4 Perbedaan Besar Antara iPhone FU dan iPhone SU

4 Perbedaan Besar Antara iPhone FU dan iPhone SU

0

4 Perbedaan Besar Antara iPhone FU dan iPhone SU

4 perbedaan besar antara iPhone FU dan iPhone SU – Kamu baru saja akan berencana untuk membeli iPhone namun bingung memilih antara iPhone FU atau iPhone SU? Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membedakan iPhone SU dengan iPhone FU. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu perbedaan besar antara iPhone FU dan iPhone SU. Mau tahu? Yuk cek 4 perbedaan besar antara iPhone FU dan iPhone SU ini.

Yang Sebenarnya…

Jika kamu mau tahu yang sebenarnya, istilah iPhone FU dan iPhone SU itu sebenarnya tidak ada, dan tidak pernah ada. Buktinya, Apple hanya menjual iPhone tanpa embel-embel FU alias factory unclocked atau SU alias Software unlocked. Lalu mengapa istilah iPhone Factory Unlocked dan iPhone Software Unlocked itu ada?

Semua iPhone yang dijual oleh Apple tentu saja memiliki spesifikasi yang sama, selama modelnya sama. Hanya saja terkadang suatu operator bekerja sama dengan Apple untuk membuat iPhone untuk keperluan khusus. Misalnya saja untuk keperluan bundling atau bahkan hingga keperluan subsidi dengan metode kontrak dalam jangka waktu tertentu.

4 Perbedaan Besar Antara iPhone FU dan iPhone SU

Oleh karena itulah, semua iPhone yang dijual oleh Apple dan tanpa adanya kerja sama dengan operator disebut dengan istilah unlocked. Kamu bebas menggunakan operator apapun selama kompatibel dengan jaringannya. Berbeda dengan iPhone yang terkunci dengan operator tertentu. Misal iPhone locked dengan operator A. Artinya hanya bisa menggunakan operator A itu saja.

Kompabilitas

iPhone yang tidak terikat dengan operator apapun tentu saja bisa kamu masukkan kartu SIM apapun selama jaringannya kompatibel. Misalnya beli iPhone GSM unlocked di luar negeri maka kamu bisa menggunakannya di Indonesia dengan operator lain selama sama-sama GSM. Berbeda dengan iPhone yang locked dengan satu operator saja. Kamu tidak bisa gonta-ganti operator.

4 Perbedaan Besar Antara iPhone FU dan iPhone SU

Nah, agar iPhone yang terkunci / locked tersebut bisa menggunakan banyak operator, diperlukan teknik unlocking dengan modifikasi software. Tentu saja melakukan unlock tanpa persetujuan operator dan proses yang tanpa melalui operator adalah tindakan yang ilegal dan tidak dibenarkan.

Melakukan unlock dengan cara seperti ini melibatkan beberapa teknik. Salah satunya adalah jailbreak. Tentu saja ini ilegal meskipun pada akhirnya kamu bisa menggunakan semua operator. Nah, iPhone yang di-unlock dengan modifikasi software inilah yang disebut dengan iPhone SU atau Software Unlocked, dan iPhone yang sudah dari awal tidak terikat dengan suatu operator disebut dengan iPhone FU atau Factory Unlocked.

Status iPhone

iPhone FU alias Factory Unlocked adalah iPhone resmi yang memang sudah berstatus Unlocked. Artinya, kamu cukup membeli iPhone tersebut di toko resmi atau bahkan yang tidak resmi dan kamu bisa menggunakan iPhone FU dengan kartu SIM dari operator mana saja. Kamu bisa menggunakan SIM apapun secara aman dan legal.

4 Perbedaan Besar Antara iPhone FU dan iPhone SU

iPhone SU alias Software Unlocked ini sebenarnya adalah iPhone resmi yang dikeluarkan dan dijual oleh Apple, hanya saja karena sudah di-unlock secara software maka software yang digunakan adalah bukan lagi murni dari Apple tetapi sudah ada campur tangan pihak lain yang tidak resmi. Otomatis garansi langsung hangus jika masih ada garansi iPhone SU.

Kenyamanan

iPhone FU atau Factory Unlocked tentu saja sangat nyaman dan tanpa ada rasa khawatir ketika ada pembaruan atau update iOS baru yang hadir. Cukup download iOS baru tersebut dan install. Kamu sudah bisa menggunakannya tanpa harus melewati proses yang menyebalkan.

iPhone SU atau Software Unlocked harus menunggu tool tertentu untuk menikmati iOS versi terbaru. Jadi ketika ada update iOS baru, tidak bisa langsung download. Kamu harus menunggu tool yang tepat agar tidak terjadi error atau malah bisa merusakkan iPhone milikmu secara permanen.

Nah informasi saja ini, semua iPhone yang kamu temui di toko reseller Apple resmi di Indonesia adalah versi Factory Unlocked dan tidak ada satupun yang Software Unlocked. Jika kamu ditawari iPhone SU, maka bisa dipastikan itu bukan iPhone yang resmi dijual di Indonesia.

Bagaimana? Sudah jelas kah? Yuk bagikan komentarmu di kolom komentar atau follow akun Twitter MacPoin untuk bertanya-tanya.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!