10 Cara Mengatasi Baterai Not Charging di iPhone dan iPad

10 Cara Mengatasi Baterai Not Charging di iPhone dan iPad

0

10 Cara Mengatasi Not Charging di iPhone dan iPad

10 Cara Mengatasi Baterai Not Charging di iPhone dan iPad -, Baterai iPad atau iPhone sebenarnya cukup awet. Namun ada kalanya baterai iPad atau iPhone tersebut mengalami masalah yang cukup serius. Salah satu masalah serius tetapi cukup sederhana dan cukup umum adalah masalah baterai not charging iPad atau iPhone.

Permasalahan ini katanya cukup banyak terjadi di iPad setelah update iOS 10 atau upgrade ke iOS 10. Biasanya baterai bisa terisi, namun sekarang baterai tidak terisi dan hanya menmapilkan ikon baterai not charging saja. Bagaimana solusinya? Yuk baca artikel 10 cara mengatasi not charging di iPhone atau iPad ini.

10 Cara Mengatasi Not Charging di iPhone dan iPad

Baca juga: 

Coba Dulu ke iPhone atau iPad Lain

Cara termudah apakah ada masalah pada proses pengisian baterai iPad atau iPhone di iOS 10 ini adalah dengan mencoba mengisi baterai iPad atau iPhone ke perangkat yang berbeda. Jika kamu punya lebih dari satu iPad atau iPhone, kamu bisa coba ke salah satunya. Jika salah satu berhasil isi baterai tetapi lainnya baterai not charging berarti ada masalah charging di iPad atau iPhone tersebut.

Tunggu Charging

Sebelum kamu menjatuhkan vonis rusak kepada charger iPhone atau iPad tersebut, sebaiknya kamu tunggu dulu selama beberapa menit. Meskipun tidak mau charge baterai atau not charging tetapi kadang baterai masih bisa terisi sedikit demi sedikit. Kamu cukup ingat-ingat saja berapa kapasitas baterai sebelum di-charge.

Setelah cukup lama sekitar 30 menit atau lebih, kamu lakukan cek apakah ada peningkatan atau tidak. Jika setelah di-charge tidak terisi baterainya, maka silakan lanjut ke cara berikutnya.

Ganti Kabel Lightning

Bisa saja kabel Lightning yang rusak atau bermasalah sehingga baterai tidak terisi dan menampilkan not charging iPad atau iPhone. Solusi cepatnya adalah dengan menggunakan kabel Lightning lain yang terbukti bisa digunakan di iPad atau iPhone lain. Jika kamu sudah ganti Lightning dan masih tidak terisi baterainya, maka kamu bisa coba ganti adapter.

Ganti Adapter

Adapter iPhone biasanya tidak terlalu berbeda dengan adapter charger untuk produk smartphone lainnya. Coba gunakan adapter yang berbeda jika baterai masih belum terisi. Kamu juga bisa coba untuk menggunakan adapter yang lebih besar dayanya. Coba kamu gunakan adapter iPad ke iPhone. Jika masih not charging, mari coba cara lain untuk mengatasi not charging.

Ganti Stop Kontak

Bisa saja stop kontak yang bermasalah. Kamu harus coba mengisi baterai iPad atau iPhone kamu ke stop kontak lainnya. Namun kamu juga harus pastikan bahwa stop kontak bekerja. Kamu bisa coba dulu iPhone atau iPad lain apakah bisa terisi baterainya. Jika kamu coba di iPad atau iPhone lain bisa tetapi di iPhone atau iPad masih not charging maka kamu lanjutkan saja cara berikutnya.

Bersihkan Lightining dan Adapter

Lightning dan adapter yang kotor bisa saja membuat baterai tidak terisi dengan baik. Coba kamu bersihkan adapter dan port Lightning kamu. Coba colokkan apakah iPhone atau iPad not charging sudah teratasi. Jika iPhone atau iPad masih not charging, yuk lanjutkan cara mengatasi not charging berikutnya.

Restart

Melakukan restart membuat iPhone atau iPad kembali segar dan fresh. Segala aktivitas, proses, dan lain-lain yang ada di iOS bisa pulih seketika. Bisa saja setelah restart, proses pengisian iOS bisa kembali lancar. Jika setelah restart iOS, iPhone dan iPad masih not charging maka tidak ada cara lagi selain coba reset atau restore iOS.

Reset atau Restore

Apakah ini adalah kesalahan software dan sistem iOS? Jika benar, maka semua kesalahan tersebut bisa diatasi dengan melakukan reset atau restore. Dengan melakukan reset atau restore, maka perangkat iOS akan diatur menjadi kondisi seperti baru lagi. Cara reset atau restore via iTunes bisa kamu lakukan seperti ini. iPhone atau iPad not charging sudah teratasi?

Coba Matikan iPhone atau iPad

Apakah kamu sadar bahwa iPhone atau iPad selalu menyala ketika matikan lalu baterai diisi atau dalam keadaan charging ? Coba kamu matikan deh tapi tanpa dihidupkan. Bagaimana? Apakah iPhone atau iPad menyala? Jika menyala, maka itu artinya ada arus listrik yang masuk meskipun keterangan baterai not charging. Jika tidak menyala, maka ada solusi terakhir yang pasti berhasil mengatasi baterai not charging iPad atau iPhone.

Perbaiki iPad atau iPhone

Yups. Dengan membawanya ke service center untuk diperbaiki, kemungkinan ada hardware yang rusak. Jadi, jika semua langkah tidak berhasil mengatasi baterai not charging di iPad atau iPhone, satu-satunya cara ya melakukan perbaikan ke service center.

Setelah melakukan 10 cara mengatasi not charging di iPad atau iPhone ini, apakah masalahmu terselesaikan?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!