Cara Menggunakan Aplikasi Home (Rumah) di iOS 10

Cara Menggunakan Aplikasi Home (Rumah) di iOS 10

0

Cara Menggunakan Aplikasi Home (Rumah) di iOS 10

Cara Menggunakan Aplikasi Home (Rumah) di iOS 10 -, Ketika kamu sudah selesai menginstall iOS 10, kamu akan menemukan sebuah aplikasi bawaan baru yang bernama Home (Rumah). Sebenarnya, aplikasi Home di iOS 10 itu untuk apa sih? Kenapa ketika dibuka aplikasi Home tidak bisa digunakan?

Aplikasi Home ini adalah sebuah aplikasi sentral yang mengelola semua peralatan rumah yang sudah memanfaatkan teknologi HomeKit. Jika dulu kamu harus mengelola setiap perabotan HomeKit kamu dengan aplikasi pihak ketiga atau aplikais yang dibuat oleh perusahaan yang sama dengan pembuat perabotan HomeKit, sekarang aplikasi terpusat pada aplikasi Home di iOS 10.

Ketika kamu sering sekali mendengar istilah pemanfaatan Smart City di kota besar di Indonesia yang memanfaatkan beragam teknologi, di dunia barat sana bukan cuma kota saja yang Smart, tapi juga Smart Home alias rumah pintar. Hal ini kemudian didukung oleh Apple yang memperkenalkan teknologi HomeKit agar setiap pembuat perabotan rumah bisa mengimplementasikan konsep Smart Home ini.

Perabotan apa saja yang mendukung teknologi HomeKit? Untuk perabotan di pasar Indonesia sih saya masih belum pernah menemukan perabotan Smart Home yang memanfaatkan teknologi HomeKit namun kita bisa melihat perabotan apa saja yang sudah mendukung HomeKit di situs Apple ini -> Home Automation

Ini Yang Harus Kamu Ketahui Dari HomeKit

Lalu apa hubungannya dengan aplikasi Home? Aplikasi inilah yang menjadi kunci untuk mengendalikan semua perabotan tersebut. Misalnya saja ketika pagi tiba, otomatis lampu akan mati, jendela terbuka, dan alarm berbunyi. Saat malam tiba, maka lampu akan menyala, jendela tertutup dengan sendirinya, dan lain-lain. Saat sudah larut malam, lampu akan otomatis redup, suhu ruangan menjadi hangat, dan sebagainya.

Semua bisa diatur secara otomatis dan secara wireless alias nirkabel, tanpa kabel. Kamu cukup membuka aplikasi Home, menyambungkan semua perabotan HomeKit ke aplikasi via jaringan nirkabel, lalu melakukan automasi. Bahkan kamu bisa membuat scene tertentu untuk rumah kamu. Keren kan? Contohnya seperti di bawah ini.

Ini Yang Harus Kamu Ketahui Dari HomeKit

Ini Yang Harus Kamu Ketahui Dari HomeKit

Ini contoh control center Home yang sudah diatur dan sudah disambung ke semua perabotan HomeKit yang ada di rumah. Jika semua sudah diatur, maka Home akan muncul di Control Center.

Cara Menggunakan Aplikasi Home (Rumah) di iOS 10

Yang keren adalah, kamu bisa saja menggunakan Siri untuk memerintahkan aplikasi melakukan beberapa pekerjaan seperti menyalakan lampu, membuka gorden, menurunkan suhu ruangan, dan lain-lain.

Cara Menggunakan Aplikasi Home (Rumah) di iOS 10

Bagaimana? Keren kan? Berminat punya Smart Home?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!