10 Cara Mengatasi Bug Masalah iOS 10 Boros Baterai

10 Cara Mengatasi Bug Masalah iOS 10 Boros Baterai

0

10 Cara Mengatasi Bug Masalah iOS 10 Boros Baterai

Apakah kamu merasakan baterai yang sangat boros setelah update atau upgrade iOS 10? Tenang, kamu tidak sendirian. Saya juga mengalaminya. Bug di iOS 10 ini ada banyak. Message blank, aplikasi contact error, baterai boros, dan lain-lain. Baca: Mengatasi Semua Bug di iOS 10 Dengan Mudah.

Khusus baterai iOS 10 yang boros ini, sebenarnya ini adalah masalah software yang mudah untuk diperbaiki. Beberapa software masih belum optimal dengan sistem iOS 10 dan membutuhkan update atau bahkan hanya pengaturan ulang saja. Sebenarnya hampir tidak ada sama sekali masalah hardware yang dilibatkan dalam bug iOS 10 boros baterai ini.

Jika kamu mendapati bug boros baterai di iOS 10, jangan khawatir. MacPoin sudah mencoba beragam tips cara mengatasi bug iOS 10 tentang boros baterai ini. Hasilnya, baterai di iPhone menjadi jauh lebih baik, bahkan bisa saja iOS 10 lebih hemat baterai dari iOS 9. Baca -> iOS 10 Lebih Hemat Baterai dari iOS 9.

Beberapa cara mudah untuk mengatasi bug masalah iOS 10 yang boros baterai ini bisa kamu lakukan sekarang juga.

Restart iPhone

Melakukan restart pada iPhone akan membuat sistem iOS menjalankan ulang semua proses dari awal. Dengan demikian, beberapa kesalahan temporer atau kesalahan sementara akan hilang, memori menjadi lebih fresh, dan kinerja kembali pulih. Tidak ada salahnya  untuk mencoba restart iPhone, toh juga cara restart iPhone sangat mudah. Cara restart iPhone yaitu cukup dengan mematikannya sampai benar-benar mati, tunggu beberapa detik, lalu nyalakan kembali.

Low Power Mode

Mode hemat baterai ini diperkenalkan sejak iOS 9 dan sampai sekarang masih cukup ampuh untuk menghemat baterai iPhone. Caranya sangat mudah. Cukup masuk ke Setting – General – Battery dan nyalakan Low Power Mode. Kamu harus ingat bahwa mengaktifkan Low Power Mode akan mematikan beberapa fungsi di iPhone seperti mengurangi aktivitas prosesor, mengurangi kecerahan layar, mematikan push mail, dan lain-lain.

4G / LTE

Menyalakan LTE juga bisa membuat baterai menjadi lebih boros. Lebih baik matikan saja LTE apalagi jika daerah kamu masih belum mendukung LTE. Penggunaan LTE akan sangat bermanfaat ketika sinyal 4G LTE cukup kuat dan stabil sehingga proses browsing dan sambungan internet bisa diselesaikan dengan jauh lebih cepat. Cara mematikan 4G LTE adalah pergi ke Setting – Cellular – Celular Option – Voice dan Data lalu pilih saja 3G.

Brightness

Mengurangi kecerahan layar juga bisa menghemat baterai iPhone. Kecerahan bisa kamu atur melalui Control Center dan bisa kamu pilih sesuai keinginan. Tetapi untuk menghemat baterai, usahakan jangan terlalu berlebihan. Pakai dengan level terendah yang masih pas dan nyaman untuk dilihat.

Bluetooth

Meskipun bluetooth pada iPhone menyala, tetapi sebenarnya tidak terlalu membuat boros baterai karena bluetooth di iPhone sudah tergolong Bluetooth Low Energi alias Bluetooth LE. Biasanya koneksi bluetooth sangat bermanfaat untuk menyambungkan perangkat iPhone ke beragam aksesoris bluetooth, menggunakan AirDrop, dan lain-lain. Jika tidak digunakan, matikan saja bluetooth.

Wi-Fi

Percayakah kamu jika menggunakan Wi-Fi akan jauh lebih menghemat baterai iPhone? Ya itu benar. Tetapi jika tidak ada Wi-Fi dan kamu menyalakan Wi-Fi maka hal itu bisa saja membuang-buang energi. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan Wi-Fi jika memang benar ada koneksi Wi-Fi  dan kamu bisa menggunakannya. Jika tidak ada sinyal Wi-Fi atau kamu tidak bisa menggunakannya, matikan saja Wi-Fi di iPhone

Background App Refresh

Menggunakan Background App Refresh cukup bermanfaat untuk membuat aplikasi bisa melakukan pembaruan atau update konten di latar belakang. Namun penggunaan Background App Refresh akan menggunakan lebih banyak energi iPhone daripada ketika tidak menggunakannya. Oleh karena itu, matikan saja Background App Refresh jika memang membuat boros baterai.

Lihat Penggunaan Baterai

Kamu bisa melihat penggunaan baterai di Setting – General –Battery. Lihat penggunaan baterai di masing-masing aplikasi. ada aplikasi yang mencurigakan? Kamu bisa hapus aplikasi tersebut lalu lihat apakah ada peningkatan kualitas dan ketahanan baterai. hapus semua aplikasi yang menyedot baterai secara berlebih.

Reset iPhone

Masih belum berhasil mengatasi baterai boros di iOS 10? mungkin ini memang bug iOS 10 di iPhone milikmu. Kamu bisa coba reset iOS kamu dan berharap semua bug bisa teratasi. Saya sudah mencoba reset iPhone dan mampu menghilangkan semua bug iOS 10 -> Cara Menghilangkan bug iOS 10.

Downgrade

Baterai masih boros setelah reset iPhone? Mau tidak mau kamu harus downgrade ke iOS 9. Dengan melakukan downgrade ke iOS 9, kamu akan mendapati iOS akan sama persis dengan iOS sebelum kamu melakukan upgrade ke iOS 10. Kamu bisa melakukan downgrade iOS 10 ke iOS 9 dengan mudah -> Cara Downgrade iOS 10 ke iOS 9.

Setelah menerapkan 10 cara mengatasi bug masalah iOS 10 boros baterai ini, apakah kamu merasa baterai kamu sudah lebih hemat?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!