Perbandingan Hasil Foto Kamera iPhone 7 Plus vs DSLR

Perbandingan Hasil Foto Kamera iPhone 7 Plus vs DSLR

1

Adu Kualitas Hasil Foto Kamera iPhone 7 Plus vs DSLR

Perbandingan Hasil Foto Kamera iPhone 7 Plus vs DSLR – Pada artikel sebelumnya, saya sudah tulis artikel tentang hasil dari kualitas foto dari kamera iPhone 7 Plus yang (katanya) setara dengan DSLR. Nah bagaimana jika hasil foto kamera iPhone 7 Plus ini diadu dengan kamera DSLR? Apakah iPhone 7 Plus mampu menang melawan DSLR?

Sebelum itu, perlu kamu ketahui dulu bahwa iPhone 7 Plus punya kualitas kamera yang sangat bagus dengan dual-camera, Wide-Angle Lens dan Telephoto Lens. Kualitas dari kedua lensa kamera tersebut berbeda, namun kombinasi kedua lensa plus update baru iOS 10.1 katanya mampu menghasilkan foto setara dengan DSLR.

Dari iMore, mereka menguji kualitas foto kamera iPhone 7 Plus dengan kamera DSLR. Kamera DSLR yang mereka gunakan adalah Canon T4i dengan spesifikasi 40mm f/2.8 lens. Dalam hasil uji tersebut hanya fokus pada pengambilan gambar Portrait dengan menggunakan teknik Shallow Depth of Field.

Mengapa hanya foto Portrait? Karena mengambil foto Portrait dengan kamera smartphone tidak pernah bisa menghasilkan foto yang sebagus DSLR. Lensa kamera smartphone sangat terbatas sehingga jelas tidak mampu mengambil gambar dengan teknik Shallow Depth of Field. Pengambilan foto Portrait selalu bisa dilakukan dengan DSLR dan menghasilkan gambar yang sangat bagus dan natural, serta kedalaman fokus yang sangat sempit.

iPhone 7 Plus menggunakan kombinasi hardware dual-camera dengan software iOS 10.1 untuk menghasilkan gambar Portrait dan juga menghasilkan efek gambar yang sama dengan DSLR. iPhone 7 Plus bisa mengambil gambar dengan efek Shallow Depth of Field. Kemampuan inilah yang paling dinantikan pecinta fotografi. Apakah kualitas foto iPhone 7 Plus ini setara dengan DSLR atau bahkan bisa mengalahkan DSLR?

Ini dia beberapa hasil dari adu kualitas hasil foto kamera iPhone 7 Plus vs DSLR dari iMore Adu Kualitas Hasil Foto Kamera iPhone 7 Plus vs DSLR

Dalam adu kualitas foto tersebut, subjek foto tampak fokus sementara background subjek di iPhone 7 Plus. Hasil tersebut tidak jauh berbeda dengan hasil foto Portrait di kamera DSLR. Untuk sebuah kamera iPhone, hasil kamera iPhone 7 Plus benar-benar sangat bagus.

Adu Kualitas Hasil Foto Kamera iPhone 7 Plus vs DSLR

Kemampuan kamera iPhone 7 Plus juga sangat bisa diandalkan di dalam kondisi low light alias rendah cahaya. Kamera bisa menangkap gambar dengan jelas dan tentu saja efek shallow depth of field masih terasa seperti layaknya kamera DSLR.

Adu Kualitas Hasil Foto Kamera iPhone 7 Plus vs DSLR

Dengan menggunakan objek lain, hasil kamera iPhone 7 Plus juga sungguh amat sangat bagus. Kemampuan dalam menghasilkan efek shallow depth of field bisa sangat mirip dengan DSLR. Efek blur yang halus dan terkesan alami.

jepretan-layar-2016-09-22-pada-8-46-00-am

Menangkap objek yang lebih dekat, alias makro juga tidak kalah hebat, bahkan dalam kondisi low light.

Adu Kualitas Hasil Foto Kamera iPhone 7 Plus vs DSLR

Menurut saya, hasil foto kamera iPhone 7 Plus ini sudah sangat bagus untuk ukuran kamera smartphone. iPhone 7 Plus mampu menggunakan kombinasi hardware kamera dan software iOS 10.1 untuk menghasilkan foto Portrait dengan efek Shallow Depth of Field yang sangat menawan. Efek blur latar belakang atau background terasa sangat lembut dan alami, mirip dengan DSLR.

Salah satu gap antara kamera smartphone dengan kamera DSLR adalah menghasilkan gambar dengan efek Shallo Depth of Field. Hal ini disebabkan karena lensa kamera smartphone memiliki keterbatasan. Berbeda dengan lensa kamera profesional yang bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan.

Dengan hadirnya kemampuan Portrait di iPhone 7 Plus ini, gap tersebut berhasil diisi. Dengan demikian, kamu sudah tidak perlu lagi menggunakan kamera DSLR jika hanya ingin mengambil foto dengan efek shallow depth of field. 

Apakah ini berarti iPhone 7 Plus bisa menggantikan DSLR? Kamera iPhone 7 Plus sepertinya tidak akan pernah bisa mengungguli kualitas DSLR di segala sisi. Kamera profesional seperti DSLR lain tetaplah menjadi kamera andalan para fotografer. Namun kepraktisan yang ditawarkan iPhone 7 Plus untuk mengambil foto setara dengan DSLR pasti membuat banyak orang tertarik

Nah itu tadi adalah perbandingan hasil foto kamera iPhone 7 Plus vs DSLR. Bagaimana menurutmu? Pilih DSLR atau iPhone 7 Plus?

Source :iMore

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!