Trik Menyimpan Halaman Web Sebagai PDF pada Safari iPhone

Trik Menyimpan Halaman Web Sebagai PDF pada Safari iPhone

0

Trik Menyimpan Halaman Web Sebagai PDF pada Safari iPhone (1)

Mungkin kamu tidak berfikir bahwa kita bisa menyimpan halaman web pada browser Safari di iPhone sebagai file PDF. Yup, dengan sedikit trik ini maka kamu bisa membuat hal tersebut terjadi, terlebih cara ini tidak menggunakan aplikasi sama sekali.

Dasarnya trik ini akan menjalankan url pdfmyurl.com pada device iPhone ataupun iPad kita, yang mana url tersebut adalah sebuah layanan berbasis web untuk mengkonvert halaman web menjadi PDF. Penasaran bagaimana caranya?, selengkapnya dari MacPoin.

Trik Menyimpan Halaman Web Sebagai PDF

Pertama bookmarklah halaman/situs apapun. Kemudian editlah bookmark tersebut dengan cara membuka pengaturan bookmark pada safari.

Selanjutnya ganti pada bagian URL dengan code JS dibawah ini. Hati-hati salah/typo untuk kamu yang mengetiknya secara manual. Berserta namanya bisa kamu rubah menjadi Save to PDF agar memudahkan.

javascript:pdf_url=location.href;location.href='http://pdfmyurl.com?url='+escape(pdf_url)

Trik Menyimpan Halaman Web Sebagai PDF pada Safari iPhone (1)

Done, simpan pengaturan bookmark dan nantinya bookmark tersebut yang akan digunakan untuk ‘memanggil’ layanan pdfmyurl.com.

Baca Juga:  Cara Reset Keyboard Dictionary pada iPhone / iPad

Nah untuk menggunakannya, kunjungilah situs yang ingin kamu jadikan file PDF, lalu tap opsi Bookmark dan pilih Save to PDF (yang didalamnya terdapat link JS yang dibuat tadi).

Tunggu beberapa saat hingga nantinya halaman tersebut terbuka sebagai PDF pada browser. Untuk menyimpannya, klik opsi Share lalu pilih aplikasi reader seperti iBooks ataupun aplikasi lainnya yang mendukung ekstensi PDF.

Trik Menyimpan Halaman Web Sebagai PDF pada Safari iPhone (7)

That’s it!