Review Fitur Keren Apple Maps di iOS 10

Review Fitur Keren Apple Maps di iOS 10

0

 

X Fitur Keren dan Review Apple Maps di iOS 10

Apple sudah punya aplikasi peta sendiri semenjak iOS 6. Waktu itu tentu saja kemampuannya sangat payah, bahkan bisa dibilang berbahaya. Kasus data maps yang kacau hingga rute yang sering salah membuat Apple Maps dikritik banyak orang. Nah sekarang sudah iOS 10. Bagaimanakah kualitas Apple Maps di iOS 10, khususnya di Indonesia?

Tampilan

Apple Maps di iOS 10 ini tampilannya sangat sederhana namun tetap informatif. Di bagian kanan atas ada tanda (i) yang jika di-tap akan memunculkan informasi seperti tampilan Peta biasa, Transit, atau Satelit. Kamu juga bisa menandai lokasimu, menambahkan tempat favorit, melaporkan masalah, dan lain-lain. Lalu ada ikon panah yang jika di-tap akan mengarahkan tampilan ke lokasi di mana kamu berada.

Review Fitur Keren Apple Maps di iOS 10

Di bagian bawah ada kotak pencarian di mana kamu bisa mencari beragam informasi. Jika kamu tap, akan muncul beragam pilihan lokasi bisnis seperti makanan, minuman, belanja, wisata dan lain-lain. Tinggal kamu tap, maka informasi akan muncul di peta (lihat review ini di bagian Fitur). Bonus, sekarang di bagian kanan bawah ada keterangan cuaca di lokasi yang sedang ditunjukkan di peta.

Review Fitur Keren Apple Maps di iOS 10

Lalu bagaimana dengan tampilan peta? Tentu saja tampilannya masih sama saja dari iOS 9 hehehe. Jalan-jalan diberi warna kekuningan, jalan tol berwarna kuning, taman berwarna hijau, daerah yang berair seperti sungai dan laut berwarna biru, dan lain-lain. Kombinasi warnanya sangat enak dipandang mata.

Data Peta

Apple Maps menggunakan data peta dari TomTom, jadi secara umum kualitas data yang ada di Apple Maps tidak jauh berbeda dengan TomTom meskipun Apple tentu saja merombak tampilannya menjadi khas Apple Maps. Bagaimana kualitas Apple Maps dibandingkan dengan Google Maps?

Secara umum tentu saja Apple Maps masih belum mampu menandingi kehebatan Google Maps dalam hal kualitas data peta. Google punya resource sendiri yang mengurus pembuatan data-data di peta Google, sedangkan Apple bekerja sama dengan TomTom sebagai penyedia data.

Review Fitur Keren Apple Maps di iOS 10

Mari kita lihat kualitasnya di kota Semarang, tempat saya tinggal. Beberapa nama jalan di tempat tinggal saya berubah nama semenjak beberapa tahun yang lalu. Apple Maps di iOS 10 ini sudah memperbaiki beberapa kesalahan nama jalan dan menambahkan beberapa lokasi seperti Puskesmas dan masjid.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi pengguna Apple Maps. Untuk masalah kelengkapan data, tentu saja masih lebih baik Google Maps. Namun melihat update di Apple Maps ini rasanya Apple Maps masih bisa berkembang lebih baik lagi khususnya di Indonesia.

Review Fitur Keren Apple Maps di iOS 10

Bagaimana dengan kota besar seperti Jakarta? Well, bisa dibilang sih data di kota besar seperti Jakarta sudah bisa mengimbangi Google Maps meskipun belum bisa mengalahkannya. Apple Maps juga bekerja sama dengan penyedia data informasi bisnis seperti Foursquare. Jadi banyak sekali info dari Foursquare yang berbagi dengan Apple Maps. Makin lengkap kan?

Fitur

Apple Maps juga punya beberapa fitur menarik. Fitur pertama adalah mode Transit dan mode Satelit. Sayangnya transit hanya bisa digunakan di lokasi tertentu saja. Untungnya mode Satelit bisa digunakan di hampir semua lokasi di bumi hehehe.

Review Fitur Keren Apple Maps di iOS 10

Fitur berikutnya dari Apple Maps adalah Maps Nearby yang menampilkan informasi bisnis di sekitar kita seperti tempat makan, tempat belanja, tempat hiburan, dan lain-lain. Cukup tap sekali di box pencarian di bagian bawah peta, maka kamu bisa melihat beragam informasi.

Review Fitur Keren Apple Maps di iOS 10

Misalnya saja saya tap “Makanan” akan ada beragam informasi tempat seperti restoran, toko roti, fast-food, dan lain-lain. Atau kamu tap saja “Populer” untuk lokasi yang paling tinggi tingkat popularitasnya.

Kamu bisa lihat di bagian peta akan muncul beragam ikon lokasi. Kamu juga bisa gesek dari bawah ke atas untuk menampilkan daftar tempat populer dengan lebih lengkap.

Review Fitur Keren Apple Maps di iOS 10

Jika kamu menggunakan iPad, kamu akan mendapatkan tampilan yang lebih bagus karena dukungan layar yang lebih lebar. Tekan salah satu nama tempat yang ada di daftar dan kamu bisa temukan info lengkapnya seperti foto yang di-upload oleh pengguna saat check-in, alamat lokasi, hingga komentar para pengunjung yang pernah check-in.

Review Fitur Keren Apple Maps di iOS 10

Kenapa sih Apple Maps bisa bagus seperti itu? Hal inin karena kerja sama Apple dengan penyedia data lain seperti Foursquare. Dengan demikian, Apple bisa menggunakan data Foursquare ke Apple Maps dan membuat data Apple Maps menjadi lebih kaya. Wih, lumayan ya kualitas Apple Maps di Indonesia.

Untuk saat ini, hanya itu yang bisa MacPoin review tentang Apple Maps di iOS 10. Mungkin ada fitur di Apple Maps yang belum kamu review, akan kita pertimbangkan untuk ditambahkan.

Jangan lupa yah follow Twitter MacPoin jika ada pertanyaan. Kita siap bantu 😀

Bagaimana? Kamu lebih suka Apple Maps atau aplikasi peta lainnya?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!