUTUS.
  7. Setelah penuh, cabut kabel di Lightning dulu, baru cabut adapter di stopkontak.
  8. Gunakan iPhone dengan normal hingga habis lagi. INGAT! JANGAN KAMU LAKUKAN CHARGE SAMPAI BATERAI KEMBALI KOSONG DAN TIDAK BISA DINYALAKAN LAGI.
  9. Setelah baterai kosong lagi, charge kembali baterai iPhone hingga penuh dan JANGAN SAMPAI PROSES PENGISIAN BATERAI PUTUS.
  10. Setelah baterai iPhone terisi penuh, segera cabut baterai dari kabel lightning dulu dari cabut adapter di stopkontak.

Tips Kalibrasi Baterai iPhone

Setelah melakukan kalibrasi baterai iPhone tersebut, baterai iPhone akan kembali menjadi lebih fresh dan segar kembali. Baterai akan bekerja seperti layaknya baru lagi. Namun ada yang harus diperhatikan dalam melakukan kalibrasi baterai iPhone ini.

  1. Tips melakukan kalibrasi baterai iPhone ini tidak pernah ada anjurannya dari Apple. ini adalah tips yang umum digunakan di perangkat baterai Lithium Ion.
  2. Jangan terlalu sering melakukan kalibrasi baterai. Hal ini karena proses pengosongan dan pengisian daya sampai penuh tidak dianjurkan oleh Apple.
  3. Hanya lakukan kalibrasi baterai iPhone ketika kinerja baterai iPhone tidak seperti biasanya. Misalnya saja ketika iPhone tiba-tiba mati padahal baterai masih beberapa persen.

Nah dengan melakukan kalibrasi baterai iPhone, apakah baterai iPhone kamu terasa lebih baik?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!