Mengatasi Spinning Ball Gagal Login di Mac dan MacBook

Mengatasi Spinning Ball Gagal Login di Mac dan MacBook

0

Mengatasi Spinning Ball Gagal Login di Mac dan MacBook

Mengatasi Spinning Ball Gagal Login di Mac dan MacBook – Ketika Mac dalam keadaan tidur atau sleep dan mencoba login kembali, terkadang gagal login. Kegagalan login tersebut terlihat ketika saat pertama kali menyalakan Mac atau membuka MacBook.

Pertama layar akan terbuka tetapi hanya menampilkan kursor mouse yang bergerak dengan ikon bola berputar alias spinning ball. Bisa juga ketika kamu sudah ketik username dan password dan tekan enter malah stuck di spinning ball atau bola berputar saja.

Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa Mac atau MacBook gagal login dan hanya menampilkan spinning ball , bola berputar, atau istilahnya Beach Ball Of Death (BBOD). Pertama adalah kegagalan software. Ada aplikasi atau proses OS X atau macOS di Mac atau MacBook yang menyebabkan proses login Mac gagal.

Kedua, proses OS X yang macet. Setiap komputer, apakah itu Windows maupun OS X ( sekarang macOS, versi terbaru macOS Sierra ) selalu punya proses yang berjalan di latar belakang. Untuk mengatasi masalah kegagalan software tersebut sebenarnya mudah. Cukup restart saja Mac atau MacBook tersebut secara berkala.

Ketiga, adalah kebanyakan aplikasi atau proses yang berjalan. Meskipun Mac atau MacBook masih bisa berjalan lancar meskipun penggunaan RAM sudah 7 GB penuh dari total RAM 8 GB, kamu harus tetap waspada. Mac bisa lag, freeze, bahkan hang dan harus direstart paksa.

Mencegah Beach Ball Of Death (BBOD)

Sebenarnya sangat mudah untuk mencegah BBOD alias Beach Ball of Death. BBOD alias Beach Ball Of Death ditandai dengan ikon lingkaran berwarna warna-warni dan memiliki tampilan seperti bola pantai berputar. Itulah mengapa disebut dengan Beach Ball of Death. Bisa dikatakan, ini adalah BSOD atau Blue Screen of Death versi Mac.

BBOD lebih disebabkan karena masalah software. Kegagalan software seperti aplikasi yang tiba-tiba macet, proses yang berhenti, dan lain-lain bisa menyebabkan BBOD. Ketika Mac kinerja lambat dan Mac mengalami lag juga kadang akan muncul BBOD yang cukup sering. Meskipun begitu, kamu tetap bisa mencegah BBOD.

Mengatasi Spinning Ball Gagal Login di Mac dan MacBook

Baca Juga: 

Melakukan restart secara berkala akan membuat sistem operasi OS X atau macOS di MacBook atau Mac kamu lebih segar. Memori utama alias RAM juga akan dipulihkan ke kondisi semula dan semua file sampah cache akan dibuang kembali. Kebiasaan jarang restart Mac atau bahkan tidak pernah restart Mac bukanlah kebiasaan yang baik. Mac meskipun jarang hang atau lag tetap butuh restart minimal sehari sekali.

Mengatasi Spinning Ball Gagal Login Mac

Ketika kamu membuka MacBook dari posisi sleep atau mengaktifkan Mac dari posisi sleep, kamu akan menemukan tampilan login untuk masuk ke OS X atau macOS. Dengan demikian, kamu diharuskan memasukkan username dan password dengan cara ketik dari keyboard. Nah BBOD akan terjadi biasanya ketika kamu sudah mengetik username dan password lalu menekan tombol enter.

Jika kamu terkena BBOD, maka tampilan OS X atau macOS hanya akan menampilkan halaman login dan kursor mouse dengan berbentuk bola pantai yang berputar atau yang dikenal dengan nama spinning ball. Berjam-jam kamu tunggu masih saja seperti itu. Kamu bisa menggerakkan mouse dan spinning ball ikut bergerak. Namun textbox username dan password dan juga tombol lainnya tidak bisa diklik.

Jika sudah begini, mau tidak mau kamu harus mematikan paksa Mac atau MacBook kamu. Namun ada kalanya cukup tekan tombol power sekali maka BBOD akan hilang. Dengan menekan tombol power, maka Beach Ball of Death akan hilang.

Meskipun demikian, terkadang spinning ball tidak bisa dihentikan dengan cara menekan tombol power. Bahkan ketika kamu tunggu berjam-jam masih saja menmapilkan bola berputar. Inilah yang disebut dengan Beach Ball of Death. Ketika ikon bola berputar terus-menerus maka itu tandanya ada yang tidak beres dan harus dimatikan paksa.

Bagaimana? Apa kamu juga pernah mengalami BBOD di OS X atau macOS di Mac atau MacBook kamu?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!