Review Printer Canon iP2700 dengan Mac OS X

Review Printer Canon iP2700 dengan Mac OS X

0

Review Printer Canon iP2700 dan Mac OS X

Siapa sih yang hari gini gak kenal sama printer? Perangkat pencetak ini sudah banyak sekali membantu tugas-tugas manusia. Printer zaman sekarang bukan cuma bisa mencetak dokumen langsung dari komputer saja, ada yang dilengkapi dengan fitur print online, scanner, dan lain-lain.

Printer zaman dulu alias jadul seperti Canon iP2700 tentu saja memiliki fungsi sebagai pencetak dokumen. Printer ini adalah salah satu printer sejuta umat karena harganya cukup murah dan affordable buat siapa saja. Sebagai printer jadul, tentu saja sudah disediakan CD yang berisi beragam macam perangkat lunak seperti driver, program maintenance, program tambahan, dan lain-lain.

Masalahnya adalah, program-program tersebut termasuk driver hanya support Windows saja. Kamu hanya akan menemukan sekumpulan file .exe dan format-format lain yang hanay ditujukan untuk Windows. Bagaimana dengan OS X? Tenang, kamu tidak perlu menginstall Windows di Mac kamu jika hanya mau mencetak menggunakan Canon iP2700. Berikut ini adalah review Canon ip2770 jika digunakan bersama dengan Mac OS X.

Baca Juga:  Pilih iPad Mini, iPad Air, atau iPad Pro?

Colok Langsung Main (Plug and Play)

Jika kamu sebelumnya menggunakan Windows, maka setelah kabel USB kamu tersambung ke komputer akan ada proses instalasi driver. Proses ini bisa berlangsung beberapa detik saja jika kamu beruntung. Pernah saya dulu waktu maish menggunakan laptop lama saya dengan Windows 10, proses instalasi driver gagal. Alhasil, saya harus menginstall driver secara manual dengan CD.

Review Printer Canon iP2700 dan Mac OS X

Bagaimana dengan OS X? Setelah mencolokkan kabel USB ke MacBook, tidak ada apapun yang terjadi. Awalnya saya pikir memang printer ini tidak akan mendukung OS X. Ternyata saya salah. Ketika saya menekan perintah print di Microsoft Word 2016 for Mac, printer ternyata sudah terdeteksi. Sungguh lega rasanya. Saya bisa mencetak dokumen yang ingin saya cetak secara langsung, cepat, dan praktis.

Baca Juga:  Update Terbaru macOS Sierra Sudah Dirilis Sekarang

Maintenance Lengkap

Jika di dalam CD terdapat aplikasi maintenance, aplikasi itu hanya untuk Windows. Kamu tidak akan menemukan aplikasi penunjang apapun untuk OS X. Mengunduh di situs Canon? Saya belum coba dan tidak sempat karena waktu itu sedang tidak ada jaringan internet.

Review Printer Canon iP2700 dan Mac OS X

Setelah saya otak-atik pengaturan printer, ternyata fitur maintenance sudah tersedia di sana. Aplikasi ini sudah ada di sana tanpa saya install seperti di Windows. Saya pun mencobanya untuk melihat apakah memang benar bekerja. Ternyata benar. Kamu bisa melakukan pekerjaan maintenance seperti cleaning, cek tinta tersisa, cek hasil cetakan, mode silent, dan lain-lain.

Review Printer Canon iP2700 dan Mac OS X

Namun Tidak Semua Ikut Terpasang

Meskipun demikian, tidak semuanya terpasang secara otomatis. Misalnya aplikasi yang menampilkan beragam panduan lengkap, tidak ada di OS X. Mungkin ada versi OS X di situs Canon tapi saya belum mencoba mencarinya. Lalu aplikasi-aplikasi seperti Solution Center juga tidak terpasang. Meskipun demikian, bisa mencetak dan melakukan aktivitas maintenance itu sudah cukup bagi saya.

Baca Juga:  Cara Copy Paste Data Harddisk dan Flashdisk di Mac OS X