iPad Pro 12.9 Inch vs iPad Pro 9.7 Inch. Pilih Mana?

iPad Pro 12.9 Inch vs iPad Pro 9.7 Inch. Pilih Mana?

iPad Pro hadir dalam dua varian, versi 12.9 inch dan versi 9.7 Inch yang sama dengan iPad Air. Dengan perbedaan ini menimbulkan dua rasa penasaran yang cukup besar untuk calon penggunanya. Seri iPad Pro mana yang harus dipilih? Ada yang bilang harus pilih yang versi 12.9 Inch karena lebih besar, tapi ada yang bilang versi 9.7 saja yang lebih ringan.

Daripada berdebat, lebih baik disesuaikan saja dengan preferensi dan kondisi masing-masing. Terbaik untuk satu orang belum tentu terbaik untuk yang lain. Oleh karena itu, MacPoin akan mencoba membedah perbedaan di antara keduanya. Seperti apakah?

Dimensi

Perbedaan antara ukuran 12.9 inch dengan 9.7 inch terasa cukup besar. Percayakah kamu bahwa iPad Pro 12.9 Inch tingginya sama dengan dua kali lebar dari iPad Pro 9.7 Inch? Cukup terasa kan? iPad Pro 12.9 Inch juga berukuran lebih besar dari MacBook 12 Inch, sedangkan iPad Pro 9.7 Inch sama dengan iPad Air 1 dan iPad Air 2. Jadi, kamu bisa membandingkan sendiri kan perbedaannya?

iPad Pro 12.9 Inch vs iPad Pro 9.7 Inch. Pilih Mana?

Meskipun iPad Pro 12.9 Inch terlihat superior, ada baiknya kamu memilih iPad Pro versi 9.7 Inch saja. Selain karena ukurannya yang lebih masuk akal untuk dimasukkan ke tas slempang berukuran standar, banyak juga aplikasi yang belum dioptimalkan untuk iPad Pro 12.9 Inch. Bisa saja tampilannya pecah. Sedangkan aplikasi iPad berukuran 9.7 Inch tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang kompatibel dengan iPad Air.

Berat

iPad Pro 12.9 Inch vs iPad Pro 9.7 Inch. Pilih Mana?

iPad Pro 12.9 inch hadir dengan berat yang cukup besar, yaitu 1.57 pound. Sedangkan iPad Pro 9.7 Inch tidak lebih dari 1 pound, atau hampir sama dengan iPad Air 2 yang memiliki berat cukup ringan. Buat kamu yang suka membawa iPad dan menggunakannya dalam aktivitas di luar ruangan, kamu akan lebih nyaman dengan versi 9.7 Inch karena lebih ringan. Membawa iPad Pro 12.9 Inch saat di luar ruangan akan  terlihat sedikit aneh.

Kualitas Layar

Layar iPad Pro versi 12.9 Inch dan 9.7 Inch masing-masing sudah mendukung layar retina display. Jadi untuk kualitas layar sih nggak perlu diragukan lagi. Nggak perlu tanya resolusi, ppi, dan lain-lain karena kalau sudah retina display berarti sudah termasuk bagus. Minimal kamu nggak bakalan menemukan piksel-piksel yang terlihat di layar.

iPad Pro 12.9 Inch vs iPad Pro 9.7 Inch. Pilih Mana?

Namun, iPad Pro 9.7 Inch hadir dengan teknologi baru yang tidak ada di iPad Pro 12.9 Inch. Teknologi tersebut bernama True Tone Technology. Dengan menggunakan sensor untuk mengukur kecerahan dan temperatur warna cahaya, layar akan mengeluarkan warna yang lebih natural dan pas untuk setting tertentu. Jadi, layar iPad Pro 9.7 Inch mampu menghasilkan warna dan temperatur yang lebih baik dibandingkan dengan versi iPad Pro 12.9 Inch.

Kinerja

Untuk kinerja, harus diakui bahwa iPad Pro versi 12.9 Inch mempunyai kinerja yang jauh lebih superior. Memiliki prosesor yang sama, A9X, namun prosesor dan grafis di iPad Pro 12 inch lebih cepat. ditambah lagi dengan keberadaan RAM 4 GB yang lebih banyak dibandingkan dengan versi 9.7 Inch. Tentu saja pekerja serius akan lebih memilih iPad Pro versi 12.9 Inch.

iPad Pro 12.9 Inch vs iPad Pro 9.7 Inch. Pilih Mana?

Namun jangan berkecil hati. Bukan berarti iPad Pro 9.7 Inch terbilang lambat. iPad Pro 9.7 Inch jauh lebih cepat dibandingkan dengan iPad Air 2 apalagi iPad Air 1. Jika kamu sudah terbiasa dengan kinerja mulus iPad Air, maka kamu tentu akan mendapatkan kinerja yang lebih baik jika menggunakan iPad Pro 9.7 Inch.

Hardware Lainnya

Kedua model iPad Pro sama-sama mendukung Smart Keyboard dan Apple Pencil. Keduanya tentu saja memiliki kemampuan yang sama. Hanya saja, Smart keyboard di versi 12.9 Inch tentu lebih lebar dan luar. Menggunakan Apple Pencil di versi 12.9 tentu saja terasa lebih nyaman karena layar yang lebih luas dan lebih terasa lebar.

iPad Pro 12.9 Inch vs iPad Pro 9.7 Inch. Pilih Mana?

Untuk kamera, iPad Pro 9.7 inch lebih superior. 12 MP, Retina Flash, dan kemampuan merekam video 4K menjadi keunggulan versi 9.7 Inch. Meskipun begitu, kamera iPad Pro 12.9 masih tetap bagus kok meskipun “hanya” 8 MP dan kemampuan rekam video 1080p.

Harga

Ini dia pertimbangan terbesar dalam memilih hehehe. Harga iPad Pro 9.7 Inch Wifi Only termurah di Indonesia dijual sekitar 9 jutaan, sedangkan iPad Pro 12.9 inch sekitar 13 jutaan. Masih mahal ya? Iya sih. Semoga saja harganya bisa jauh lebih murah yah

Aji

Hampir Fanboy | Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode

Post navigation