Cara Membuat Bootable Installer Drive macOS Sierra

Cara Membuat Bootable Installer Drive macOS Sierra

1

Cara Membuat Bootable Installer Drive macOS Sierra

Cara Membuat Bootable Installer Drive macOS Sierra – OS X akan segera digantikan oleh macOS. Edisi pertama macOS adalah macOS Sierra yang baru saja dirilis beberapa waktu yang lalu. Bagaimana? Sudah update ke macOS Sierra?

Berhubung sudah banyak yang tanya tentang cara membuat bootable disk di macOS ini, kali ini ada sedikit tips dari iMore mengenai bagaimana cara membuat bootable installer disk untuk macOS Sierra ini. Sebelumnya saya juga mau langsung mempraktikkannya namun ketika mau praktik eh kapasitas disk sudah penuh gara-gara Time Machine hehehe.

Nah dengan membuat bootable installer ini, akan membuat disk atau perangkat penyimpanan kamu bisa bekerja layaknya bootable disk installer seperti Windows. Buat kamu pengguna Windows pasti ada kan proses pembuatan bootable drive hehehe. Yuk langsung saja ini dia caranya.

Persiapan

Sebelum memulai, tentu saja kamu harus menyiapkan drive minimal 8 GB untuk membuat bootable drive installer untuk sistem operasi macOS Sierra ini. Pastikan kamu sudah melakukan format drive tersebut ke format Mac OS Extended (Journaled). Kamu bisa lihat cara melakuakn format drive di sini -> Cara Format Drive, Flasdisk, atau Harddisk di Mac OS X .

Cara Membuat Bootable Installer Drive macOS Sierra

Baca Juga :

Setelah itu, kamu download saja macOS Sierra. Download langsung di App Store. Jika masih bingung caranya, kamu bisa buka link berikut ini -> Link Download Update macOS Sierra Terbaru.

Ketika sudah selesai download macOS Sierra, kamu akan dihadapkan pada proses instalasi macOS. Klik saja tombol close untuk keluar dari proses install macOS Sierra.

Proses Pembuatan Boot Drive macOS Sierra

Untuk membuat bootable drive macOS Sierra ini, pastikan kamu punya akses ke akun administrator. Kamu juga harus bisa menggunakan Terminal. Tenang, perintah terminal yang diperlukan sudah disediakan. Kamu juga harus ingat nama drive yang sudah diformat tadi karena proses install bootable drive akan dilakukan di situ.

  1. Buka Terminal. Caranya cukup masuk ke launch[ad lalu ketik saja “Terminal”.
  2. Masuk ke pathname drive kamu. Cara cukup ketikan saja “Volumes/”Nama_Drive”. Ganti “Nama_Drive” dengan nama drive kamu yang sudah diformat tadi.
  3. Masukkan teks ini ke Terminal.
    sudo /Applications/Install\ macOS\ Sierra.app/Contents/Resources/createinstallmedia –volume /Volumes/sierra –applicationpath /Applications/Install\ macOS\ Sierra.app –nointeraction
  4. Tekan Return / Enter.
  5. Tunggu hingga selesai. Jika perlu masukkan password administrator.
    Cara Membuat Bootable Installer Drive macOS Sierra

Cara Menggunakan Boot Drive macOS Sierra

Penggunaan bootable drive ini sangat mudah sekali. Caranya sama seperti saat kita akan boot ke Windows melalui Boot Camp. Matikan lalu nyalakan Mac. Ketika sudah terdengar suara boot OS X atau macOS, tekan Option untuk membuka drive bootable tersebut.

Cara Membuat Bootable Installer Drive macOS Sierra

Kamu bisa melakukan booting ke drive tersebut di semua Mac selama kamu sambungkan drive bootable tersebut ke Mac yang akan kamu gunakan. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat ketika Mac kamu bermasalah dan kamu sudah punya bootable drive macOS Sierra ini.

Source : iMore

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!