Apakah Kecerahan Otomatis Membuat Baterai Boros?

Apakah Kecerahan Otomatis Membuat Baterai Boros?

0

Apakah Kecerahan Otomatis Membuat Baterai Boros?

Menghemat baterai bisa dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar. Namun kebanyakan selalu menggunakan kecerahan manual dan menonaktifkan kecerahan otomatis. Kebanyakan berpikir bahwa kecerahan otomatis hanya membuat baterai boros. Benarkah?

Sebenarnya kalau dipikir secara logika sih, kecerahan otomatis memang menghabiskan lebih banyak daya baterai. Dengan kecerahan otomatis, layar akan terus menyesuaikan keadaan di sekitar kamu.

Alhasil, bisa saja layar menjadi sangat terang karena pengaturan otomatis ini.  Namun kamu tak perlu khawatir kok. Kamu tetap bisa mengatur kecerahan secara manual meskipun mengaktifkan kecerahan otomatis.

Bingung? Misalnya ketika kamu menggunakan iPhone di tempat yang terang, otomatis layar akan menjadi sangat terang agar kamu bisa melihat tampilan dengan lebih jelas.

Baca Juga:  Cara Mencegah Terbukanya iTunes Ketika iPhone Dihubungkan ke PC / Mac

Namun dengan bantuan control center, kamu bisa menyesuaikan kecerahannya secara manual. Begitu juga ketika menggunakan Mac, MacBook, dan sebagainya.

Namun, semua pengaturan tersebut akan dipelajari oleh sistem. Sistem akan memproses antara data hasil otomatisasi dengan data hasil preferensi.

Jadi misal kamu di siang hari yang terik bisa 90% kecerahan, jika kamu ubah manual ke 50% maka sistem akan mempelajari kebiasaanmu ini dan tidak akan menampilkan 90% lagi, tapi 50% atau kombinasi yang pas menurut mesin.

Kecerahan otomatis sebenarnya sangat bermanfaat kok biar kamu nggak repot. Jadi meskipun pengaturan kamu otomatis, kamu tetap bisa mengendalikan sesuai dengan preferensi kamu. Sistem akan mempelajarinya dan membuat kombinasi yang pas. Jadi nggak bakalan lagi deh buang-buang baterai terlalu banyak.

Baca Juga:  Pangu Merilis Jilbreak Untuk iOS 9.3.3?

Jangan ragu untuk menyelakan pengaturan otomatis ya 😀