Hasil dan Kualitas Kamera iPhone 7 Plus Setara DSLR?

Hasil dan Kualitas Kamera iPhone 7 Plus Setara DSLR?

0

Hasil dan Kualitas Kamera iPhone 7 Plus Setara DSLR

Hasil dan Kualitas Kamera iPhone 7 Plus Setara DSLR – iPhone 7 Plus hadir dengan kemampuan kamera yang baru. Perpaduan lensa Wide-Angle dengan lensa Telephoto ternyata membuat hasil foto iPhone 7 Plus setara dengan hasil foto kamera DSLR. Benarkah?

Menilik ke belakang, saat ini dunia kamera smartphone bisa dibilang sudah sangat maju. Masih ingat ketika kamera 5 MP masih menjadi primadona ponsel kelas atas? Sebut saja Nokia N95. Sekarang, kamera sudah beresolusi puluhan MP. Bahkan Nokia kembali menggebrak dunia dengan merilis Nokia Lumia 1020 yang memiliki sensor kamera besar dan resolusi kamera 41 MP.

Hasil dan Kualitas Kamera iPhone 7 Plus Setara DSLR

Namun jika kamu perhatikan, kemampuan kamera smartphone masih belum ada yang mampu menyaingi kemampuan kamera DSLR. Bahkan Nokia Lumia 1020 saja tidak bisa menandingi kamera DSLR. Apalagi iPhone yang resolusi terbesarnya saja hanya 12 MP. Selain kualitas gambar, kemampuan kamera smartphone masih dibatasi dengan lensa yang tidak bisa diganti.

Foto portrait atau yang populer disebut dengan foto potret adalah salah satu teknik foto yang memanfaatkan kemampuan lensa kamera. Kamu bisa lihat di gambar tersebut, gambar subjek menjadi fokus dan lainnya menjadi blur. Jika kamu menganggap efek blur  ini adalah editan photoshop, kamu salah. Pengguna ahli DSLR pasti sudah sangat paham teknik portrait ini. Nama lain yang populer adalah Shallow Depth of Field.

Mudahnya, Shallow Depth of Field ini mampu menghasilkan gambar yang fokus pada subjek namun lainnya menjadi blur. Ini adalah murni pengaturan lensa kamera. Lensa smartphone tidak punya kemampuan ini.  Inilah mengapa semua smartphone tidak bisa mengambil gambar portrait keren seperti kamera DSLR. Bahkan sekelas Lumia 1020 dengan sensor raksasa dan resolusi super 41 MP tidak pernah bisa melakuaknnya.

Inilah 7 Fitur Keren di Kamera iPhone 7 Plus

Kabar gembira buat kamu semua penggemar iPhone. Apple mendengar permintaan pengguna kamera smartphone yang ingin memotret gambar dengan bagus tanpa harus menggunakan DSLR. Cukup dengan iPhone maka kamu bisa menghasilkan gambar dan foto setara DSLR. Bahkan iPhone bisa memotret gambar dengan teknik Shallow Depth of Field sama seperti DSLR, hanya dengan bermodal iPhone.

iPhone 7 Plus hadir dengan kamera ganda. Perpaduan sebuah lensa Wide Angle dan satu lensa Telephoto membuat iPhone 7 Plus memiliki kemampuan kamera yang sangat bagus. Bahkan dengan software yang terbaik, mampu menghasilkan gambar layaknya sebuah kamera DSLR. Jadi, seperti apa sih kemampuan kamera iPhone 7 Plus ini? Benarkah hasil foto iPhone 7 Plus setara DSLR?

Berdasarkan Techcrunch yang sudah mencoba kamera iPhone 7 Plus, hasil kamera iPhone 7 Plus bisa menghasilkan efek Shallow Depth of Field sama seperti kamera DSLR.  Hasilnya juga diklaim cukup alami dan tidak seperti editan menggunakan Photoshop ataupun software editing apapun.

Hasil dan Kualitas Kamera iPhone 7 Plus Setara DSLR Hasil dan Kualitas Kamera iPhone 7 Plus Setara DSLR Hasil dan Kualitas Kamera iPhone 7 Plus Setara DSLR

Semua foto tadi adalah hasil dari kombinasi kedua lensa kamera tersebut dalam menentukan mana foreground dan mana background. Kemampuan itu baru bisa dirasakan dengan software iOS 10.1 yang hadir hari ini. Di iOS 10.1 ini sudah diimplementasikan algoritma dan teknik khusus untuk mengoptimalkan semua kemampuan kamera iPhone 7 Plus untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Caranya sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan sangat sederhana. Pergi beli iPhone 7 Plus dan lakukan update iOS 10.1. Kamu sudah bisa menggunakan kamera iPhone 7 Plus untuk mengambil gambar keren. Masuk ke kamera dan cari mode Portrait di aplikasi kamera.

Update iOS 10.1 dan fitur Portrait kamera iPhone 7 Plus ini masih dalam tahap pengembangan dan belum dirilis secara resmi untuk pengguna publik. Buat kamu yang sudah tidak sabar untuk mencoba fitur kamera sekelas DSLR ini, kamu bisa download iOS 10.1 Beta. Tapi ingat ya, hanya iPhone 7 Plus yang bisa menggunakannya.

Perlu diingat lagi bahwa kualitas kamera iPhone 7 Plus ini tentu saja tidak bisa menggantikan kemampuan kamera DSLR. Kamera profesional semacam DSLR jelas tidak akan tergantikan, paling tidak untuk 10 tahun ke depan. Kamera iPhone 7 Plus hanya menambahkan fitur yang mirip dengan DSLR yaitu fitur Portrait yang tentunya bisa dijadikan alternatif menghasilkan foto setara dengan DSLR.

Bagaimana? Keren kan? Kamu tertarik membeli iPhone 7 Plus? Atau bertahan dengan DSLR?

Source : Techcrunch

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!